Implementasi Total Quality Management dalam Pendampingan Peningkatan Profesionalisme Guru PAI di SMK Negeri 1 Sukorejo

Authors

  • Fajar Novia Husnanto Universitas Yudharta Pasuruan
  • Wiwin Fakhruddin Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan
  • Syarifuddin Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

Implementasi Total Quality Management, Peningkatan Profesionalisme Guru PAI

Abstract

Tenaga pendidik atau guru merupakan faktor yang sangat dominan dalam proses pendidikan dan pengajaran, karena itu seorang guru harus mengerti, memahami dan menghayati berbagai prinsip pendidikan dan pengajaran serta tahap-tahap perkembangan peserta didik. Sehingga guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang peserta didik. Guna memenuhi tuntutan tersebut, maka diperlukan aktualisasi TQM dalam proses penyiapan dan peningkatan profesionalisme guru pada lembaga pendidikan. Dalam memenuhi tuntutan profesional yang berlandaskan pada TQM, maka dalam hal ini guru diharapkan memiliki suatu kompetensi tertentu yang dapat mengarah kepada perbaikan secara terus menerus, menjamin terhadap kualitas pengajaran dan pembelajarannya,dan kepuasan konsumen pendidikan.

Pokok permasalahan dalam pendampingan iniadalah (1).Bagaimana implementasi TQM (Total Quality Management) yang dikembangkan di SMK Negeri 1 Sukorejo. (2). Implementasi TQM (Total Quality Manajemen) dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SMK Negeri 1 Sukorejo.

Dari hasilpendampinganinimenunjukkanbahwaimplementasinya sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kinerja guru, dan visi dan misi sekolah,lingkungan pembelajaran dan sarana-prasarana yang ada di SMK Negeri 1 Sukorejo sangat kondusif, adanya mushola sangat mendukung bagi guru, khususnya guru PAI,  karyawan dan peserta didik untuk menerapkan nilai-nilai Islami dengan praktek ibadah.TQM dalam penerapannya pada lembaga pendidikan memfokuskan pada suatu proses atau sistem pencapaian tujuan. Maka dari itu, guru dituntut untuk bertindak secara professional dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien dengan dedikasi yang tinggi guna meningkatkan kualitas pendidikan agar tercipta suatu produk yang memiliki kualitas dan mutu yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan.

Berdasarkan hasil pendampingan yang diperoleh, disimpulkan bahwa Implementasi TQM berkaitan dengan peningkatan profesionalisme guru PAI di SMK Negeri 1 Sukorejo mengacu kepada kompetensi guru yang merujuk kepada tiga komponen, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi mata pelajaran dan kompetensi professional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-01-2020

How to Cite

Fajar Novia Husnanto, Wiwin Fakhruddin Yusuf, & Syarifuddin. (2020). Implementasi Total Quality Management dalam Pendampingan Peningkatan Profesionalisme Guru PAI di SMK Negeri 1 Sukorejo. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 29–46. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/117