Penilaian Prestasi Kerja Berbasis Akuntansi

Studi Hotel Harris And Convention Malang

Authors

  • Meyla Nur Vita Sari Universitas Gajayana
  • Dyah Sawitri Universitas Gajayana
  • Umi Muawanah Universitas Gajayana

DOI:

https://doi.org/10.51339/iqtis.v5i1.1600

Keywords:

Prestasi kerja, Balance Scorecard, Basis akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membandingkan model penilaian prestasi kerja berbasis akuntansi dengan menggunakan sistem balance scorecard . Data dikumpulkan melalui obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan sistem balance scorecard. Temuan penelitian berdasarkan penerapan balance scorecard pada empat perspektif adalah baik. Perspektif keuangan dengan menunjukkan efisiensi dalam pengelolaan keuangan. Perspektif Pelanggan memberikan dampak positif dengan adanya kepuasan yang diterima selama menginap. Perspektif bisnis internal kinerja karyawan yang semakin baik dengan berpedoman terhadap standart operational procedure dalam proses bekerja dilapangan. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan yang merupakan pemacu dalam loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal Ade. 2010. Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balance Scorecard : Studi kasus pada hotel Panorama Tanjungpinang. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Bagus.2009.Prestasi Kerja : Definisi, Penilaian Prestasi Kerja dan Manfaat Penilaian Prestasi Kerja. Jurnal Sumber Daya Manusia,7.

Barzoki Ali et.al. 2012. The Effect of Employees’ Performance Appraisal Procedure on their Intrinsic Motivation. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Vol. 2,167

Cintron, Rosa. 2017. Performance APrraisal : A Supervision or Leadership Tool. International Journal of Business dan Social Science, 2,17, 29-38.

Danescu. 2013. Comparative Study On Accounting Models Cash And Accrual . Journal annales universitatis apulensis series oeconomica15,2, 424-431.

Daoanis. 2012. PERFORMANCE APPRAISAL SYSTEM: It’s Implication To Employee Performance.International Journal of Economics and Management Sciences,2,3,55-62.

Handoko, Hani T. 2007. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Ivancevich dan Matteson . 2006. Prilaku Manajemen dan Organisasi. Jakarta : Alih bahasa Gina Gania Erlangga.

Januari Cindi et.al. 2015. Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Prestasi Kerja. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),24,,2.

Kaplan, Robert S dan David P Norton. 2002. Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta : Erlangga.

Kolawole. 2013.Appraisal system: A tool for performance in selected organizations in Nigeria. International Journal of Sociology and Anthropology,5,2,249-261.

Kotur.2014. Education And Work-Experience - Influence On The Performance. Iosr Journal of business and management, 16, 5,104-110.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Masganti. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Medan : Perdana Mulya Sarana.

Mensah.2012.Employees’ Perception of Performance Appraisal System: A Case Study. International Journal of Business and Management, 7,2,73.

Meyla Nur and Vita Sari, “PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYTEM SYSTEM DALAM PENENTUAN HARGA POKOK KAMAR PADA GRAHA BIMA INN DI” 3 (2021): 132–45.Mohammed, Elhazzam. 2017. The Impact of Compensation and Rewards on Teachers Motivation. The International Journal of Business & Management, 5, 200 – 207.

Rahardjo, Susilo & Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise

Rivai, Veithzal dan Ahmad Fawzi Mohd Basri. 2009. Performance Appraisal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sawitri, Dyah, et. al. 2016. The Impact Of Job Satisfaction, Organization Commitment, Organization Citizenship Behavior on Employees Performance. The International Journal of Organization Innovation , 9, 29 – 54.

Setyaningrum Farida et.al .2014. Analisis Kinerja Perusahaan Dengan metode Balance Scorecard Pada Kusuma Sahid Prince Hotel Surakarta. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 3, 1.

Soceco. 2011. Pusat Pertumbuhan di Kota Malang: Potensi dan Permasalahan. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 3,1.

Susanti, Siti Hawa. 2014. Studi Tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Bontang. E-Journal Administrasi Negara, 2,4.

Tri Purwanto Andie.2003. Penerapan Balance Scorecard Sebagai indicator Komprehensif Pengelolaan Sumber Daya Alam.

Vitor Dadson. 2014. An Assessment of Performance Appraisal System in Savings and Loans Companies in Ghana: Evidence from Kumasi Metropolis. Journal of The Faculty of Economics and Administrative Sciences, 4, 2,201.

Winarsih.2014. Implementasi Balance Scorecard pada Perusahaan Jasa Perhotelan : Studi Kasus pada PT. Hotel X di Semarang. Jurnal Akuntansi Indonesia, 3, 161-167.

Witjaksono, et. al.2007. Studi Arahan Pengembangan Pariwisata Kota Malang. Spectra Jurnal 10, 20-37.

Yin, Robert K. 2011. Studi Kasus : Desain dan Metode. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Meyla Nur Vita Sari, Dyah Sawitri, & Umi Muawanah. (2023). Penilaian Prestasi Kerja Berbasis Akuntansi: Studi Hotel Harris And Convention Malang. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 141–156. https://doi.org/10.51339/iqtis.v5i1.1600