https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/issue/feedAl-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah2024-08-16T09:07:34+00:00Fatmah kfatmahk01@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal Al-Iqtishod terbit sejak 2019, jurnal ini terbit setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juli dan Desember. Jurnal Al-Iqtishod merupakan jurnal Ekonomi Syariah yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup Ekonomi dan Bisnis Islam.</p>https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2081Peran Perbankan Dalam Meningkatkan Potensi Pasar Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Islam2024-05-01T03:34:47+00:00Arifin averu Arifin averuaveruarifin@gmail.comMalta Anantyasarimaltaana@isimupacitan.ac.id<p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pembangunan nasional yang dilaksanakan bangsa Indonesia merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembangunan yaitu terciptanya kesejahteraan masyarakat sesuai dengan Undang-Undang Dasar dan Pancasila sila ke lima. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran perbankan dalam meningkatkan potensi pasar tradisional ditinjau dari perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti terhadap pelaku pasar gondosari terutama pedagang yang memanfaatkan jasa keuangan perbankan menunjukkan adanya peningkatan hasil atau pendapatan. Dengan bertambahnya modal dari hasil pinjaman perbankan mampu menambah kuantitas barang dagangan dan jenis barang yang diperjualbelikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan perbankan memiliki kontribusi dalam meningkatkan potensi pasar tradisional di pasar Gondosari.</span></span></p>2024-06-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariahhttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2043Pengaruh Etos Kerja dan Motivasi Terhadap Pendapatan Pedagang Perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang2024-05-22T02:19:08+00:00Mirandamiranda19122002@gmail.comLemiyanalemiyana_uin@radenfatah.ac.idCitra Pertiwicitrapertiwi_uin@radenfatah.ac.id<p><strong>Abstrak.</strong> Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh etos kerja dan motivasi terhadap pendapatan pedagang perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan populasi sebanyak 50 Responden dan sampel di ambil dengan menggunakan teknik <em>sampling</em> jenuh. Responden merupakan pedagang perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan berbagai uji, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda serta pengujian hipotesis seperti uji koefisien determinasi (R2), Uji T dan Uji F. Menurut hasil penelitian dari uji koefisien determinasi (R2) bahwa persentase pengaruh etos kerja dan motivasi terhadap pendapatan pedagang perempuan sebesar 69,7%, sisanya 30,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Uji T menunjukkan bahwa etos kerja dan motivasi berpengaruh secara parsial positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang dan motivasi berpengaruh secara parsial positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang. Selain itu, hasil uji F menunjukkan bahwa etos kerja dan motivasi berpengaruh secara bersama-sama/simultan positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang perempuan di Pasar Kebun Bunga Kota Palembang. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan etos kerja dan motivasi pedagang perempuan agar dapat meningkatkan pendapatan mereka.Etos kerja dan motivasi dapat diinterpretasikan sebagai sikap dan semangat yang dimiliki seseorang atau kelompok terhadap pekerjaan, yang dipengaruhi oleh berbagai kebiasaan, serta sistem nilai yang diyakini.</p> <p><strong>Kata kunci :</strong> Etos kerja, Motivasi dan Pendapatan</p>2024-06-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariahhttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2137Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat (Sumatera Utara)2024-06-04T12:18:51+00:00Gracella Rosnah S Hutagalung Hutagalungmicasiarmeiriza@gmail.comSerly Sahfitriserlyshfitri@gmail.comMuhammad Ilham Fiqrim.ilhamfiqri123@gmail.comNovia Grace Cristin Limbongsagra1926@gmail.comOlivia Sembiringoliviasembiring80@gmail.comRachel S Jovanca Nababanrnababan500@gmail.com<p>Pengaruh dari pendapatan terhadap konsumsi terdapat hubungan yang kompleks,hal ini dikarenakan besar kecilnya sebuah pendapatan merupakan salah satu faktor ekonomi yang menentukan tingkat konsumsi nasional. Dan berdasarkan pendapat Winardi (2002), mengemukakan : Pola konsumsi masyarakat ditentukan oleh tingkat pendapatan, semakin tinggi pendapatan masyarakat,maka semakin baik juga pola konsumsi,hal ini dikarenakan masyarakat mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1. Dokumentasi. 2. Tinjauan Pustak. Metode Analisis Data : Analisis Regresi Linear Sederhana Dari persamaan regresi tersebut dapat dijelaskan bahwa nilai konstanta adalah sebesar 118.96 yang merupakan nilai pola konsumsi di Provinsi Sumatera Utara sebelum dipengaruhi oleh pendapatan perkapita.maka tingkat konsumsi di Provinsi Sumatera adalah sebesar 118.96 satuan.Nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0.905 atau apabila dipersentasekan sebesar 90.5 % , yang dimana memiliki arti bahwa pendapatan perkapita mempengaruhi konsumsi di Provinsi Sumatera Utara sebesar 90.5 % dan sisanya 9.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti atau dibahas dalam penelitian ini.Nilai probabilitas rendah yaitu 0.0127 daripada nilai alpha maka pendapatan (X) berpengaruh positif terhadap pengeluaran (Y) . Dan dikarenakan nilai koefesien nya bersifat positif yaitu pengaruhnya signifikan 0.0175 maka berdasarkan hipotesis tersebut terbukti bahwa pendapatan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pola konsumsi.</p>2024-06-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariahhttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2305Determinasi Jumlah Penduduk dan Upah Minimum Terhadap Tingkat Pengangguran Di Kabupaten Tulungagung2024-06-07T12:53:38+00:00Alma Winda Dayantialmawinda2001@gmail.comNafik Umurul Hadinafikumurulhadi@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah penduduk dan upah minimum terhadap tingkat pengangguran di Kabupaten Tulungagung pada periode tahun 2010-2022. Penelitian ini berjenis Kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif, adapun analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 18. Dari hasil penelitian diperoleh hasil uji t yang menyatakan bahwa Jumlah Penduduk (X1) berdasarkan nilai t<sub>hitung</sub> > t<sub>tabel</sub> atau 2,879 > 2,266, sehingga dapat disimpulkan secara parsial variabel jumlah penduduk berpengaruh terhadap tingkat pengangguran. Sedangkan Upah Minimum(X2) berdasarkan nilai t<sub>hitung</sub> < t<sub>tabel</sub> atau -0,991 < 2,226, sehingga dapat disimpulkan variabel upah minimum tidak berpengaruh terhadap tingkat pengangguran. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan nilai F<sub>hitung</sub> > F<sub>tabel</sub> atau 9,636 > 4,10 sehingga dapat disimpulkan secara simultan terdapat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan uji R<sup>2</sup> menunjukkan 0,590 atau dapat dikatakan variabel independen menyumbang pengaruh sebesar 59% terhadap variabel dependen, sedangkan 41% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.</p>2024-06-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariahhttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/1909Brand Awareness Dalam Upaya Meleverage Islamic Branding dan Celebrity Endorser2024-05-01T08:25:32+00:00Afifa Kurnia Wulan Suciafifakurnia00@gmail.comFaqih Nabhanfaqihnabhan@uinsalatiga.ac.id<p>Masalah utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya inkonsistensi hasil-hasil penelitian pengaruh Islamic branding terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pengaruh <em>islamic branding</em> dan <em>celebrity endorser</em> terhadap keputusan pembelian dengan mempertimbangkan <em>brand awareness</em>. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner <em>online</em> yang disebarkan melalui <em>WhatsApp</em> dengan teknik <em>purposive</em> <em>sampling</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan produk Wardah yang berdomisili di kota Salatiga. Sementara untuk mengetahui jumlah sampel, peneliti menggunakan rumus <em>Lemeshow</em>. Dalam melakukan pengolahan dan analisis data, peneliti menggunakan model struktural <em>Partial Least Square</em> (PLS-SEM) Versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>Islamic</em> <em>Branding</em> berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, <em>Celebrity</em> <em>Endorser</em> berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, <em>Brand Awareness </em>tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan <em>Brand</em> <em>Awareness</em> tidak berpengaruh secara signifikan dalam mengintervening <em>I</em><em>slamic</em> <em>Branding</em> dan <em>Celebrity Endorser </em>terhadap Keputusan Pembelian.</p>2024-06-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariahhttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2188Analisis Maqaṣid Al-Shari’ah Terhadap Pemberdayaan Perempuan dalam Home Industry Kopyah Di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik2024-05-21T16:41:26+00:00Maulana Syarifuddin Hidayatsyarifbungah@gmail.comImroatul Azizahimroatul.azizah@gmail.com<p>Peran perempuan cukup besar utamanya bagi ketahanan ekonomi baik secara nasional maupun domestik. Kemandirian perempuan secara ekonomi merupakan sebuah upaya menaikkan derajat dan harga dirinya demi menyelamatkan perempuan dari kemiskinan, ketertindasan, juga keterbelakangan. Penelitian ini berjudul “Analisis <em>Maqaṣid Al-Shari’ah</em> Terhadap Pemberdayaan Perempuan Dalam <em>Home Industry </em>Kopyah Di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik<strong>”. </strong>Rumusan masalah yang dikaji ialah (a) bagaimana pemberdayaan perempuan dalam <em>home industry</em> kopyah Desa Bungah, dan (b) bagaimana analisis <em>maqaṣid al-shari’ah</em> terhadap pemberdayaan perempuan dalam <em>home industry </em>kopyah Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Tujuannya ialah untuk mengetahui pemberdayaan perempuan dalam <em>home industry </em>kopyah Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik serta untuk mengetahui pandangan dari <em>maqaṣid al-shari’ah-</em>nya. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif peneliti berusaha mengamati fenomena yang terjadi di lapangan menyangkut <em>home industry </em>kopyah terkait upaya pemberdayaan perempuan. Lokasi penelitian ini ialah di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa <em>home industry</em> kopyah di Desa Bungah dalam hal pemberdayaan perempuan dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan dan tahap pendayaan. Tahap penyadaran dilakukan dengan sosialisasi oleh pemilik usaha kopyah kepada para pekerja perempuan di Desa Bungah; tahap pengkapasitasan dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada para pekerja perempuan; dan tahap pendayaan dilakukan dengan memberdayakan perempuan dengan menjadikan sebagai pekerja kopyah dengan tetap dalam pantauan dan pengawasan pengusaha kopyah. Proses pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh <em>home industry</em> kopyah di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik telah memenuhi lima unsur pokok dalam<em> maqaṣid al-shari’ah</em>. Kelima unsur pokok tersebut yakni pemeliharaan agama (<em>ḥifẓ al-dīn</em>), jiwa (<em>ḥifẓ al-nafs</em>), akal (<em>ḥifẓ al-aql</em>), keturunan (<em>ḥifẓ al-nasl</em>), dan harta (<em>ḥifẓ al-māl</em>).</p>2024-06-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariahhttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2363Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tanggung Jawab Kurir Shopee Express Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep)2024-06-15T12:49:33+00:00Ubaidullah Muayyadubaid.asthow91@gmail.comAch. Nuris Shobahnuris.s2002@gmail.comMohammad Sholahuddin Wahidisolpribady@gmail.com<p>Penelitian ini difokuskan pada masyarakat yang ada di Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep. Tujuannya adalah untuk menilai bagaimana kualitas pelayanan dan tanggung jawab Kurir Shopee Express mempengaruhi kepuasan pelanggan di Desa Gadu Barat. Dengan menggunakan teknik kuantitatif, penelitian ini melibatkan populasi 150 individu dari masyarakat Gadu Barat yang telah melakukan transaksi dengan Kurir Shopee Express. Non-probability sampling digunakan untuk menentukan populasi. Pengumpulan atas data atas penelitian yaitu dengan menyebar kuesioner menggunakan skala likert, yang semuanya diuji secara ketat untuk memastikan validitas dan reliabilitas. Dalam menganalisis data, metode yang digunakan ialah regresi berganda. Hasil analisis dari pengujian regresi berganda, seperti yang ditunjukkan oleh uji-F, mengungkapkan variabel dependen yaitu kualitas pelayanan dan tanggung jawab secara parsial berdampak pada variabel independen yaitu kepuasan pelanggan. Pernyataan ini didukung oleh nilai F yang dihitung sebesar 157,216 serta tingkat nilai signifikansi 0,000, yang kurang dari 0,05. Setelah memeriksa hasil uji t parsial, menjadi jelas bahwa semua dari variabel independen yang terdiri dari dua variabel yaitu kualitas pelayanan dan tanggung jawab secara signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan. Hal ini dikonfirmasi oleh nilai signifikansi yang dihasilkan dalam uji-T ialah 0,014 untuk variabel kualitas pelayanan dan 0,000 untuk variabel Tanggung jawab, keduanya lebih kecil dari 0,05. Hal itu dapat diartikan bahwa kualitas pelayanan dan tanggung jawab Kurir Shopee Express berdampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumene. Efek kumulatif dari kedua variabel ini berjumlah 67,7%, sedangkan 32,3% sisanya dikaitkan dengan faktor-faktor lainnya yang tidak di angkat dalam penelitian ini.</p>2024-06-22T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariahhttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2548Transformasi Pola Pembelian Busana Muslim: Peran Media Sosial Milenial2024-06-29T06:24:17+00:00Nikmawatiniikmatakdiir@gmail.comSyaparuddin Razaksafarb135@gmail.comJumarni Jumarnijojo.jumarni@gmail.com<p>Studi ini mengeksplorasi hubungan antara niat, persepsi kontrol perilaku, dan dampak substansi niat dalam adopsi media sosial. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk melengkapi penelitian yang telah ada dan belum meneliti tentang penyelidikan peran media sosial milenial pola pembelian busana muslim melalui pengembangan <em>teori planned behavior</em> dengan menambahkan variabel kepatuhan syariah. Oleh karena itu studi ini berkontribusi terhadap literatur dengan berfokus pada hubungan antara kepatuhan syariah dengan adopsi media sosial dalam membeli busana muslim dan muslimah melalui mediasi niat dalam pengembangan TPB. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam pengumpulan data penelitian. Jenis populasi pada penelitian ini adalah <em>finite population</em> karena pada penelitian ini populasi yang digunakan dapat diketahui jumlahnya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>Simple Random Sampling</em>. Teknik ini merupakan pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Selanjutnya teknik analisis data yakni Mengiterpretasi hasil Uji Validitas dengan kriteria jika nilai faktor loadingnya berada di atas 0,5 maka dapat dinyatakan valid, Uji Realibilitas dengan kriteria jika nilai <em>composite reliability</em> berada di atas 0,7 maka dapat dinyatakan reliable, Uji SEM dengan kriteria jika nilai pengaruh variabel eksogen (X1 dan X2) dan variabel intevering (Y1) terhadap variabel endogennya (Y2) ≤ 0,05 maka dapat dinyatakan signifikan pengaruhnya. Hasil penelitian ini adalah: (1) Variabel kepatuhan syariah (X1) berpengaruh signifikan terhadap niat (Y1), (2) Variabel sikap (X2) berpengaruh signifikan terhadap adopsi media sosial (Y2), (3) Persepsi variabel kontrol perilaku (X4) berpengaruh signifikan terhadap niat (Y1), (4) Variabel kontrol perilaku (X4) berpengaruh signifikan terhadap adopsi media sosial (Y2), (5) Variabel niat (Y1) berpengaruh signifikan terhadap adopsi media sosial (Y2) Adopsi media sosial (Y2) mempunyai pengaruh yang signifikan, dan (6) kontrol perilaku yang dirasakan (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap adopsi media sosial (Y2) melalui niat (Y1).</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariahhttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2240Pengaruh Gaya Hidup, Pengalaman Dan Pendapatan Terhadap Minat Beli pada Platform E-Commerce Shopee (Studi Wali Murid dan Guru SDN 02 Jeru Tumpang)2024-05-30T03:28:59+00:00Meyla Nur Vita Sarimelanur43@hotmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, pengalaman berbelanja, dan pendapatan terhadap minat beli pada platform <em>E-commerce</em> Shopee di kalangan wali murid dan guru SDN 02 Jeru Tumpang. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 86 responden yang dipilih secara acak. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa ketiga variabel independen, yaitu gaya hidup, pengalaman berbelanja, dan pendapatan, memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Pengalaman berbelanja terbukti menjadi faktor yang paling dominan mempengaruhi minat beli, diikuti oleh gaya hidup dan pendapatan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar platform <em>E-commerce</em> seperti Shopee terus meningkatkan kualitas pengalaman berbelanja pengguna, menargetkan gaya hidup modern melalui kampanye pemasaran yang kreatif, dan menyediakan penawaran yang disesuaikan dengan segmen pendapatan yang berbeda. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan minat beli dan memperkuat daya saing di pasar <em>E-commerce</em>.</p>2024-07-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariahhttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/2797Penguatan Kewirausahaan Berbasis Pesantren Menuju Kemandirian Ekonomi2024-08-16T09:07:34+00:00Nuril Hikmahnurillhikmach@gmail.comMuhammad Arif Kurniawanleody1986@gmail.comDwi Harmoyodwiharmoyo@gmail.com<p>Masih banyak pesantren belum memiliki kemandirian dalam ekonomi, sehingga konsep kemandirian pesantren harus terus digalakkan tidak hanya demi kepentingan internal pesantren, tetapi juga demi kepentingan sosial kemasyarakatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penguatan kewirausahaan berbasis pesantren menuju kemandirian ekonomi di Pondok Pesantren Mannallah Bantul Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tiga temuan utama, di antaranya: Pertama, upaya penguatan kewirausahaan berbasis pesantren dilakukan melalui pemanfaatan lahan secara optimal, menciptakan produk yang mampu bersaing di pasar, serta meningkatkan keterampilan dalam berwirausaha. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program kewirausahaan meliputi kepemimpinan dan manajemen yang baik, sumber daya manusia yang memadai, pendidikan kewirausahaan, teknologi dan inovasi, infrastruktur dan fasilitas yang mendukung, kemitraan, monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara rutin. Ketiga, dampak dari penguatan kewirausahaan berbasis pesantren ini adalah peningkatan kemandirian ekonomi santri, pengembangan keterampilan santri, dan peningkatan kesejahteraan santri dan komunitas.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah