Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof <p>Jurnal Al-Isyrof terbit sejak 2019, Jurnal ini diterbitkan setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan Bulan Desember. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam yang menyajikan&nbsp; artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup berbagai hal tentang konseling yang berkaitan dengan dunia pendidikan</p> <div class="SnapLinksContainer" style="margin-left: 0px; margin-top: 0px; display: none;"> <div class="SL_SelectionRect"> <div class="SL_SelectionLabel">&nbsp;</div> </div> <!-- Used for easily cloning the properly namespaced rect --></div> en-US diahningsih7@gmail.com (Diah Retno Ningsih) iaiskjmalang.jurnal@gmail.com (Gatut Setiadi) Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Guru BK Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Berbasis Konseling Individu https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1479 <p>Guru BK sangat diperlukan keberadaannya sebagai penunjang proses pembelajaran dan termasuk penyesuaian diri siswa. Strategi-strategi yang dilakukan oleh guru BK merupakan serangkaian kegiatan yang disusun secara sistematis yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan siswa disekolah. Tindakan guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa perlu diperhitungkan secara masuk akal agar dapat mencapai sasaran-sasaran berdasarkan pilihan-pilihan yang masuk akal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa MTss M’arif Curug berbasis konseling individu.&nbsp; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK MTss Ma’arif Curug. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa guru BK membuat strategi dengan menggunakan layanan konseling individu yang dibarengi dengan memberikan hukuman sesuai dengan perjanjian kontrak, maka keberhasilan strategi dan tindakan yang telah dilaksanakan oleh guru BK dapat memberikan efek jera kepada siswa yang telah melanggar tata tertib sekolah, sehingga siswa yang melanggar tersebut tidak melakukan tindakan kenakalan lagi, salah satunya tindakan bolos sekolah.</p> Ai Durotus Sopiah; Ahmad Fauzi Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1479 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Bimbingan Konseling Perkawinan dalam Memertahankan Keluarga sakinah di Usia Paruh Baya https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1444 <p>Bimbingan konseling perkawinan merupakan layanan bantuan di masyarakat untuk membantu individu atau pasangan suami-istri dalam menyelesaikan problem rumah tangga guna kembali pada tujuan pernikahan. Pernikahan yang langgeng di usia paruh baya merupakan hal yang diimpikan oleh tiap pasangan suami-istri, namun secara fisiologis dan psikologis masa di paruh baya rentan mengalami penurunan, hal ini memicu problematika apabila tidak adanya penyesuaian dan persiapan. Kelanggengan dalam rumah tangga dalam Islam biasa disebut keluarga sakinah. Penelitian ini bertujuan memahami bimbingan konseling perkawinan dalam memertahankan keluarga saki&gt;nah ala Rasulullah Muhammad SAW dan pemikir modern serta memahami konstruksi bimbingan konseling perkawinan dalam memertahankan keluarga saki&gt;nah di usia paruh baya. Dalam penelitian ini, tampilan pengalaman dan wawasan Rasulullah Muhammad SAW dan pemikir Muslim modern ditampilkan sebagai proyeksi data, karena penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research dengan metode pendekatan psikologi dan agama. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kepustakaan, studi dokumentasi, dan editing-organizing. Hasil dari penelitian ini yakni adanya kesesuaian model keluarga sakinah ala Rasulullah Muhammad SAW beserta pemikir modern yaitu Quraish Shihab dan Musthofa Bisri dengan bentuk bimbingan konseling perkawinan secara Islam maupun konvensional. Konstruksi dari penelitian ini ialah adanya relevansi antar bimbingan konseling perkawinan secara Islam dan konvensional. aspek penting yang perlu menjadi prioritas dalam pernikahan yang langgeng ialah kesehatan seksual atau fisik, kesehatan mental, spiritual,dan kondisi hubungan suami-istri.</p> Intifaul Ulya Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1444 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Kode Etik Guru Bimbingan Dan Konseling dalam Bekerjasama dengan Rekan Sejawat https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1549 <p>Guru bimbingan dan konseling harus berpegang pada kode etik profesi sebagai landasan moral dan pegangan dalam berperilaku profesional, tetapi masih banyak konselor atau guru bimbingan dan konseling yang melanggar kode etik profesi saat bekerja sama dengan rekan sejawat. Tujuan dari &nbsp;penelitian ini adalah mengetahui kode etik guru bimbingan dan konseling dalam bekerjasama dengan rekan sejawat. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif, dengan 5 orang guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri Kota Medan yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, pengelompokan data, reduksi data dan verifikasi data. Studi menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling&nbsp; tidak melakukan pelanggaran tanggung jawab dalam bekerjasama dengan rekan sejawat. Cara guru bimbingan dan konseling memperlakukan rekan sejawat adalah dengan saling menghormati, membangun kepercayaan, saling membantu dan tidak membedakan satu dengan yang lain serta bertanggung jawab dalam bekerja sama dengan pihak sekolah.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Nindya Ayu Pristanti, Rina Suryani, Yeni Marito Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1549 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Literasi Digital pada Anak Bersama Keluarga Melalui Pemanfaatan Perpustakaan Dusun https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1434 <p>Kecakapan literasi di era ini merupakan salah satu kecakapan yang harus dikuasi oleh anak-anak sebagai geberasi masa depan. Oleh sebab itu, perlu upaya-upaya peningkatan yang harus dilakukan semua pihak mengingat banyak media digital yang memuat konten negatif di dunia sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan literasi digital anak bersama keluarga dengan memanfaatkan perpustakaan dusun Sari Asri. Dalam pelaksanaan proyek, kegiatan literasi dapat dikatakan berjalan baik dan sesuai target, anak-anak antusias membaca buku cerita dan membuat <em>story telling</em> melalui pendampingan keluarga. Tentu perlu evaluasi dan kerjasama secara rutin dengan para mitra terutama karangtaruna untuk keberlanjutan program di masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, data-data yang didapatkan menggunakan metode pengamatan, dokumentasi, wawancara. Untuk tindak lanjut program, maka tim pelaksana membuka donasi untuk semua pihak, menjalin kerjasama dengan guru KB Bougenvile dan menganalisis solusi analisis tantangan program.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Literacy skills in this era are one of the skills that must be mastered by children as future generations. Therefore, increasing efforts must be made by all parties considering that many digital media contain negative content in the social world. This research aims to improve the digital literacy skills of children and their families by utilizing the Sari Asri hamlet library. In implementing the project, literacy activities can be said to be going well and according to target, the children are enthusiastic about reading story books and creating story telling through family assistance. Of course, there is a need for regular evaluation and collaboration with partners, especially youth organizations, for the sustainability of the program in the future. This research is descriptive research, the data was obtained using observation, documentation and interview methods. To follow up the program, the implementing team opened donations to all parties, collaborated with teacher of Bougenvile grup study and analyzed solutions to program challenges.</em></p> <p>&nbsp;</p> Reza Aprilia Resterina, Rifky Ericko Saputra, Rindra Risdiantoro Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1434 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Psikologi Manajemen dalam Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif di Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1531 <p>Tujuan penelitian ini yaitu bagaimana implementasi psikologi manajemen dalam membangun lingkungan kerja yang kondusif di Instiut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai. Sejauh mana perubahan yang sudah dirasakan oleh para dosen dan staff terhadap implementasi psikologi manajemen yang sudah dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengmpulkan data melalui wawancara dan observasi lapangan. Informan dalam pengambilan data melalui wawancara yaitu Rektor, Dosen, dan Ka. Staff kampus. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sejak awal kepemimpinan tahun 2020, implementasi psikologi manajemen yang digunakan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif telah mengalami peningkatan. Berdasarkan temuan dari wawancara yang berbeda, informan menyampaikan praktik kepemimpinan yang baik. Sebagai pemimpin kampus, rektor memiliki kemampuan untuk mengelola cara berkomunikasi dan berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan semua orang, termasuk dosen dan karyawan. Ini adalah contoh kualitas kepemimpinan yang baik. Penilaian kerja yang objektif, jenjang karir yang jelas, kompensasi yang diberikan sesuai dengan prestasi, program pengembangan kualitas, dan penilaian kerja yang adil memastikan pemenuhan kebutuhan dan harapan tersebut. Program kampus dilaksanakan menggunakan pendekatan manajemen psikologi dan berhasil mengubah kampus menjadi Institut pada tahun 2023. Selain itu, baik dosen dan staff telah mengakui bahwa lingkungan kerja yang kondusif telah tercipta. Rektor tidak dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif jika mereka tidak memiliki kepercayaan dan loyalitas. Kepercayaan hanya akan diperoleh ketika pemimpin menunjukkan kepedulian terhadap setiap anggota tim dan bersedia menerima kritikan, saran, dan masukan dari orang lain.</p> San Putra, Wildansyah Lubis Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1531 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pengembangan Konseling Sebaya Berbasis Kepesantrenan untuk Meningkatkan Self Disclosure Mahasiswa Bki Stai Attanwir Bojonegoro https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1452 <p><em>Self disclosure</em> merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu interaksi dengan orang lain khususnya mahasiswa, dimana mahasiswa memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan <em>self disclosure</em> mahasiswa adalah dengan dilakukannya konseling sebaya, sebab masa perkembangan sosial pada masa remaja, umumnya lebih banyak melibatkan kelompok sebayanya dibanding dengan orang tuanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan model layanan konseling sebaya berbasis kepesantrenan guna meningkatkan <em>self disclosure</em> bagi mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan langkah <em>analysis, design, development, implementation, dan evaluation</em>. Hasli uji validitas ahli dianalisis menggunakan prosentase, sedangkan uji keefektifan dianalisis menggunakan <em>mann whitney U test</em> dibantu IBM SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul konseling sebaya berbasis kepesantrenan untuk meningkatkan <em>self disclosure</em> mahasiswa dinyatakan sangat layak, hal ini diketahui berdasarkan prosentase penilaian tiga ahli sebesar 83% sebelum revisi, dan setelah direvisi terjadi kenaikkan hasil prosentase sebesar 100%. Nilai U yang diperoleh pada tabel sebesar 11,5 dan nilai W sejumlah 66,5, apabila nilai tersebut dikonversikan ke nilai Z maka hasil yang didapat adalah -2,924. Nilai sig atau P value sebesar 0,002 &lt; 0,05. Apabila nilai P value lebih rendang dari batas kritis 0,05 maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>.</p> <p><strong>Kata kunci :</strong> Konseling Sebaya, Kepesantrenan, <em>Self Disclosure</em>.</p> Evi Maslukhah, Indah Fajrotuz Zahro Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1452 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room untuk Meningkatkan Kemampuan Bijak Bermedia Sosial pada Siswa Kelas XI F SMA N 3 Surakarta https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1435 <p>Media sosial dapat diakses oleh siapa saja melalui handphone. Fitur dalam handphone tentunya dapat menarik minat anak-anak dan remaja. Handphone ini sendiri memiliki dampak positif dan dampak negatif. Oleh karena itu, remaja atau siswa SMA harus bijak dalam memanfaatkan media sosial dengan baik agar dapat terhindar dari dampak buruknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan teknik home room dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan bijak bermedia sosial siswa SMA N 3 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Penelitian yang dilaksanakan bertempat di SMA N 3 Surakarta kelas XI F Tahun ajaran 2023/2024. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner penggunaan media sosial. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil pretest menunjukkan bahwa 8 siswa masuk dalam kategori rendah. Setelah diberikan tindakan pada siklus 1, menunjukkan peningkatan. Hasil dari siklus 1 menunjukan 6 siswa masuk kategori sedang dan 2 masuk kategori rendah. Setelah diberikan tindakan pada siklus 2 terdapat hasil bahwa 8 siswa masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan bijak bermedia sosial siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik home room.</p> Muhammad Oktania Triatmojo, Awik Hidayati, Zafirah Faris Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1435 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Psikolinguistik dalam Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Interaksi Sosial Anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo Kecamatan Jabung https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/0000-0002-2115-0636 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh konsep psikolinguistik bahasa dalam pola asuh orang tua terhadap interaksi sosial anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo Kecamatan Jabung. Psikolingusitik dalam hal ini menjadi aspek penghubung antara bahasa dan pikiran yang menyebabkan munculnya komunikasi antara orang tua dan anak sehingga membentuk pola asuh orang tua yang memiliki peran signifikan dalam perkembangan sosial anak. Penelitian ini berfokus pada pengaruh antara psikolinguistik dalam pola asuh orang tua dan kemampuan anak untuk berinteraksi secara sosial di lingkungan sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diberikan kepada orang tua anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua dengan interaksi sosial anak di TK tersebut. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada pola asuh otoriter memperoleh nilai sig. sebesar 0,00 &lt; 0,05 artinya adanya pengaruh yang signifikan pada pola asuh otoriter terhadap interaksi sosial anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo dengan kata lain H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Pola asuh demokrasi memperoleh nilai sig. 0,065 &gt; 0,05 artinya tidak ada pengaruh pola asuh demokrasi terhadap interaksi sosial anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo Kecamatan Jabung dinyatakan H<sub>0</sub> diterima dan H<sub>1</sub> ditolak. Pola asuh permisif memperoleh nilai sig. 0,00 &lt; 0,05 artinya adanya pengaruh pola asuh permisif terhadap interaksi sosial anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo Kecamatan Jabung dengan kata lain H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima.</p> Gatut Setiadi, Tantri Widyasari Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/0000-0002-2115-0636 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Desain Booklet Ice Breaking untuk Pelaksanaan Layanan Informasi https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1488 <p>Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan booklet ice breaking untuk pelaksanaan layanan informasi dan untuk mengetahui kelayakan booklet ice breaking berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media serta guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau juga dapat disebut Research and Development (R&amp;D), tahapan R&amp;D yang digunakan pada penelitian ini adalah model Borg &amp; Gall yang telah disederhanakan dalam Sutja, dkk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 2 SMA Adhyaksa 1 Jambi untuk uji coba kelayakan ice breaking dan guru BK SMPN 17 Kota Jambi, SMA Adhyaksa 1 Jambi, serta SMAN 4 Kota Jambi untuk uji coba kelayakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa booklet ice breaking layak diproduksi dengan persentase dari ahli materi 83% dan ahli media 79% berada pada kategori “Baik”, sedangkan persentase uji coba ice breaking sebesar 82,5%% dan uji coba produk pada guru BK SLTP persentase sebesar 86% dan pada guru BK SLTA persentase sebesar 92,5% yang sama-sama berada pada kategori “sangat baik”.</p> Eggy Coerla Baseka, Akmal Sutja, Freddi Sarman Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1488 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Peran Dosen Pembimbing Akademik (PA) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1619 <p>Motivasi sebagai pendorong seseorang dalam melakukan sesuatu untuk mncapai tujuan yang diinginkan. Motivasi belajar mahasiswa sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan dalam mencapai tujuan perkuliahan. Permasalahan belajar terutama motivasi belajar pada mahasiswa seringkali terjadi yang mengakibatkan mahasiswa malas, dan tidak bersemangat dalam belajar. Butuh bantuan atau peran pendukung tentunya yang bisa membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Di tingkatan perguruan tinggi tuntutan dan pola belajar juga lebih tinggi tingkatannya atau berbeda dengan di sekolah sebelumnya sehingga akan terjadi gangguan pada mahasiswa baru. Akan tetapi di tingkat perguruan tinggi ada dosen pembimbing akademik yang dapat membantu permasalahan yang dihadapi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran Dosen Pembimbing Akademik dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa IAI Sunan Kalijogo Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk menghasilkan gambaran perilaku subjek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya usaha dosen pembimbing akademik dalam memberikan motivasi belajar mahasiswa sehingga mahasiswa dapat belajar lebih giat dan bersemangat serta aktif dalam proses perkuliahan.</p> Diah Retno Ningsih, Fayrus Abadi Slamet Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1619 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000