Efek Pelayanan Prima dan Tingkat Keuntungan pada Sikap Anggota Memilih Pembiayaan di Koperasi Syariah Di Kabupaten Malang

Authors

  • Muhammad Majduddin Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Munirul Abidin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Anas Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik

Keywords:

Pelayanan prima, Tingkat Keuntungan, Sikap Anggota

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui efek pelayanan prima dan tingkat keuntungan pada sikap anggota memilih pembiayaan di koperasi syariah secara parsial dan simultan. Metode dalam riset ini adalah kuantitatif, jenis riset asosiatif berbentuk kausal. Populasi dalam riset ini yaitu seluruh anggota koperasi syariah yang mengambil pembiayaan pada tahun 2022. Teknik pengambilan sampelnya adalah Sampling Aksidental berjumlah 98 anggota. Hasil test t membuktikan variabel pelayanan prima mempunyai t hitung senilai 3,088 lebih tinggi dari t tabel yaitu 1,985 (3,320 > 1,985) dengan substansialsi senilai 0,001. Nilai Standardized Coefficients variabel X1 senilai 0,379 atau 37,9% bermakna variabel pelayanan prima memberi efek positif substansial pada sikap anggota memilih pembiayaan senilai 37,9%. Sedangkan variabel tingkat keuntungan mempunyai t hitung senilai 4,156 lebih tinggi dari t tabel yaitu 1,985 (4,156 > 1,985) dengan keakuratan senilai 0,000. Nilai Standardized Coefficients variabel X2 senilai 0,475 atau 47,5% bermakna variabel tingkat keuntungan memberi efek positif substansial pada sikap anggota memilih pembiayaan murabahah senilai 47,5%. Nilai hasil Test F senilai 100,339 > 3,09 dan substansialsi 0,00 < 0,05 bermakna pelayanan prima dan tingkat keuntungan secara simultan berefek positif substansial pada sikap anggota memilih pembiayaan di koperasi syariah. Nilai persentase koefisien determinasi (R2) yang diberikan oleh faktor pelayanan prima dan tingkat keuntungan pada sikap anggota memilih pembiayaan murabahah senilai 67,9% sedangkan sisanya 32,1% yaitu variabel lain diluar riset ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri, Rizka Komala. “Efek Tingkat Margun Dan Prosedur Pembiayaan Pada Sikap Nasabah Dalam Pengambilan Pembiayaan Murabahah” 63, no. 2 (2018): 1–3.

Camelia, Dina. “Peran Pembiayaan Murabahah Pada Perkembangan Usaha Dan Kesejahteraan Pelaku Umkm Pasar Tradisional.” Jurnal Ekonomi Islam 1, no. 3 (2018): 195–204.

Dr. Ratna Wijayanti Daniar Paramita, S.E., M.M. Metode Riset Kuantitatif. 3rd ed., 2021.

Febriasari, Puty P, Adi Mursalin Ery Niswan, Ricola Dewi Rawa, Dami Dina Octaviani, Margareta Mery Aisyah, Makdalina Ery Niswan, Semmy Faldo Melya Yosita, et al. “Jurnal Equilibrium Manajemen Online ISSN: 2460-2299.” Jurnal Equilibrium Manajemen Online ISSN: 2460-2299 7, no. 2 (2021): 50–64.

Laksono, Mahendra Dwi, and Sri Mulyani. “Excellent Service: Studi Implementasi Pada Koperasi Syariah.” Idarotuna : Journal of Administrative Science 4, no. 1 (2023): 33–45. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v4i1.42.

Maharani, Dewi. “Ekonomi Islam: Solusi Pada Masalah Sosial-Ekonomi.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 10, no. 1 (2018): 20–34. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1921.

Maulana, Fajar Rezky, Nevi Hasnita, and Evriyenni Evriyenni. “Efek Pengetahuan Produk Dan Word of Mouth Pada Sikap Nasabah Memilih Bank Syariah.” JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance. 2, no. 2 (2020): 124. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8644.

Mauludia, Zahrotul, and Sri Mulyani. “Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang Efek Pelayanan Dan FAasilitas Pada Minat Anggota Untuk Menabung ( Studi Pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syari ’ Ah Jatim ) Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.” Perbankan Syariah 4 (2023): 20–38.

Nanda, Hanif arifi. “Efek Tingkat Keuntungan, Pengatuan Nasabah, Prosedur Pembiayaan Dan Kalitas Pelayanan Pada Sikap Mengambil Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera),” 2020, 1–137.

Prasada, E.A. Figur Hukum Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Sebagai Lembaga Ekonomi Kerakyatan. CV. Pena Persada. Jawa Tengah. Vol. 1, 2019.

Rahma, Yusro. “Faktor-Faktor Yang Memefeki Keuntungan Murabahah Bank Syariah Di Indonesia.” Akuntabilitas 9, no. 1 (2016): 43–54. https://doi.org/10.15408/akt.v9i1.3584.

Sari. “Efek Pengetahuan Dan Motivasi Santri Pada Minat Dalam Memilih Produk-Produk Bank Syariah.” Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2019.

Shandy Utama, Andrew. “Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia.” UNES Law Review 2, no. 3 (2020): 290–98. https://doi.org/10.31933/unesrev.v2i3.121.

Solekha, Yasmin Afnan, Alisa Qotrunnada Murdianah, Nofia Sri Lestari, and Rinda Asytuti. “Baitul Maal Wa Tamwil Sebagai Lembaga Keuangan Mikro Syariah Pemberdaya Ekonomi Umat (Konsep Dan Teori).” Velocity: Journal of Sharia Finance and Banking 1, no. 1 (2021): 44–58. https://doi.org/10.28918/velocity.v1i1.3647.

Sumanti, Susi, Nety Hermawati, and Selvia Nuriasari. “Efek Keuntungan Dan Lokasi Pada Sikap Melakukan Pembiayaan Murabahah Studi Pada BMT Baskara Asri Sejati Cabang Sekampung” 5, no. 3 (2019): 1–23. https://doi.org/P-ISSN 2460-8211.

Wahyu, A. Rio Makkulau, and Wirani Aisiyah Anwar. “Dewan Pengawasan Syariah Pada Bank Syariah (Tinjauan Undang-Undang Perbankan Syariah).” Al-Azhar Journal of Islamic Economics 2, no. 2 (2020): 82–93. https://doi.org/10.37146/ajie.v2i2.44.

Yusran, Muhammad. “Analisis Faktor Penentu Sikap Nasaabah Dalam Memilih Jasa Bank Syariah Di Kabupaten Mamuju.” POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 3, no. 1 (2021): 45–57. https://doi.org/10.46918/point.v3i1.913.

Zainuddin, Zulkifli. “Analisis Faktor Dalam Pengambilan Sikap Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Perbanakan Syariah (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Ciputat).” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 1, no. 1 (2016): 1–12. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.5.

Downloads

Published

03-12-2023

How to Cite

Muhammad Majduddin, Munirul Abidin, & Muhammad Anas. (2023). Efek Pelayanan Prima dan Tingkat Keuntungan pada Sikap Anggota Memilih Pembiayaan di Koperasi Syariah Di Kabupaten Malang. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 242–256. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/1492