Sosialisasi Anti Narkoba di SMA Islam Yakin Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan

Authors

  • Hufron Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Gatut Setiadi Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Rindra Risdiantoro IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Khoirul Anwar Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i2.1103

Keywords:

Sosialisasi, Anti narkoba, Remaja

Abstract

Masa remaja merupakan suatu masa yang penuh dengan tantangan dan dinamika, yang dapat berdampak pada munculnya perilaku negatif pada diri remaja. Bentuk perilaku negatif pada remaja yaitu penggunaan narkoba yang dilakukan oleh remaja di Kecamatan Tutur. Diperlukan edukasi sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba melaui lembaga pendidikan formal. Salah satu lembaga pendidikan formal yang mempunyai banyak jumlah siswa yaitu SMA Yakin Tutur. Pengabdian masyarakat dalam bentuk sosialisasi anti narkoba ini dilakukan dengan tujuan yaitu 1) mendeskripsikan proses sosialisasi anti narkoba di SMA Yakin Tutur dan 2) menjelaskan hasil sosialisasi anti narkoba di SMA Yakin Tutur. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu sosialisasi, dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Kegiatan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba di SMA Yakin Tutur dilakukan melalui proses yaitu koordinasi ketua MUI bersama Forkopimcam Kecamatan Tutur, pembentukan tim teknis pelaksanaan yang dilakukan oleh MUI Kecamatan Tutur, koordinasi tim dengan sekolah tentang teknis pelaksanaan, evaluasi sebelum pelaksanaan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi setelah pelaksanaan, 2) Kegiatan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba di SMA Yakin Tutur dapat meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai jenis-jenis narkotika, bahaya dari penyalahgunaan narkoba dari aspek fisik, psikis, pendidikan, sosial dan ekonomi serta siswa memahami cara pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hawi, Akmal. Remaja Pecandu Narkoba: Studi tentang Rehabilitasi Integratif di Panti Rehabilitasi Narkoba Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang. Tadrib, Vol. 4, No. 1, 2018, 99-119.

Indrajaya, M.T., Ronaldo, M. dan Rosyadi, I. Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Generasi Muda Desa Sungai Rengit Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyu Asin. Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 1, 2021, 5–11.

Kadir, A. Gambaran hasil pemeriksaan sgot dan sgpt pada penghirup lem. Jurnal Media Laboran, 8, 2018, 43–49.

Mead, G.H. Mind, Self, and Society : From The Standpoint of A Social Behaviorist. London: The University of Chicago Press, 1972.

Nur’artavia, M.R. Karakteristik Pelajar Penyalahguna Napza dan Jenis Napza yang digunakan di Kota Surabaya. The Indonesian Journal of Public Health, Vol. 12 No. 1, 2017, 27-38.

Puslidatin. Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat. bnn.go.id, 2019.

Putra, J.R. Analisis Komunikasi Persuasif Badan Narkotika Nasional Kota Samarinda dalam Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Samarinda. E-Journal Ilmu Komunikasi, 6, 35, 2018, 42–54.

Simangunsong, J. Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja. Skripsi, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.

Thaib, C.M., Marpaung, J.K. dan Suryani, M. Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Zat Aditif Pada Kader Posyandu Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Kelas 1 Medan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2, No. 1, 2022, 81-86

Downloads

Published

01-01-2024

How to Cite

Hufron, Gatut Setiadi, Rindra Risdiantoro, & Khoirul Anwar. (2024). Sosialisasi Anti Narkoba di SMA Islam Yakin Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 190–200. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i2.1103