Transformasi Pola Pembelian Busana Muslim: Peran Media Sosial Milenial

Authors

  • Nikmawati Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Syaparuddin Razak Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone
  • Jumarni Jumarni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

DOI:

https://doi.org/10.51339/iqtis.v6i1.2548

Keywords:

Kepatuhan Syariah, Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku, Busana Muslim dan Muslimah, Generasi Milenial

Abstract

Studi ini mengeksplorasi hubungan antara niat, persepsi kontrol perilaku, dan dampak substansi niat dalam adopsi media sosial. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk melengkapi penelitian yang telah ada dan belum meneliti tentang penyelidikan peran media sosial milenial pola pembelian busana muslim melalui pengembangan teori planned behavior dengan menambahkan variabel kepatuhan syariah. Oleh karena itu studi ini berkontribusi terhadap literatur dengan berfokus pada hubungan antara kepatuhan syariah dengan adopsi media sosial dalam membeli busana muslim dan muslimah melalui mediasi niat dalam pengembangan TPB. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam pengumpulan data penelitian. Jenis  populasi  pada  penelitian ini adalah finite population  karena pada penelitian ini populasi yang digunakan dapat diketahui jumlahnya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik ini merupakan pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Selanjutnya teknik analisis data yakni Mengiterpretasi hasil Uji Validitas dengan kriteria jika nilai faktor loadingnya berada  di atas 0,5 maka dapat dinyatakan valid, Uji Realibilitas dengan kriteria jika nilai composite reliability berada di atas 0,7 maka dapat dinyatakan reliable, Uji SEM dengan kriteria jika nilai pengaruh variabel eksogen (X1 dan X2) dan variabel intevering (Y1) terhadap variabel endogennya (Y2) ≤ 0,05 maka dapat dinyatakan signifikan pengaruhnya. Hasil penelitian ini adalah: (1) Variabel kepatuhan syariah (X1) berpengaruh signifikan terhadap niat (Y1), (2) Variabel sikap (X2) berpengaruh signifikan terhadap adopsi media sosial (Y2), (3) Persepsi variabel kontrol perilaku (X4) berpengaruh signifikan terhadap niat (Y1), (4) Variabel kontrol perilaku (X4) berpengaruh signifikan terhadap adopsi media sosial (Y2), (5) Variabel niat (Y1) berpengaruh signifikan terhadap adopsi media sosial (Y2) Adopsi media sosial (Y2) mempunyai pengaruh yang signifikan, dan (6) kontrol perilaku yang dirasakan (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap adopsi media sosial (Y2) melalui niat (Y1).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian Sutedi. “Kepatuhan Syariah.” Http://Repositori.Unsil.Ac.Id/3118/5/9. Bab Ii.Pdf.

Ajzen, Icek. “Ajzen, I. (1991). The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human Decision Processes, 50(2), 179–211. Doi:10.1016/0749-5978(91)90020-Tthe Theory Of Planned Behavior.” Organizational Behavior And Human Decision Processes 50, No. 2 (1991).

———. “The Theory Of Planned Behavior.” Organizational Behavior And Human Decision Processes 50, No. 2 (1991): 179–211.

———. “The Theory Of Planned Behavior.” Organizational Behavior And Human Decision Processes 50, No. 2 (1991): 179–211.

Amrita, Nyoman Dwika Ayu, I Wayan Gede Supartha, I Gusti Ayu Ketut Giantari, And Ni Wayan Ekawati. Niat Menggunakan E-Money Berlandaskan Tri Kaya Parisudha: Konsep Dan Aplikasi. Cv. Intelektual Manifes Media, 2023.

Ansori, Haerun. “Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Dan Muslimah Di Toko Atikah Collection123 Perumnas Kelurahan Tanjung Karang Permai Kecamatan Sekarbela Kota Mataram.” Uin Mataram, 2019.

Arfiansyah, Moehammad Reza. “Implementasi Perilaku Kerja Berbasis Nilai Budaya Kerja (Nbk) Pada Kementerian Agama Republik Indonesia: Analisis Dengan Pendekatan Modifikasi Theory Of Planned Behavior (Tpb)” (2020).

Bohari, Nuraida Fitriah, Idris Parakkasi, And Andi Syathir Sofyan. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Belanja Busana Muslimah Secara Online Selama Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Caile Kabupaten Bulukumba.” Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 8, No. 1 (2023): 85–96.

Djatnika, Tjetjep, And Arie Indra Gunawan. “Perspektif Adopsi Media Sosial Sebagai Implementasi Teknologi Manajemen Hubungan Pelanggan (Crm) Pada Umkm.” Bhakti Persada Jurnal Aplikasi Ipteks 7, No. 2 (2021): 78–87.

Ekawarna, H. Monograf Intensi (Niat) Berwirausaha Mahasiswa Dan Variabel Yang Mempengaruhinya. Deepublish, 2023.

Fatrisia, Putri, Teuku Isnaini, And Boihaki Boihaki. “Analisis Strategi Digital Marketing Dan Ragam Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Muslimah.” Jurnal Ekobismen 3, No. 2 (2023): 1–11.

Fikri, Kiki Zaenul. “Pengaruh Pengetahuan, Presepsi Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Generasi Milenial Berinvestasi Di Securities” (N.D.).

Haag, Deen. “Butik Pakaian Jadi Sumber Kemudahan Bagi Muslim Belanda.” Last Modified 2018. 29 April 2023.

Harahap, Lenni Khotimah, And M Pd. “Analisis Sem (Structural Equation Modelling) Dengan Smartpls (Partial Least Square).” Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Walisongo Semarang 1, No. 1 (2020).

Hardi, Kurnia. “Adopsi Teknologi Informasi Sebagai Efek Pandemi Terhadap Perilaku Konsumsi Produk Makanan Halal Pada Umkm Berbasis Digital Dengan Pendekatan Kerangka Maslahah.” Jebi (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) 6, No. 1 (2021): 36–63.

Hartatik, Hartatik, Arief Yanto Rukmana, Efitra Efitra, Iqbal Ramadhani Mukhlis, Almasari Aksenta, Luh Putu Rara Ayu Ratnaningrum, And Zefri Efdison. Tren Technopreneurship: Strategi & Inovasi Pengembangan Bisnis Kekinian Dengan Teknologi Digital. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Hasanah, Uswatun, Muhammad Resky, Zahra Rahmatika, Rico Setyo Nugroho, Ais Isti’ana, Beti Susilawati, And Ahmad Asroni. Pengantar Studi Islam. Global Eksekutif Teknologi, 2023.

Kelik Wardiono, S H, And S H Saepul Rochman. Filsafat Hukum: Dialektika Wacana Modernis. Muhammadiyah University Press, 2020.

Khairuddin, Khairudin. “Adat Tabut Dan Konstruksi Tradisi Keagamaan Akulturatif Masyarakat Bengkulu.” Literasi Nusantara, 2023.

Laela, Laela. “Pengaruh Kemasan Ramah Lingkungan, Gaya Hidup, Kepercayaan Hijau Terhadap Sikap Pada Produk Hijau, Niat Beli Yang Baik Dan Perilaku Pembelian Hijau (Masyarakat Kota Makassar.” Universitas Hasanuddin, 2023.

Lumbanraja, Penny Chariti, And Pretty Luci Lumbanraja. “Analisis Variabel Ekonomi Hijau (Green Economy Variable) Terhadap Pendapatan Indonesia (Tahun 2011-2020) Dengan Metode Sem-Pls.” Cendekia Niaga 7, No. 1 (2023): 61–73.

Mahande, Ridwan Daud. Perilaku Penerimaan E-Learning: Konstruksi Model Dan Studi Empiris. Indonesia Emas Group, 2023.

Maileni, Dwi Afni. “Rekonstruksi Perjanjian Baku Yang Berklausula Eksonerasi Pada Peer To Peer Lending Financial Technology Yang Berbasis Nilai Keadilan.” Universitas Islam Sultan Agung, 2023.

Meliani, Aldeana, Ahmad Mulyadi Kosim, And Hilman Hakiem. “Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim Di Marketplace.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 2, No. 3 (2021): 174–186.

Novita, Sari. “Pengaruh Faktor Penerimaan Teknologi, Faktor Sosial, Persepsi Risiko Terhadap Sikap Dan Niat Untuk Membeli (Studi Pada Pengguna Aplikasi Selular Shopee).” Universitas Lampung, 2023.

Nugraha, Krisna, Mts Arief, M B A Mm, Sri Bramantoro Abdinagoro, S E Pantri Heriyati, And M Comm. Peran Incumbent Holding Effects Dalam Praktik Bank Syariah Di Indonesia. Indonesia Emas Group, 2023.

Nursantoso, Fitria Melinda Aulia, And Irwan Maulana. “Determinasi Komunikasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Indonesia (Bsi) Tangerang Raya.” I-Best: Islamic Banking & Economic Law Studies 2, No. 2 (2023): 136–147.

Onibala, Anggreiny A, Yaulie Rindengan, And Arie S M Lumenta. “Analisis Penerapan Model Utaut 2 (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2) Terhadap E-Kinerja Pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara” (2021).

Pratama, Oshid Akbar. “Analisis Penerimaan Teknologi Selama Bekerja Online Menggunakan Hedonicmotivation System Adoption Model (Hmsam).” Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, N.D.

Rahmah Said, Aulia. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Kinerja Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Yogyakarta.” Universitas Islam Indonesia, 2023.

Ramadhanti, Desna. “Pengaruh Sikap Dan Persepsi Halal Terhadap Niat Berkunjung Destinasi Wisata Halal Pada Komunitas Islam Berbasis Theory Of Planned Behavior” (2023).

Roesmawati, Arrum, And Fuad Hasyim. “Pengaruh Theory Of Planned Behavior Dalam Menganalisis Keputusan Membayar Zakat Pada Lazis Jateng Sukoharjo.” Uin Raden Mas Said, 2023.

Rumondang, Astri, Acai Sudirman, And Samsider Sitorus. “Pemasaran Digital Dan Perilaku Konsumen.” Yayasan Kita Menulis, 2020.

Sari, Ni Putu Tya Rumala. “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Iphone Di Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan.” Universitas Mahasaraswati Denpasar, 2023.

Sarstedt, Marko, Joseph F Hair Jr, And Christian M Ringle. “‘Pls-Sem: Indeed A Silver Bullet’–Retrospective Observations And Recent Advances.” Journal Of Marketing Theory And Practice 31, No. 3 (2023): 261–275.

Sayuti, Abdul Malik, And Harmon Chaniago. “Peran Adopsi Teknologi Media Sosial Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Rekayasa Politeknik Negeri Bandung.” Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi 6, No. 3 (2020): 131–142.

Sindhu, Rakyan. “Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Dan Manfaat Aplikasi Berbasis Fintech Pada Layanan Ovo Terhadap Umkm.” Universitas Islam Indonesia, 2023.

Sobaih, Abu Elnasr E, Mohamed Algezawy, And Ibrahim A Elshaer. “Adopting An Extended Theory Of Planned Behaviour To Examine Buying Intention And Behaviour Of Nutrition-Labelled Menu For Healthy Food Choices In Quick Service Restaurants: Does The Culture Of Consumers Really Matter?” International Journal Of Environmental Research And Public Health 20, No. 5 (2023): 4498.

Solling Hamid, Rahmad, And Suhardi M Anwar. “Structural Equation Modeling (Sem) Berbasis Varian.” Pt Inkubator Penulis Indonesia, 2019.

Sulistiyo, Budi, Syahrul Anwar, Dede Kania, And Aziz Faturokhman. “Analisis Konsep Etika, Norma, Dan Hukum Dalam Implementasi Hukum Ekonomi Syariah.” Strata Social And Humanities Studies 1, No. 2 (2023): 193–203.

Sutisna, Nana. “Implementasikan Sistem Informasi Dalam Mendukung Perilaku Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce.” Jurnal Mentari: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi 2, No. 1 (2023): 20–30.

Syam, Asriah. “Pengaruh Konten Sosial Media Dan Sikap Terhadap Perilaku Membeli Produk Asuransi Kesehatan Di Kota Makassar.” Equity: Journal Of Economics, Management And Accounting 17, No. 1 (2022): 14–21.

Tahir, Rusdin, Annisa Fitri Anggraeni, Suyono Thamrin, Maria Lusiana Yulianti, Winda Lestari, Andina Nurul Wahidah, Ainum Jhariah Hidayah, Alvira Pranata, Nopita Sar, And Titi Indahyani. Metodologi Penelitian: Teori, Masalah Dan Kebijakan. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Tiara, Prisca Sabilla. “Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Counterfeits Fashion Products Yang Dimoderasi Oleh Pendapatan Personal.” Universitas Lampung, 2023.

Wada, Fauziah Hamid, Anna Pertiwi, Mara Imbang Satriawan Hasiolan, Sri Lestari, I Gede Iwan Sudipa, Jonherz Stenlly Patalatu, Yoseb Boari, Ferdinan Ferdinan, Jayanti Puspitaningrum, And Erlin Ifadah. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Widiya, Sari. “Pengaruh Nilai Produksi Dan Penyerapan Tenaga Kerja Terhadap Upah Minimum Dalam Perspektif Ekonomi Islam Tahun 2017-2022 (Studi Pada Pt. Budi Starch & Sweetener, Lampung Timur).” Uin Raden Intan Lampung, 2023.

Wiratama, Ronald Ardiistu. “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Sido Agung Group.” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Jakarta, N.D.

Yolanda, Hasri. “Pengaruh Trend Fashion Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Khayla Boutique Di Kota Duri).” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2020.

Zulfian, Dhimas Muhammad. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berdonasi Secara Online Melalui Platform Financial Technology Crowdfunding” (2020).

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Nikmawati, Razak, S., & Jumarni, J. (2024). Transformasi Pola Pembelian Busana Muslim: Peran Media Sosial Milenial. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 105–125. https://doi.org/10.51339/iqtis.v6i1.2548