Pengaruh Etos Kerja dan Motivasi Terhadap Pendapatan Pedagang Perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang

Authors

  • Miranda UIN Raden Fatah Palembang
  • Lemiyana UIN Raden Fatah Palembang
  • Citra Pertiwi UIN Raden Fatah Palembang

Keywords:

Etos kerja, Motivasi dan Pendapatan

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh etos kerja dan motivasi terhadap pendapatan pedagang perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang. Metode Penelitian yang digunakan adalah  kuantitatif, dengan populasi sebanyak 50 Responden dan sampel di ambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Responden merupakan pedagang perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan berbagai uji, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda serta pengujian hipotesis seperti uji koefisien determinasi (R2), Uji T dan Uji F. Menurut hasil penelitian dari uji koefisien determinasi (R2) bahwa persentase pengaruh etos kerja dan motivasi terhadap pendapatan pedagang perempuan sebesar 69,7%, sisanya 30,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Uji T menunjukkan bahwa etos kerja dan motivasi berpengaruh secara parsial  positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang dan motivasi berpengaruh secara parsial  positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang. Selain itu, hasil uji F menunjukkan bahwa etos kerja dan motivasi berpengaruh secara bersama-sama/simultan positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan etos kerja dan motivasi pedagang perempuan agar dapat meningkatkan pendapatan mereka.Etos kerja dan motivasi dapat diinterpretasikan sebagai sikap dan semangat yang dimiliki seseorang atau kelompok terhadap pekerjaan, yang dipengaruhi oleh berbagai kebiasaan, serta sistem nilai yang diyakini.

Kata kunci : Etos kerja, Motivasi dan Pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adri, Jamal, and Aswin La ode. “Peran Ibu Rumah Tangga (Penjual Ikan Bakar) Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Desa Tira Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan” 01, no. 07 (2019): 76–90.

Budi, Iman Setia. “Pengaruh Religiusitas Terhadap Etos Kerja Pedagang Banjar Di Pasar Sudimampir Banjarmasin.” Al-Iqtishadiyah: Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah 5, no. 2 (2020): 102–10.

Heni, Noviarita. “Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Perempuan Muslim Di Provinsi Lampung.” JTMB (Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis) 4, no. 01 (2018).

Kurniawan, Galih Puji, Salsabila Zahra Shalikhah, Hanifah Shofiat, Nuha Nur Azizah, and Mahmud Mochtar. “Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pekerja Perempuan Sebagai Buruh Panen Padi.” Jurnal Tana Mana 2, no. 1 (2021): 46–48.

Nuroniyah, Wardah. “Perempuan Arabia Dalam Lingkaran Perkawinan Era Pra-Islam : Sebuah Kajian Untuk Memahami Posisi Perempuan Dalam Sistem Perkawinan Islam.” Yinyang : Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak 14, no. 2 (2019): 175–200. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.2019.pp.

Wulandari, Pipit. “PENGARUH HARGA JUAL, BIAYA PRODUKSI, DAN ETOS KERJA ISLAM TERHADAP PENDAPATAN PETANI KENTANG DENGAN PRODUKTIVITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Petani Kentang KT Agri Mandiri Kecamatan Getasan).” Al-Amwal 11, no. 2 (2022): 11–23.

Zagoto, Elisabet. “PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP PENDAPATAN USAHA FOTOKOPI DI KECAMATAN TELUKDALAM.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan 6, no. 1 (2023): 66–78.

Downloads

Published

19-06-2024

How to Cite

Miranda, Lemiyana, & Citra Pertiwi. (2024). Pengaruh Etos Kerja dan Motivasi Terhadap Pendapatan Pedagang Perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 11–26. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2043