Program Pesantren Ramadhan Untuk Meningkatkan Pemahaman Agama Islam Bagi Anak Sekolah Dasar

(Studi Kasus di Lembaga Studi Islam Al Awfiya Jakarta Barat)

Authors

  • Ahmad Irfan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ummah Karimah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Abdul Basit Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hafidz Taufiqurrahman Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i1.880

Keywords:

Pesantren Ramadhan, Pemahaman Agama, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Potensi peserta didik agar siap dalam menghadapi tantangan di era globalisasi ini, diperlukan suatu proses pendidikan. Hal tersebut terdapat peranan yang sangat penting bagi setiap orang. Pendidikan bertujuan mengembangkan fitrahnya sebagai Khalifah di muka bumi tanpa ada perasaan tertekan.  Tercapainya tujuan pendidikan salah satunya dapat dipengaruhi oleh lembaga pendidikan nonformal yang memiliki program pesantren Ramadhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pesantren Ramadhan dalam meningkatkan pemahaman agama Islam Bagi Anak Sekolah Dasar. Penelitian ini bertempat di Lembaga Studi Islam Al Awfiya Jakarta Barat dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tahapan penelitian terdiri atas tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, pengumpulan data, analisis data, dan penulisan laporan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun hasil penelitian adalah: 1) proses pesantren Ramadhan di Lembaga Studi Islam menggunakan metode ceramah dengan diselingi tanya jawab dan permainan antara pengajar dengan siswa, 2) program pesantren Ramadhan di Lembaga Studi Islam Al Awfiya Jakarta Barat dalam meningkatkan pemahaman Agama bagi Anak Sekolah Dasar dan berupaya memberikan pemahaman ubudiyah guna meningkatkan ketakwaan dan pemahaman pengetahuan Agama pada diri siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalimunthe Rasyid Anwar. 2020. Minat Siswa Mengikuti Pesantren Kilat di SMK Negeri 1 Pantai Labu Tahun 2019. Fitrah: Journal of Islamic Education. DOI: https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.14. P-ISSN : 2723-3847 dan E-ISSN : 2723-388X. Hal. 158.

Fathoni Abd. Aziz Muslim Al. 2020. Pesantren Kilat (Sebuah Tinjauan Poblematika Pendidikan Agama Islam/Akhlak). Jurnal Literasiologi. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i4.121. P-ISSN : 2745-5440 dan E-ISSN : 2656-3230. Hal. 49.

Fatonah Khusnul dan Alfian dkk. 2021. Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta Nurani Jakarta. Jurnal Sekolah. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v5i4.31326. P-ISSN : 2548-8856 dan E-ISSN : 2549-127X. Hal. 194

Hamidah Ai Didah. 2022. Aktivitas Smatren Ramadhan dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Peserta Didik. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan. P-ISSN : 2548-8201 dan E-ISSN : 2580-0469. Hal. 1359.

Hariandi Ahmad dan Irawan Yanda. 2016. Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentela Pendidikan Dasar. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7097. Hal. 176.

Hidayat A. Gafar dan Haryati Tati. 2019. Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan IPS. DOI: https://doi.org/10.37630/jpi.v9i1.169. P-ISSN : 2088-0308 dan E-ISSN : 2685-0141. Hal. 15.

Hudaidah Resty dan Romelah. 2022. Program Pesantren Ramadhan dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Pagatan. Journal of Comprehensive Science. DOI: https://doi.org/10.36418/jcs.v1i1.3. P-ISSN : 2962-4738 dan E-ISSN : 2962-4584. Hal. 17.

Irfan, Ahmad Irfan, and Nurbaiti Bahrudin. “Peran Lembaga Studi Islam Al-Awfiya Dalam Pembinaan Keagamaan Remaja Jakarta.” Literatus 4, no. 2 (2022): 556–562.

Jamaludin dan S Shofia Nurun Alanur dkk. 2022. Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553. P-ISSN : 2442-7470 dan E-ISSN : 2579-4442. Hal. 698.

Kusmanto, Heri, dan Warjio. Pentingnya Legalitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Malang: IAI Sunan Kalijogo Malang Press, 2020.

Lisa Hendro dan Mardiah dkk. 2020. Program Pesantren Kilat Ramadhan untuk Meningkatkan Motivasi Ibadah Siswa SMPN 3 Tembilahan Hulu. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. DOI: https://doi.org/10.46963/ams.v1i2.268. P-ISSN : 2745-7400 dan E-ISSN : 2745-7419. Hal. 63.

Maula Atika Rofiqatul dan Fathani Sahrizal. 2022. Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Kegiatan Pesantren Ramadhan (Study Kasus di MAN Bondowoso, Jawa Timur). Jurnal Diklat Keagamaan. DOI: https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.290. P-ISSN : 1978-4953 dan E-ISSN : 2746-6450. Hal. 41.

Miftahul Munif dan M. Sofyan Alnashr dkk. 2022. Pesantren Kilat Islam Moderat Peningkatan Wawasan dan Sikap Moderasi Beragama bagi Remaja Muslim di Desa Tiga Agama. The 4th International Conference on University Community Engagement. Hal. 402.

Patimah Upi Siti. (2019). Implementasi Kegiatan Pesantren Kilat Sebagai Bentuk Sosialisasi Keagamaan (Studi : Pada Siswa SMP Negeri 1 Leuwisari di Kabupaten Tasikmalaya). Jakarta : Sarjana (S1) Skripsi Universitas Negeri Jakarta.

Putra Renza Ananda dan Surya Dedy. 2021. Revitalisasi Nilai-Nilai Islam pada Anak-Anak Jamaah Mushala di Gampong Jawa, Kota Langsa, Aceh Melalui Kegiatan Pesantren Kilat. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat. DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v4i2.623. P-ISSN : 2622-6332 dan E-ISSN : 2622-6340. Hal. 160.

Saftari Maya dan S Sinta dkk. 2021. Kegiatan Ramadhan Bersama Peserta Didik di SD Nameng Untuk Memantapkan Pemahaman Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. DOI: https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2716. P-ISSN : 2614-7947 dan E-ISSN : 2614-7939. Hal. 260.

Sakrani Ahmad. 2020. Upaya Meningkatkan Akhlakul Karimah melalui kegiataan Pesantren Kilat pada Siswa Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok Desa Mekar Bersatu Kecamatan Batu Keliang Kabupaten Lombok Tengah. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam. P-ISSN : 2337-7097 dan E-ISSN : 2721-4931.

Siregar Fitri Rayani. 2017. Nilai-Nilai Budaya Sekolah dalam Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Jurnal Pusat Studi Gender dan Anak. Hal. 1.

Sobur A Kadir. 2016. Pendidikan Berbasis Teologi; Menelisik Sekolah Dasar Islam Terpadu. Indonesian Journal of Educational Research. DOI: https://doi.org/10.30631/ijer.v1i2.15. P-ISSN : 2541-2132 dan E-ISSN : 2541-2159. Hal. 65.

Taufikin. 2021. Pesantren sebagai Tiga Pusat Pendidikan Perspektif Ki Hadjar Dewantara. DINAMIKA ILMU: Jurnal Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.21093/di.v21i1.3149. P-ISSN : 1411-3031 dan E-ISSN : 2442-9651. Hal. 101.

Yuwita, Nurma, Sri Astutik, Siti Badriyatul, and Sri Rahayu. “Pendampingan Legalitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Sistem Online Single Submission Di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejo”. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (July 14, 2021): 41-48. Accessed July 30, 2021. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/322.

Widodo Hendro. 2018. Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sleman. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan ke-SD-an. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v13i2.8162. P-ISSN : 1907-6967 dan E-ISSN : 2528-5653. Hal. 69.

Downloads

Published

09-07-2023

How to Cite

Ahmad Irfan, Ummah Karimah, Abdul Basit, & Hafidz Taufiqurrahman. (2023). Program Pesantren Ramadhan Untuk Meningkatkan Pemahaman Agama Islam Bagi Anak Sekolah Dasar : (Studi Kasus di Lembaga Studi Islam Al Awfiya Jakarta Barat). Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 74–86. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i1.880