Pelatihan Maharah Kitabah Menggunakan Tracing Method Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab di Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Keywords:
Pelatihan Penggunaan Metode, Tracing Method, Maharah KitabahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelatihan tracing method dalam pembelajaran maharah kitabah serta problematika yang dihadapi oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwasanya pembelajaran maharah kitabah menggunakan tracing method di Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang dilakukan dengan melalui 4 tahapan, yaitu: 1) perencanaan, dilakukan selama 1 kali dalam seminggu, dan berlangsung selama 4 minggu, hal ini dilakukan pada jam 14.00 hingga 15.00. 2) isi materi, pembelajaran 6 macam khot, yaitu naskhi, riq’ah, diwani, diwani jali, tsulus, dan kufi. 3) cara pembelajaran, menggunakan tracing method dengan kertas transparan untuk melatih dalam menjiplak tulisan khot. 4) evaluasi, dilakukan dengan cara menulis ulang kata atau kalimat yang telah dipelajari menggunakan tracing method secara langsung. Dalam penggunaan tracing method ini beberapa masih memiliki problematika dalam pembelajarannya, seperti halnya waktu pembelajaran yang terlalu singkat dan kurangnya pembiasaan dikarenakan waktu pelatihan yang relative cepat, serta materi khot yang terlalu banyak, sehingga pelatihan ini membutuhkan waktu lebih untuk bisa maksimal.
Downloads
References
Alwasilah, A. Chaedar. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Depdiknas. Panduan Untuk Guru Membaca Dan Menulis Pemulaan. Jakarta: Depdiknas, 2009.
Ghozali, Achmad, and Jamaluddin Rabain. Cahaya Pena Khat Al-Qur’an. Oktober 20. Yogyakarta: Kalimedia, 2021.
Karli, H. Membaca Dan Menulis Untuk Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Dan Permainan Yang Menyenangkan. Jakarta: Universitas Katolik Atma Jaya, 2010.
Nataris, Melania Nuzul. “Uji Coba Metode Menjiplak (Tracing) Dalam Pembelajaran Huruf Hiragana Pada Siswa Kelas X Bahasa SMAN 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2020/2021.” Jurnal Hikari 06 (2022): 30–42.
Nuruddin, Ahmad. “تنمية كفاءة تعليم مهارة الكتابة بطريقة الإنشاء في تعليم اللغة العربية لطلاب فصل التاسع للمدرسة المتوسطة منبع القرآن بمدينة موجوكرتو.” Proceeding of International Conference on Arabic Language (INCALA) no. (n.d.). https://prosiding.arab-um.com/index.php/Incala/article/view/1382.
Nuruddin, Ahmad, and Muhsin Muiz. “اللغة الإنسانية: جعريفها ووظيفتها ونظريات نشأتها.” Lisan An Nathiq: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab 4 (2022): 71–82. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/LAN/article/view/4906.
Siregar, M. T. “Penerapan Metode Tracing Dalam Pembelajaran Pemrograman Komputer.” Jurnal Pendidikan Informatika 8 (2020): 112–18.
Widodo, A. “Evaluasi Efektivitas Tracing Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah.” Jurnal Pendidikan Matematika 16 (2021): 45–52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Nuruddin, Muhammad Hamdan Yuwafik, Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.