Pendampingan Pembelajaran Terjemah Al-Quran Metode An-Nashr di Madrasah Diniyah Raudhatul Jannah Singosari Kabupaten Malang

Authors

  • A. Qomarudin STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i1.847

Keywords:

Pendampingan, Pembelajaran Terjemah Al-Quran, Metode An-Nashr

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi negara Indonesia yang digunakan sebagai komunikasi dalam keseharian. Sedangkan al-Quran yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad menggunakan bahasa Arab, maka al-Quran sebagai pedoman umat Islam harus dipelajari di pendidikan Islam dan termasuk di madrasah diniyah al-Quran. Madrasah Diniyah Raudhatul Jannah Singosari merupakan lembaga pendidikan Islam yang pembelajaran al-Quran masih terfokus pada kemampuan membaca, maka harus mengembangkan pembelajaran terjemah al-Quran dengan metode An-Nashr yang dapat memberikan kemampuan mengetahui arti setiap kata dan ayat al-Quran yang dibaca. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan dilaksanakannya pendampingan pembelajaran al-Quran metode An-Nashr dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Hasil pendampingan bahwa pembelajaran terjemah al-Quran dengan metode An-Nashr sangat mudah dilaksanakan bagi peserta didik yang telah memiliki kemampuan membaca al-Quran, serta memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk dapat menterjemahkan arti setiap kata dan ayat dalam al-Quran yang selanjutnya menjadi modal untuk memahami kandungan isi al-Quran. Sehingga sangat penting bagi lembaga pendidikan al-Quran untuk mengajarkan terjemah al-Quran dengan metode An-Nashr agar fokus pembelajaran tidak hanya membaca al-Quran saja, tetapi juga memahaminya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran Dan Terjemahnya. Madinah: Komplek Percetakan Al-Quran Al-Karim milik Raja Fahd, 1424.

As-Syamilah, Maktabah. Jaami’ Al-Ahadits. Juz 12., n.d.

Badi’ah, Ifan Nazilatul, Muhammad Hanif, and Ika Anggraheni. “Pembelajaran Al-Qur’an Metode An Nashr Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di RA An Nashr Kecamatan Wajak Kabupaten Malang.” Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2 (2022).

Bakar, Sayyid Abu. Kifayah Al-Atqiya’. Singapur, Jeddah, Indonesia: Al-Haramain, n.d.

Maslukhah, Faizatul, Masykuri Bakri, and Muhammad Sulistiono. “Implementasi Metode An Nashr Dalam Menghafal Juz 30 Di Madrasah Tsanawiyah Babul Futuh Pandaan.” VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 3 (2021).

Nata, Abudin. Metodologi Studi Islam. Cet. VIII. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

“Observasi Di Madrasah Diniyah Raudhatul Jannah Singosari Malang,” 2019.

Radar Malang. “Spirit Religi,” 2012.

Salim, Muhammad Ibrahim. Pengobatan Quran. Cet. II. Jakarta: Misykat, 2006.

Taufik, Muhammad. Belajar Cepat Dan Mudah Terjemah Al-Quran Dengan Metode An-Nashr. Malang: An-Nashr Print, 2011.

Downloads

Published

09-07-2023

How to Cite

A. Qomarudin. (2023). Pendampingan Pembelajaran Terjemah Al-Quran Metode An-Nashr di Madrasah Diniyah Raudhatul Jannah Singosari Kabupaten Malang. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i1.847