Pelatihan Baca Tulis Qur'an Santri Menggunakan Metode Peer Teaching (Tutor Sebaya) berbasis Halaqah di Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah (MDTA) Nurul Haq Kota Padang

Authors

  • Latifah Asnur Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i2.1577

Keywords:

Peer Teaching, Halaqah, Baca Tulis Al-Quran

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para santri MDTA Nurul Haq dalam baca tulis Qur'an. Hal ini didasarkan atas masih kurang baik dan benar baca tulis Qur'an Santri MDTA. Maka dari itu untuk mengatasi hal yang demikian dilaksanakan pelatihan dengan menggunakan metode Peer Teaching berbasis Halaqah, dimana para santri duduk membentuk lingkaran dan saling mendengarkan bacaan Al-Qur’an teman sebayanya setelah itu santri memberikan komentar atas bacaan Al-Qur’an teman sebayanya. Metode Peer Teaching adalah suatu pendekatan untuk belajar bersama-sama di mana orang menghargai satu sama lain dan berbagi pengetahuan dengan teman sebayanya atau mengajar teman sebayanya, Metode Halaqah adalah metode belajar di mana siswa duduk mengelilingi guru mereka dan mendengarkan penjelasan guru mereka. Fokus dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mengajar siswa di Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah Nurul Haq Parupuk Tabing Padang. Fokusnya adalah membaca dan menulis Al-Qur'an, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk membaca dan menulis Alquran. akan bermanfaat bagi santri Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah Nurul Haq. Hasilnya, program pendidikan dan pelatihan Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah Nurul Haq mengajarkan santri membaca dan menulis Al-Qur'an. Dengan pelatihan dan pengajaran ini, santri Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah Nurul Haq diharapkan dapat menulis dan membaca Al-Qur'an dengan lebih baik. Hasil pelatihan ini diperoleh bahwa para santri senang dan nyaman ketika belajar, pelatihan ini juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam Baca Tulis Al-Qur’an menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia Yunia Rahmawati. “Seni Baca Al-Qur’an Secara Halaqah Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Mubtadi Gampong Simpang Peut Nagan Raya” 7, no. July (2020): 1–23.

Desember, No, and Raidatam Mardiyah. “Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al- Qur ’ an Di Pondok Pesantren Kampung Qur ’ an Pulau Banyak” 1, no. 4 (2022).

Dwiastuti, Tutik. “Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Qur’an Melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya.” AL BAYAN, Jurnal Perkembangan Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam II, no. 2 (2022): 166–75.

Febianti, Yopi Nisa. “Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar.” Edunomic 2 (2) (2014): 81–87.

Fitriawati, Hemnel, Fadriati, and Marjoni Imamora. “Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an Kelas IV Di SDN 21 Sijunjung.” Jurnal El-Hekam 5, no. 1 (2020): 73–86.

Hamdi Abdul Karim Institut. “Urgensi Halaqah Dalam Akselerasi Dakwah.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2019, 315–31. e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/ath_thariq/artikel/view/1266.

Kh, Stai, and E Z Muttaqien. “PROGRAM HIDAYATUSSIBYAN BTQ SISWA-SISWI MDTA Abstrak Membaca Al-Quran Merupakan Hal Yang Wajib Kita Lakukan . Bahkan Muhammad Adalah Perintah Untuk Membaca Dalam Surah Al-Alaq . Hal Ini Isi Dari Kalam Allah Yang Diturunkan Kepada Nabi Muhammad SAW . Berda” 2, no. 1 (2023): 16–25.

Megawati, Erna. “Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching Dalam Pengajaran Tenses Pada Mahasiswa EFL.” Deiksis 11, no. 01 (2019): 39. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i01.3076.

Muslikah, Muslikah. “METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN (BTQ) SECARA BAIK DAN BENAR SESUAI DENGAN KAIDAH ILMU TAJWID DI MTs. NEGERI 2 SRAGEN.” EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran 1, no. 1 (2021): 136–40. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.67.

Nurfaizah, Nurfaizah, and Harmilawati Harmilawati. “Pelatihan Dan Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Desa Latellang.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 1 (2023): 47–52. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i1.3626.

Pekerti, D A N Budi. “Metode, Halaqah, Pembelajaran PAI” 18, no. 2 (2020): 113–25.

Wandansari, Sarah Adilah, Diah Fanyarti, M Fadlani Salam, Mukhlishah Mukhlishah, Supala Supala, and Hendar Riyadi. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) Baiturrahman Di Kelurahan Merdeka.” Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul) 1, no. 3 (2022): 98. https://doi.org/10.20527/ilung.v1i3.4267.

Wibawa, Rafi Andi. “Pendidikan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Di SMK Muhammadiyah Jawa Timur (Studi Kasus Pembelajaran BTQ Di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo).” Halaqa: Islamic Education Journal 2, no. 2 (2018): 182–89. https://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1804.

Downloads

Published

01-01-2024

How to Cite

Asnur, L., Martin Kustati, & Rezki Amelia. (2024). Pelatihan Baca Tulis Qur’an Santri Menggunakan Metode Peer Teaching (Tutor Sebaya) berbasis Halaqah di Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah (MDTA) Nurul Haq Kota Padang . Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 168–178. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i2.1577