Pendampingan Pembelajaran Literasi Generasi Alfa di SDN Tongas Wetan IV Probolinggo
Keywords:
Pembelajaran Literasi, Generasi AlfaAbstract
SDN Tongas Wetan IV Probolinggo adalah salah satu sekolah negeri yang terletak di pelosok desa Tongas Wetan, dikelilingi oleh persawahan, dengan akses jalan yang cukup berat. Ketiadaan jaringan internet kabel atau Wi-Fi menghambat adaptasi teknologi dan memaksa proses pembelajaran literasi di kelas hanya mengandalkan metode klasikal, dengan penggunaan media pembelajaran yang minim. Kompetensi literasi siswa SDN Tongas Wetan IV tergolong rendah. Hal ini dibuktikan melalui hasil tes Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi siswa yang diperoleh skor rata-rata 42.6. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendampingi siswa dalam pembelajaran literasi dengan upaya membangun lingkungan dapat memotivasi siswa agar tergerak untuk membaca. Untuk menjawab permasalahan tersebut, digunakan pendekatan service learning untuk mendampingi siswa SDN Tongas Wetan IV dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pendampingan, dan tahap refleksi. Pendampingan ini bertujuan untuk membangun lingkungan sekolah yang mampu memotivasi siswa untuk membaca. Hasilnya, siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran literasi. Respon positif dari guru menunjukkan bahwa interaksi pembelajaran menjadi lebih menarik. Selain itu, kemampuan literasi siswa menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 30,87%.
Downloads
References
Dapodik. (2023). Data Pokok Pendidikan SDN Tongas Wetan IV. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/73A91DBF0047A14352E9
Hidayat, A. (2021). Pendidikan Generasi Alpha (1st ed.). Jejak Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=zNtGEAAAQBAJ&lpg=PR5&ots=oPoOCc6laz
Julianto, I. N. L., Cahyadi, I. W. A. E. C., & Artawan, C. A. (2019). Color Interactivity as Visual Stimulation in the Study Room of Grade 1-3 of Elementary Students in Denpasar City. Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya Dan Desain, 1, 56–64. https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandyakala/article/download/39/33/
Ramlah, R., Riana, N., & Abadi, A. P. (2022). Fun Math Learning for Elementary School Students Through Interactive Puzzle Media. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 25–34. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5775
Setyo Widodo, G., & Sita Rofiqoh, K. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67
Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 143.
Sueca, I. N. (2021). Literasi Dasar: Bahan Literasi Berbasis Permainan Bahasa. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=q5xFEAAAQBAJ
Sueca, I. N., & Suwarni, N. K. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Dasar Dengan Pemanfaatan Permainan Bahasa Pada Siswa SD Negeri 5 Besakih. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1).
Wajdi, M. B. N., Ubaidillah, M. B., Mulyani, S., Anwar, K., Istiqomah, L., Rahmawati, F., Hikmawati, S. A., Ningsih, D. R., & Rizal, H. S. (2020). Pendampingan Redesign Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 bagi Tenaga Pendidik di Lembaga Pendidikan berbasis Pesantren di Jawa Timur. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 266–277. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.193
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hasan Syaiful Rizal, Dicha Riski Triwahyuni, Vika Zida Akmaliah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.