Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal Akademika terbit sejak tahun 2019, jurnal ini merupakan jurnal Manajemen Pendidikan Islam yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian tentang pendidikan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Secara berkala Jurnal Akademika akan terbit setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan Desember.</span></span></p> en-US iaiskjmalang.jurnal@gmail.com (Gatut Setiadi) Iroelanwar1991@gmail.com (Khoirul Anwar) Sat, 02 Dec 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerapan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di SD Muhammadiyah 12 Pamulang https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1178 <p>Lembaga pendidikan selama dua dekade terakhir ini banyak dibahas memimpin menggunakan gaya kepemimpinan transformasional, artinya lembaga-lembaga pendidikan membutuhkan perubahan yang signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Artikel jurnal ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepala sekolah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang menerapkan konsep kepemimpinan transformasional dari ciri-ciri, dimensi, konsep perilaku, sampai prinsip-prinsip dengan membahas konsep pengetahuan lainnya dari hasil penelitian bertujuan sebagai penguat penerapan kepemimpinan transformasional ini. Metode penelian yang dilakukan yaitu menggunakan metode kualitatif melalui wawancara serta observasi untuk membawa perubahan sekolah yang dipimpinnya. Metode penelian yang dilakukan yaitu menggunakan metode kualitatif melalui wawancara serta observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SD Muhammadiyah 12 Pamulang yaitu perubahan bagi masyarakat sekolah yang dibawa melalui motivasi inspiratif, menjadi teladan yang baik, visi yang dicapai secara jelas, menciptakan inovasi baru, pengawasan dan evaluasi kegiatan proses belajar mengajar dan penerapan konsep pengetahuan prisip-prinsip lain yang dibutuhkan.</p> Rabiatul Adawiyyah, Muhammad Fikri Zhilalurrahman, Hasyim Asy'ari Copyright (c) 2023 Rabiatul Adawiyyah, Muhammad Fikri Zhilalurrahman, Hasyim Asy'ari https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1178 Sat, 02 Dec 2023 00:00:00 +0000 Strategi Manajemen Kesiswaan dalam Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik di SDN Pucangsongo Pakis https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1311 <p>Pendidikan dapat dikatakan berhasil jika tujuan pendidikan tersebut telah tercapai, namun pendidikan di Negri ini masih jauh dari harapan pendidikan nasional. Diberbagai daerah masih sering ditemukan pelajar yang melanggar norma-norma sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan di SDN Pucangsongo Pakis, karakter disiplin peserta didik di SDN Pucangsongo Pakis dan mendeskripsikan strategi manajemen kesiswaan dalam penanaman&nbsp; karakter disiplin peserta didik yang dilakukan di SDN Pucangsongo Pakis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. informan yang digunakan adalah kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan Bagaimana manajemen kesiswaan di SDN Pucangsongo Pakis yang meliputi perencanaan, pelaksanaan atau pembinaan kesiswaan dan evaluasi kesiswaan, karakter disiplin peserta didik yang tercipta melalui ketaatan dan kesetiaan dan Strategi manajemen kesiswaan dalam penanaman karakter disiplin peserta didik yaitu dengan memberi contoh secara langsung bagaimana sikap disiplin, pemberian buku pintar, kegiatan ekstrakurikuler dan pemeriksaan kehadiran.</p> Endang Tyasmaning Copyright (c) 2023 Endang Tyasmaning https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1311 Sat, 02 Dec 2023 00:00:00 +0000 Manajemen Risiko dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di SMA Madina Citra Insani https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1350 <p>Seiring pertumbuhan dan kemajuan pendidikan saat ini, berbagai tantangan yang hadir dapat menjadi risiko tersendiri bagi sebuah lembaga dalam mencapai tujuannya. Begitupun dengan dunia pendidikan, risiko menjadi hal yang tidak dapat dihindari oleh lembaga pendidikan. Oleh karenanya dibutuhkan strategi untuk mengelola risiko agar tidak menimbulkan dampak yang mengganggu keberlangsungan proses pembelajaran dan mempengaruhi mutu pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan guna memberikan gambaran terkait manajemen risiko dalam mempertahanan mutu pendidikan di SMA Madina Citra Insani. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dengan jenis penelitian desktriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara semi terstrukur, dan dokumentasi. Penjaringan informan menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> dan teknik analisis data menggunakan Model Miles, Huberman, dan Saldana. Sedangkan guna menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen risiko dalam mempertahankan mutu pendidikan di SMA Madina Citra Insani dilakukan melalui empat tahap, yakni tahap identifikasi risiko, tahap pengukuran risiko, tahap pengendalian risiko, dan tahap evaluasi risiko.</p> Helda Yusfarina Anggraini, Akhmad Muadin, Mukhamad Ilyasin Copyright (c) 2023 Helda Yusfarina Anggraini, Akhmad Muadin, Mukhamad Ilyasin https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1350 Sat, 02 Dec 2023 00:00:00 +0000 Manajemen Pemasaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Hubungannya dengan Brand Image Madrasah https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1284 <p><strong>Abstrak. </strong>Era globalisasi yang ada di berbagai aspek kehidupan menjadi salah satu konsekuensi dari kemajuan teknologi yang mengakibatkan standar dari berbagai aspek kehidupan yang merujuk pada tuntutan perubahan zaman, begitupula dalam dunia pendidikan. Lembaga pendidikan juga perlu peka pada berbagai perkembangan IPTEK serta tuntutan konsumen. Penelitian ini untuk mengetahui manajemen pemasaran berbasis ICT di Madrasah Interaktif Miftahul Huda (MIMHa) Tsanawiyah Informatika Kota Bandung, untuk mengetahui <em>brand image</em> di Madrasah Interaktif Miftahul Huda (MIMHa) Tsanawiyah Informatika Kota Bandung, untuk mengetahui hubungan antara manajemen pemasaran berbasis ICT dengan <em>brand image</em> di Madrasah Interaktif Miftahul Huda (MIMHa) Tsanawiyah Informatika Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 94 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran berbasis ICT mempunyai hubungan yang signifikan terhadap <em>brand image </em>madrasah, dengan taraf signifikansi 0,000 &lt; 0,05. Selanjutnya juga terdapat jenis hubungan variabel yang mengarah pada sifat positif dikarenakan angka <em>person correlation</em> sebesar 0,836 yang mana tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut maka hubungan kedua variabel adalah searah dan memiliki arti semakin tinggi manajemen pemasaran berbasis ICT maka semakin tinggi pula <em>brand image </em>madrasah. Kemudian koefisiensi determinasi (R square) yang diperoleh adalah sebesar 0,699 yang artinya kontribusi variabel manajemen pemasaran berbasis ICT terhadap <em>brand image </em>madrasah adalah sebesar 70%.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Manajemen, Pemasaran, ICT, Brand, Image</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong><em>Abstract</em></strong><em>. The era of globalization in various aspects of life is one of the consequences of technological progress which has resulted in standards in various aspects of life that refer to the demands of changing times, as well as in the world of education. Educational institutions also need to be sensitive to various developments in science and technology and consumer demands. This research is to find out ICT-based marketing management at the Miftahul Huda Interactive Madrasah (MIMHa) Tsanawiyah Informatics Bandung City, to find out the brand image at the Miftahul Huda Interactive Madrasah (MIMHa) Tsanawiyah Informatics Bandung City, to find out the relationship between ICT-based marketing management and brand image in Miftahul Huda Interactive Madrasah (MIMHa) Tsanawiyah Informatics Bandung City. This research used a descriptive method with a quantitative approach carried out on 94 students. The research results show that ICT-based marketing management has a significant relationship with madrasah brand image, with a significance level of 0.000 &lt;0.05. Furthermore, there is also a type of variable relationship that leads to positive characteristics because the person correlation figure is 0.836, which does not have a (-) sign in this number, so the relationship between the two variables is in the same direction and means that the higher the ICT-based marketing management, the higher the madrasa brand image. Then the coefficient of determination (R square) obtained is 0.699, which means that the contribution of ICT-based marketing management variables to the madrasa brand image is 70%.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Management, Marketing, ICT, Brand, Image</em></p> Zahra, Ambar Sri Lestari, Heny Mulyani Copyright (c) 2023 Zahra, Ambar Sri Lestari, Heny Mulyani https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1284 Sat, 02 Dec 2023 00:00:00 +0000 Hubungan antara Sertifikasi Pendidik dan Profesionalisme Tenaga Pendidik https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1271 <p>Di era modern saat ini Pendidikan disekolah sekolah merupakan satu komponen yang sangat penting, harus terencana, terarah dan dapat membina potensi siswa dalam menguasai ilmu pengetahuan. Untuk dapat mewujudkan itu semua dibutuhkannya tenaga pendidik yang profesional terampil dan memiliki kualifikasi dan kompetensi, ditandai dengan diberikannya sertifikat sebagai tanda bahwa pendidik telah memenuhi persyaratan dan lulus uji kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Sertifikasi Pendidik dan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan Hubungan antara Sertifikasi Pendidik dan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung memperoleh nilai yaitu 0,75 artinya bahwa variabel x dengan variabel y memiliki korelasi dengan derajat hubungan pada tingkat kekuatan yang “Kuat” karena berada pada kategori 0,61 s/d 0,80 dan bentuk hubungannya positif. Dikatakan positif karena semakin tinggi tingkat Sertifikasi Pendidik makan semakin tinggi juga Profesionalisme Tenaga Pendidik. Kemudian R Square (R2) atau nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,330 ini menunjukan persentase hubungan variabel (X) Sertifikasi Pendidik dengan variabel (Y) Profesionalisme Tenaga Pendidik 33%. Hal ini menunjukan hubungan yang diberikan variabel Sertifikasi Pendidik Cukup Tinggi, sedangkan sisanya 67% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.</p> Kasmin Anhar, Nifasri, Shibghatulloh M Ridho Copyright (c) 2023 Kasmin Anhar, Nifasri, Shibghatulloh M Ridho https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1271 Sat, 02 Dec 2023 00:00:00 +0000 Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kinerja Tenaga Perpustakaan di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng Jombang https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1244 <p>Penelitian ini fokus pada peran Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam meningkatkan kinerja tenaga perpustakaan di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana Manajemen SDM berkontribusi dalam meningkatkan kinerja tenaga perpustakaan, dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas Manajemen SDM di Madrasah tersebut. Manajemen SDM memainkan peran penting dalam mencapai tujuan perpustakaan dengan cara mengelola, mengembangkan, merekrut, memilih, memberikan kompensasi, dan menilai kinerja tenaga kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah ini memusatkan perhatian pada menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kemampuan untuk bekerja sama secara efektif, sejalan dengan visi dan misi organisasi. Hal ini mendukung kesuksesan tujuan dan program-program perpustakaan, termasuk meningkatkan kinerja tenaga perpustakaan. Pemahaman ini juga membantu dalam menilai pencapaian dan efektivitas para pegawai. Penelitian ini juga menyoroti adanya hubungan strategis antara Manajemen SDM dan peningkatan kinerja dalam mengelola Madrasah. Kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh pimpinan dan karyawan dalam mengelola dan mengembangkan perpustakaan diarahkan untuk kepentingan Madrasah secara keseluruhan. Diharapkan bahwa pimpinan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk menerapkan kemampuan tersebut.</p> Rizah Aminah, Abdullah Aminuddin Aziz Copyright (c) 2023 Rizah Aminah, Abdullah Aminuddin Aziz https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1244 Sat, 02 Dec 2023 00:00:00 +0000 Penggunaan Sistem Daring dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belaja Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 1 Prambon Tahun Pelajaran 2020/ 2021 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1306 <p>Motivasi siswa pada mata pelajara PAI pada materi meraih sukses dengan sikap Optimis, Ikhtiar dan Tawakkal di SMP Negeri 1 Prambon secara umum masih rendah, ditambah lagi situasi Pandemi Covid-19, pembelajaran yang tidak bisa memberikan pengawasan langsung pada siswa karena sistem daring sehingga menyebabkan prestasi belajar PAI yang dicapai oleh siswa belum sesuai dengan harapan. Peran guru sangat menentukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk itu, dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya mata pelajaran PAI , guru PAI dituntut lebih kreatif untuk melakukan inovasi dalam melakukan proses pembelajaran sistem daring, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. <strong>&nbsp;</strong>Sistem Daring merupakan sistem pembelajarn dengan menggunakan jaringan dimana siswa dan guru tidak dalam 1 ruang yang sama dalam kegiatan pembelajarn. Dengan sistem tersebut maka diperlukan komitmen yang kuat baik dari guru, siswa dan orang tua sebagai pengawas langsung pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Juga tidak lupa ketersedian alat komunikasi yang memadai dan kuota internet yang mencukupi sangat membantu kelancaran pelaksanaan pembelajaran dengan sistem daring tersebut. Apabila salah satu dari komponen tersebut ada kendala maka pembelajaran dengan sistem daring juga akan mengalami persoalan, misalnya tidak tersedianya kuota internet yang cukup untuk mengakses materi yang disampaikan guru menjadikan siswa tidak bisa melangkah lanjutan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini , dari siklus 1 dan 2 mengalami kenaikan yang signifikan. Pada siklus 1 Ketuntasan belajar siswa 62,5 % di bawah kriteria keberhasilan&nbsp;&nbsp; 75 %. Motivasi belajar siswa 71,2 % dan keterlibatan siswa 67 % di bawah kriteri keberhasilan 75 %. Pada siklus 2, Ketuntasan belajar siswa 93,75 % % di atas kriteria keberhasilan 75 %. Motivasi belajar siswa 87,25 % dan keterlibatan siswa 78 % di atas kriteria keberhasilan 75 %. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem Daring dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Disarankan kepada guru PAI untuk menggunakan Sistem daring yag lebih kreatif dan inovatif modelnya demi peningkatan prestasi belajar siswa.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> Munir Copyright (c) 2023 Munir https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1306 Sat, 02 Dec 2023 00:00:00 +0000 Sudut Pandang Pendidikan Islam Terhadap Desa Kayukebek Sebagai Desa Moderasi Beragama https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1520 <p>Penelitian ini membahas peran penting moderasi beragama yang dilihat melalui prospektif pendidikan agama Islam. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dengan sumber data kajian kepustakaan. Adapun teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa moderasi beragama mengacu pada pendekatan seimbang dalam pemahaman dan praktik ajaran agama, dengan tujuan toleransi, harmoni, dan keragaman masyarakat.Pendidikan agama Islam yang moderat mencakup pembelajaran nilai inklusif, penekanan pada nilai universal, dialog antar agama, dan penghargaan terhadap keberagaman untuk mencegah ekstremisme, mengajarkan nilai kemanusiaan, dan membantu pelajar beradaptasi dengan perubahan zaman tanpa mengorbankan prinsip agama dengan pendidik dan lembaga pendidikan yang mempromosikan sikap moderat. Sehingga ajaran agama sebagai sumber kedamaian dan persatuan masyarakat dapat menciptakan pemahaman tentang makna agama yang menghargai perbedaan.. Hal ini dibuktikan studi kasus di Desa kayukebek dengan harmoni beragama dan kerukunan di Indonesia yang dapat menjadi teladan dan inspirasi bagi masyarakat lain.</p> Hufron Copyright (c) 2023 Hufron https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1520 Sat, 02 Dec 2023 00:00:00 +0000 Analisis Latar Belakang dan Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Islam https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1048 <p>Kemerosotan mutu Pendidikan semakin lama semakin terasa dan mulai menjadi topik yang banyak diperbincangkan akademis. Para Pendidik membutuhkan bantuan untuk memahami tujuan pendidikan, tujuan kurikuler, dan tujuan instruksional operasional (tujuan perilaku). Supervisi merupakan usaha memberi pelayanan agar guru menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugas melayani peserta didik Kebutuhan supervisi saat ini didasarkan pada pola perlakuan yang kurang tepat terhadap guru, sehingga kita harus mengerti sejarah awal supervisi dan signifikansinya dalam pendidikan harus dipahami terlebih dahulu untuk meningkatkan proses KBM dan meningkatkan hasil belajar di masa depan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa latar belakang dan konsep dasar supervisi pengembangan mutu pendidikan islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kepustakaan, Pengumpulan data untuk artikel ini dilakukan dengan mencari atau meneliti beberapa buku, jurnal dan dokumen baik dalam format cetak maupun elektronik, serta informasi atau sumber data lain yang relevan dengan kajian atau penelitian. Hasil dalam penelitian adalah Pengetahuan tentang latar belakang serta konsep dasar dalam pelaksanaan supervisi dan signifikansinya dalam pendidikan.</p> Ahmad Mubarok Copyright (c) 2023 Ahmad Mubarok https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1048 Sun, 03 Dec 2023 00:00:00 +0000 Evaluasi Kebijakan terhadap Inconsequent Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1592 <p>Evaluasi kebijakan supervisi pendidikan bertujuan melihat sejauh mana keberhasilan dari peran kompetensi supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah, karena mutu pembelajaran bisa ditingkatkan apabila kepala madrasah mampu menjalankan kegiatan supervisi dengan baik, penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologik karena ingin melihat bagaimana sesungguhnya apakah kepala madrasah sudah menerapkan kompetensi supervisi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kegiatan supervisi dengan hasil Kualitas Supervisi yang sudah berjalan masih belum maksimal dimana evaluasi menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan belum mencapai standar kualitas yang diharapkan, faktor utama adalah minimnya kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah dan belum memilki kapasitas yang memadai sebagai supervisor, sehingga dalam meningkatkan mutu pembelajaran kegiatan supervisi menjadi hal yang harus dilakukan untuk mengukur ketercapaian tujuan pendidikan.</p> Khoirul Anwar Copyright (c) 2023 Khoirul Anwar https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1592 Sat, 02 Dec 2023 00:00:00 +0000