Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Transaksi dan Fitur Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Penggunaan Bsi Mobile Banking

Authors

  • Susila Andriyati UIN Raden Intan Lampung
  • Nurul Hidayah UIN Raden Intan Lampung
  • Viviannisa Victoria. P UIN Raden Intan Lampung
  • Vina Rismayani

Abstract

Pada saat ini teknologi komunikasi dan informatika telah berkembang pesat. Dalam kondisi ini, Bank Syariah Indonesia berupaya memanfaatkan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan yang cepat dan aman bagi nasabah dalam kegiatan transaksi. Bank Syariah Indonesia juga memperhatikan beberapa aspek yaitu aspek fleksibilitas, efisiensi, dan kesederhanaan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Dengan adanya BSI Mobile Banking, diharapkan nasabah tidak perlu lagi menunggu antrian panjang di bank. BSI Mobile Banking merupakan salah satu fasilitas layanan informasi dari Bank Syariah Indonesia (BSI) yang telah memiliki akses ke rekening tabungan nasabah sehingga dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi secara online melalui smartphone. Berdasarkan pemaparan diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan nasabah pengguna kualitas layanan mobile banking bagi nasabah yang menggunakan mobile banking. Responden dalam penelitian ini berjumlah 86 orang dan teknik analisis data yang digunakan mencakup mencakup uji kualitas data (Validitas, Reliabilitas), uji asumsi klasik (Normalitas, Multikolinearitas dan Heterokedastisitas), analisis korelasi dan determinasi dan regresi linear berganda serta uji hipotesis uji-t (parsial) dan uji-F (simultan) dengan α = 5%. Dengan hasil uji-t berpengaruh negatif dan uji-f berpengaruh positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

23-12-2022

How to Cite

Susila Andriyati, Nurul Hidayah, Viviannisa Victoria. P, & Vina Rismayani. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Transaksi dan Fitur Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Penggunaan Bsi Mobile Banking. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 139–159. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/704