Pendampingan Penggunaan Metode Qawaid Wa Al-Tarjamah dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu di Pesantren Luhur Alhusna Surabaya

Authors

  • Muhammad Hamdan Yuwafik Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Ahmad Nuruddin Institut Agama Islam Sunan Kalijogo

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v5i1.2217

Keywords:

Assistance in Using the Method, Qawaid wa al-Tarjamah Method, Nahwu Science

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan metode Qawaid wa al-Tarjamah dalam pembelajaran ilmu nahwu dan problematika yang dihadapi dalam pembelajaran ilmu nahwu menggunakan metode Qawaid wa al-Tarjamah di Pesantren Luhur Alhusna Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta penyajian data analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwasanya pembelajaran ilmu nahwu menggunakan metode Qawaid wa al-Tarjamah di Pesantren Luhur Alhusna Surabaya dilakukan dengan membaca kitab, menerjemahkan, menjelaskan maksud bacaan, memberikan contoh, mengi’robi dan evaluasi pembelajaran. Banyak sekali problematika yang terjadi dalam pembelajaran ilmu nahwu tersebut diantaranya adalah dalam aspek kebahasaan yaitu i’rob, pola kalimat dan perubahan harakat di setiap lafadznya dan dalam aspek non kebahasaan yang berhubungan dengan santri diantaranya adalah kurangnya minat dan motivasi santri, kemampuan santri, pengaruh teman, malas belajar, kurang bisa management waktu, kurangnya sumber dan media belajar, kurangnya fasilitas, lingkungan yang kurang mendukung dan beraneka latar belakang pendidikan santri. Poblematika yang berhubungan dengan guru adalah kurangnya hubungan timbal-balik (komunikasi) antara guru dan santri, lingkungan yang kurang mendukung, kemampuan santri yang heterogen, dan terbatasnya alokasi waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaliah Musgamy, “Tariqah Al-Qawaid Wa Al-Tarjamah,” Al-Daulah 4, no. 2 (2015): 391–402.

Ahmad. “Artikulasi Ilmu Nahwu Dalam Kehidupan (Studi Analisis Makna I’rob Kitab Al-Jurumiyah Menggunakan Semantika Dalalah Lafzhiyah Dalam Ushul Fikih).” Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam SYAIKHUNA 10 (2019).

Bachri, Bachtiar S. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Teknologi Pendidikan 10 (2010).

Fahrurrozi, Aziz. “Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya.” ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, no. 2 (2014). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137.

Hardani, Andriani, Helmina, Ustiawaty, Jumari, Utami, and Evi Fatmi. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Kustandi, Cecep, and Bambang Sutjipto. “Media Pembelajaran Manual Dan Digital.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (2013).

Maghfiroh, Shinta Lailatul, Muhammad Hamdan Yuwafik, and Siti Rohmah. “Muhammad Hamdan Yuwafik Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.” Hikmah 14, no. 2 (2020): 199–230.

Musgamy, Awaliah. “Tariqah Al-Qawaid Wa Al-Tarjamah.” Al-Daulah 4, no. 2 (2015): 391–402.

Rahmadona, Eva. “Problematika Implementasi Metode Gramatika Tarjamah (Tharîqah Al-Qawâ’id Wa Al-Tarjamah) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas VII SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.

Razin, Abu, and Ummu Razin. “Ilmu Nahwu Untuk Pemula.” Pustaka BISA Cetakan II (2015).

Ronny Mahmuddin, and Chamdar Nur. “Teknik Pembelajaran Ilmu Nahwu Berdasarkan Teori Integrasi.” NUKHBATUL ’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam 6, no. 1 (2020). https://doi.org/10.36701/nukhbah.v6i1.112.

Sa’adah, Nailis. “Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 01 (2019). https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995.

Sari, Ana Wahyuning. “Analisis Kesulitan Pembelajaran Nahwu Pada Pelajar Kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak Tahun Ajaran 2015/2016.” Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 6, no. 1 (2017).

Yuwafik, Muhammad Hamdan, and Abdul Muhid. “Strategi Dakwah Pesantren Luhur Al-Husna Dalam Menjaga Toleransi Beragama Di Kota Surabaya.” MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial 3, no. 02 (2020): 195–211. https://doi.org/10.37680/muharrik.v3i02.431.

Downloads

Published

29-07-2024

How to Cite

Muhammad Hamdan Yuwafik, & Ahmad Nuruddin. (2024). Pendampingan Penggunaan Metode Qawaid Wa Al-Tarjamah dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu di Pesantren Luhur Alhusna Surabaya. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 99–111. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v5i1.2217