Analisis Implementasi Marketing Syariah pada Produk Kopontren Al-Amien Prenduan

Authors

  • Sulton Universitas Trunojoyo Madura
  • Dony Burhan Noor Hasan

Keywords:

Marketing Syariah, Kopontren Al-Amien, Bauran Pemasaran

Abstract

Pemasaran syariah adalah sebuah konsep yang berkembang seiring meningkatnya kesadaran konsumen Muslim untuk memilih produk yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Kopontren Al-Amien Prenduan, sebagai salah satu koperasi pondok pesantren yang memproduksi AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) dengan merek Bariklana serta roti dan kue dengan merek Bariklana Bakery yang senantiasa berusaha menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam berbagai aspek operasionalnya, termasuk pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran syariah pada produk roti Bariklana, dengan fokus pada empat elemen bauran pemasaran (4P): produk, harga, tempat, dan promosi. Peneliataina ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari direktur, manajer dan karyawan. Fokus penelitian ini adalah pemasaran dua produk utama Kopontren Al-Amien Prenduan, yaitu Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan merek Bariklana dan produk roti dan kue dengan merek Bariklana Bakery. Penelitian ini diharapkan dapat berdampak positif pada peningkatan penjualan dan citra produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kopontren Al-Amien Prenduan dalam melakukan pemasaran (marketing) sudah berdasarkan prinsip syariah dengan terpenuhinya empat karakteristik marketing syariah yaitu, teistis, etis, realistis dan humanistis. Sedangkan strategi pemasaran AMDK dilakukan melalui pemberdayaan alumni dan wali santri Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan serta dengan sesekali menggunakan tenaga penjualan. Sementara itu, Bariklana Bakery memasarkan produknya melalui media sosial dan promosi dari mulut ke mulut (mouth to mouth) di kalangan warga pondok.

Kata kunci: Marketing Syariah, Kopontren Al-Amien, Bauran Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agriyanto, Retno. “Strategi Pemberdayaan Lembaga Perekonomian Umat: Implementasi Pada Kopontren Di Kota Semarang.” Jurnal Al-Tahrir 12, no. 3 (2012): 137–56.

Amrullah, Yuzakky, and Dahruji. “PENGARUH HARGA, LABEL HALAL DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMENPADAPRODUK BAKSO ACI TAUBAT FOOD.” JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) Vol. 7 No. 2, 2023 PENGARUH 7, no. 2 (2023): 136–42. https://doi.org/10.51881/jak.v20i2.23.

Annisa, Arna Asna. “Kopontren Dan Ekosistem Halal Value Chain.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 5, no. 01 (2019): 1. https://doi.org/10.29040/jiei.v5i01.398.

Arwani, Agus. “Analisis Strategi Pemasaran Pengusaha Batik Kelurahan Banyurip Pekalongan Dengan Pendekatan Marketing Mix Berbasis Syariah.” Li Falah : Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam 4, no. 1 (2019): 42. https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.1345.

Fariyanti, Nurul, and Ahmad Makhtum. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Produk Gadai Emas IB Pada PT.BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah 6 (2024): 2475–90. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i.

Huda, Nurul, Khamim Hudori, Rizal Fahlevi, Dea Mazaya, and Dian Sugiarti. Pemasaran Syariah: Terori & Aplikasi. Kencana, 2017.

Ika Suryono Djunaid. “Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Jasa Penginapan Berbasis Syariah Di Hotel Sofyan Inn Srigunting Bogor. Ika Suryono Djunaid.” Vol.1 (No. 1 ) : No. 1 -No 91 . Th. 2018 1, no. 1 (2018). http://journal.ubm.ac.id/.

Kalimah, Siti, M Sy, and S E Nur Fadilah. Marketing Syariah: Hubungan Antara Agama Dan Ekonomi. LPPM IAI Ibrahimy Genteng Press Editor: Rima Trianingsih M. Pd., Erisy …, 2017.

Khodijah, Siti, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto. “IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN SYARIAH PADA KOSMETIK BERLABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PERSPEKTIF ISLAM.” Juremi: Jurnal Riset Ekonomi 2, no. 6 (2023): 735–44. https://doi.org/10.2307/2589625.

Nisa, Uswatun. “Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Warung Klepon Miroso Wonosari Pagu Kediri).” IAIN Kediri, 2021.

Nurfauzia, Vira, and Khusnul Fikriyah. “Implementasi Strategi Pemsaran Pada Biro Perjalanan Umrah Dalam Perspektif Pemasaran Syariah.” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 3, no. 2 (2020): 82–95. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p82-95.

Rahim, Endang, and Roni Mohamad. “Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah.” MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) 2, no. 1 (2021): 15–26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.234.

Soleha, Siti. Implementasi Marketing Syariah PT. Hiba Mitra Devinda Bengkulu Perspektif Ekonomi Islam, 2017.

Downloads

Published

12-12-2024

How to Cite

Sulton, & Dony Burhan Noor Hasan. (2024). Analisis Implementasi Marketing Syariah pada Produk Kopontren Al-Amien Prenduan. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 159–176. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2984