Pendampingan Strategi Bersaing Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Esbas Toy’s Dengan Analisis Porter’s Five Forces

Authors

  • Nuriyanto Universitas Yudharta Pasuruan
  • Khafizh Rosyidi Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

Analisis Strategi Bersaing, Analisis Porter’s Five Forces

Abstract

Persaingan bisnis di era globalisasi saat ini semakin ketat. Bertambahnya perusahaan-perusahaan dengan berbagai produk atau jasa yang ditawarkan menyebabkan perusahaan berusaha untuk memenangkan persaingan dengan cara menerapkan strategi berasing. Strategi bersaing yang digunakan sangat menentukan keberhasilan pencapaian target yang diinginkan oleh perusahaan. Pendampingan strategi bersaing ini dilakukan pada UMKM Esbas Toy’s untuk mengetahui strategi bersaing pada UMKM tersebut serta merumuskan strategi bersaing alternartif yang dapat digunakan. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah analisis porter’s five forces. Keabsahan data dari kegiatan ini diuji menggunakan triangulasi data atau menggali kebenaran informai tertentu melalui berbagai metode dan sumber perolehan data, pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil pendampingan ini menunjukkan beberapa strategi bersaing yang tepat digunakan oleh UMKM Esbas Toy’s dalam menghadapi persaingan pada industri yang memproduksi boneka. Strategi bersaing alternatif dari strategi generik juga dirumuskan untuk mengoptimalkan strategi bersaing (Porter’s five forces) yang sedang diterapkan UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bisnis, Manajemen, and Untuk Click Cafe. 2020. “Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.” 1(1): 57–66.

Bukittinggi, Iain, Jl Gurun Aua, and Bukittinggi Indonesia. 2019. “DAYA SAING PADA BISNIS KAFE DI KOTA BUKITTINGGI ( STUDI KASUS KAFE TERAS KOTA ).” (79): 1–14.

Efas, Ifas, and Pada Cv. 2017. “1,2 1 *, 2.” : 238–45.

Fildzah, Annisa Nurul. 2018. “Analisis Strategi Promosi Pada UMKM Social Enterprise ( Studi Kasus Pascorner Cafe and Gallery ).” 12(April): 101–12.

History, Article. 2019. “No Title.” 2(Snip): 345–49.

Ii, B A B, and Tinjauan Pustaka. 2014. “No Title.” : 7–17.

Kamila, Izza. “Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif.”

Manajemen, Jurnal Sains. 2021. “JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi) Volume 13 No. 1 / Mei / 2021.” 13(1): 37–47.

Pratama, Theodorus Ivan. 2017. “PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN TIGOR.” 2.

Putranto, Agus, and Ratna Wijayanti. 2018. “Penerapan Analisis SWOT Dan Five Forces Porter Sebagai Landasan Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Laba Perusahaan ( Studi Pada Tin Panda Collection Di Kabupaten Magelang ).” 1(1).

Savitri, Rosita Vega. 2018. “PENCATATAN AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( STUDI PADA UMKM MR . PELANGI SEMARANG ) Keywords : Accounting Records , UMKM Kata Kunci : Pencatatan Akuntansi , UMKM Corresponding Author :” 5(2): 117–25.

Tasikmadu, Kecamatan, and Kabupaten Karanganyar. 2020. “Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, November 2020, Vol. 6 No. 1 53.” 6(1): 53–61.

Usaha, Persaingan. 2017. “Analisa Pemasaran Dan Persaingan Usaha Pada Inovasi Produk Samsung Smart Doorlock.” 1(1).

Utami, Endah. 2012. “PERUMUSAN STRATEGI PERUSAHAAN BERDASARKAN COMPETITIVE ADVANTAGE.” 11(2): 154–64.

Downloads

Published

10-01-2022

How to Cite

Nuriyanto, & Khafizh Rosyidi. (2022). Pendampingan Strategi Bersaing Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Esbas Toy’s Dengan Analisis Porter’s Five Forces. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 148–158. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/940