Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat (Sumatera Utara)

Authors

  • Gracella Rosnah S Hutagalung Hutagalung -
  • Serly Sahfitri Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Ilham Fiqri Universitas Negeri Medan
  • Novia Grace Cristin Limbong Universitas Negeri Medan
  • Olivia Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Rachel S Jovanca Nababan Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pendapatan Perkapita, Pola Konsumsi

Abstract

Pengaruh dari pendapatan terhadap konsumsi terdapat hubungan yang kompleks,hal ini dikarenakan besar kecilnya sebuah pendapatan merupakan salah satu faktor ekonomi yang menentukan tingkat konsumsi nasional. Dan berdasarkan pendapat Winardi (2002), mengemukakan : Pola konsumsi masyarakat ditentukan oleh tingkat pendapatan, semakin tinggi pendapatan masyarakat,maka semakin baik juga pola konsumsi,hal ini dikarenakan masyarakat mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1. Dokumentasi. 2. Tinjauan Pustak. Metode Analisis Data : Analisis Regresi Linear Sederhana Dari persamaan regresi tersebut dapat dijelaskan bahwa nilai konstanta adalah sebesar 118.96 yang merupakan nilai pola konsumsi di Provinsi Sumatera Utara sebelum dipengaruhi oleh pendapatan perkapita.maka tingkat konsumsi di Provinsi Sumatera adalah sebesar 118.96 satuan.Nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0.905 atau apabila dipersentasekan sebesar 90.5 % , yang dimana memiliki arti bahwa pendapatan perkapita mempengaruhi konsumsi di Provinsi Sumatera Utara sebesar 90.5 % dan sisanya 9.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti atau dibahas dalam penelitian ini.Nilai probabilitas rendah yaitu 0.0127 daripada nilai alpha maka pendapatan (X) berpengaruh positif terhadap pengeluaran (Y) . Dan dikarenakan nilai koefesien nya bersifat positif yaitu pengaruhnya signifikan 0.0175 maka berdasarkan hipotesis tersebut terbukti bahwa pendapatan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pola konsumsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Sumatera Utara. https://sumut.bps.go.id/

Hanum, N., & Sarlia, S. (2019). Pengaruh Pendapatan Perkapita TerhadapKonsumsi Di Provinsi Aceh. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(1), 65-73.

Indrianawati, E., & Soesatyo, Y. (2015). Pengaruh tingkat pendapatan dan pengetahuan ekonomi terhadap tingkat konsumsi mahasiswa program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi pendidikan dan kewirausahaan, 3(2), 214-226.

Monalita,Anna.(2020).Pendapatan Nasional Kelas XI.Modul Ekonomi Kelas XI KD 3.1 dan 4.1

Mulyani, N. (2016). PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP POLA KONSUMSI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DESA HARAPAN JAYA KECAMATAN SEMENDAWAI TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ULU (OKU) TIMUR) (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Zarkasi,Lidya dan Ilhamdi.(2021).Pendapatan Perkapita,Suku Bunga,jumlah Penduduk,Zakat dan Pengaruhnya Pada Tingkat Konsumsi Rumah Tangga Di Indonesia.IAIN PontianakPress

Downloads

Published

19-06-2024

How to Cite

Hutagalung, G. R. S. H., Serly Sahfitri, Muhammad Ilham Fiqri, Novia Grace Cristin Limbong, Olivia Sembiring, & Rachel S Jovanca Nababan. (2024). Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat (Sumatera Utara). Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 27–38. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2137