Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tanggung Jawab Kurir Shopee Express Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep)

(Studi Kasus pada Masyarakat Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep)

Authors

  • Ubaidullah Muayyad Institut Ilmu Keislaman Annuqayah
  • Ach. Nuris Shobah Universitas Annuqayah
  • Mohammad Sholahuddin Wahid Universitas Annuqayah

Keywords:

Service Quality, Responsibility, Customer Satisfaction

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada masyarakat yang ada di Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep. Tujuannya adalah untuk menilai bagaimana kualitas pelayanan dan tanggung jawab Kurir Shopee Express mempengaruhi kepuasan pelanggan di Desa Gadu Barat. Dengan menggunakan teknik kuantitatif, penelitian ini melibatkan populasi 150 individu dari masyarakat Gadu Barat yang telah melakukan transaksi dengan Kurir Shopee Express. Non-probability sampling digunakan untuk menentukan populasi. Pengumpulan atas data atas penelitian yaitu dengan menyebar kuesioner menggunakan skala likert, yang semuanya diuji secara ketat untuk memastikan validitas dan reliabilitas. Dalam menganalisis data, metode yang digunakan ialah regresi berganda. Hasil analisis dari pengujian regresi berganda, seperti yang ditunjukkan oleh uji-F, mengungkapkan variabel dependen yaitu kualitas pelayanan dan tanggung jawab secara parsial berdampak pada variabel independen yaitu kepuasan pelanggan. Pernyataan ini didukung oleh nilai F yang dihitung sebesar 157,216 serta tingkat nilai signifikansi 0,000, yang kurang dari 0,05. Setelah memeriksa hasil uji t parsial, menjadi jelas bahwa semua dari variabel independen yang terdiri dari dua variabel yaitu kualitas pelayanan dan tanggung jawab secara signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan. Hal ini dikonfirmasi oleh nilai signifikansi yang dihasilkan dalam uji-T ialah 0,014 untuk variabel kualitas pelayanan dan 0,000 untuk variabel Tanggung jawab, keduanya lebih kecil dari 0,05. Hal itu dapat diartikan bahwa kualitas pelayanan dan tanggung jawab Kurir Shopee Express berdampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumene. Efek kumulatif dari kedua variabel ini berjumlah 67,7%, sedangkan 32,3% sisanya dikaitkan dengan faktor-faktor lainnya yang tidak di angkat dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wijaya, Mario Handi. Nataya Charoonsri Rizani. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Shopee Express Dengan Metode Servqual, Institut Sains dan Teknologi Nasional, Jurnal Presisi, Vol 24 No 1, Januari 2022.

Mahfudz, Brillyan Jaya Sakti. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Ketetapan Waktu Pengiriman dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelangggan (Studi pada J&T Express Kota Semarang), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponoro go, Journal of Management, Vol 7, No 4, Tahun 2018.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa, (Malang: Bayumedia, 2011).

Lovelock, Chistoper. Pemasaran Jasa Manusia Teknologi Dan Strategi, (Jakarta: Erlangga, 2010).

Puta, Athur Yuangga. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Tanggung Jawab Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Bidang pesuransian PT. Jasa Raharja Perwakilan Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Lupyiodi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa Praktik, (Jakarta: Selemba Empat, 2006).

Nasution, Julia Ramadani. Skripsi “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Online Lazada”.

Tshabit, KH. Ahmad Majdi, dkk. Modul Praktikum: Statistical Package For The Social Sciences (SPSS), (INSTIKA: 2020).

https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/16327/kon-kokon

Downloads

Published

22-06-2024

How to Cite

Ubaidullah Muayyad, Ach. Nuris Shobah, & Mohammad Sholahuddin Wahid. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tanggung Jawab Kurir Shopee Express Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep): (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep). Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 84–104. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2363