Pendampingan Pendidikan Non-Formal di Dusun Pulesari dalam Kelompok Belajar "PUTAR: Pulesari Pintar"

Authors

  • Robihatun NIsa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Hanung Fajar Ahsana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Febriani Nur Hariroh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Zikria Indriani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ahmad Yazid Afthon Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nina Dwi Setyaningsih Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Pendidikan Non-Formal, Kelompok Belajar

Abstract

Kelompok Belajar “Pulesari Pintar” melalui kegiatan KKM bertujuan untuk menambah atau melengkapi pendidikan formal (di sekolah) yang didapatkan oleh anak-anak dusun Pulesari. Pembentukan kelompok belajar diharapkan menjadi solusi dalam mengisi kekosongan anak-anak di rumah setelah bersekolah. Selain itu, Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja nyata lapangan. Pelaksanaan KKM ini dimulai dari tanggal 19 Desember 2022 sampai dengan 22 Januari 2023 di Dusun Pulesari Desa Tirtomoyo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Bentuk kegiatan pendampingan pendidikan non-formal ini berupa: 1) Mengadakan bimbingan atau pembelajaran tambahan di Dusun Pulesari dan 2) Mengadakan games. Hasil dari program ini adalah terbentuknya kelompok belajar bersama yang disebut “Pulesari Pintar” yang mampu menjadi salah satu pendampingan pendidikan secara Non-Formal bagi anak-anak di Dusun Pulesari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dini, Baiq, Najia Dzurrahmi, Azlina Azmi, Baiq Nurul, Aini Sarmadiyanti, dan Hestiara Fitri. “Pendampingan Pendidikan Non-Formal di Desa Wisata Hijau Bilebante dalam Kelompok Belajar ‘ Bale Cerdas ’” (2021): 2–7.

Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Prabowo, Sigit Ari, Muh. Waskito Ardhi, dan Joko Widiyanto. “Biologi Pada Sekolah Formal Dan Lembaga Bimbingan Belajar Non-Formal Di Kota Madiun.” Jurnal Lppm (2015): 1–5.

Santoso, Agus, dan Yunni Rusmawati. “Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan.” Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat 2, no. 02 (2019): 36–43.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 26 ed. Bandung: Alfabeta, 2017.

Suryan. “Profil Mushola Al Iman.” Desa Online Website Resmi Desa Kabupaten Kebumen. Last modified 2021. https://sidomulyo.kec-adimulyo.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/133/191.

“Pengabdian Pada Masyarakat.” Fakultas Rekayasa Industri dan Desain Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Last modified 2020. https://frid.ittelkom-pwt.ac.id/pengabdian-masyarakat/.

Downloads

Published

15-01-2023

How to Cite

Robihatun NIsa, Hanung Fajar Ahsana, Febriani Nur Hariroh, Zikria Indriani, Ahmad Yazid Afthon, & Nina Dwi Setyaningsih. (2023). Pendampingan Pendidikan Non-Formal di Dusun Pulesari dalam Kelompok Belajar "PUTAR: Pulesari Pintar". Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 164–171. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/797