Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol <p>Jurnal Al-Ittishol pertama kali terbit pada tahun 2020, selanjutnya jurnal ini secara berkala akan terbit setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juli dan Januari. Al-Ittishol merupakan jurnal tentang Komunikasi dan Penyiaran Islam, maka itu jurnal ini menyajikan berbagai artikel tentang hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang berkaitan dengan komunikasi dan penyiaran islam.</p> <p>&nbsp;</p> en-US gatutxxx@gmail.com (Gatut Setiadi) zizinurhikmah4@gmail.com (Zizi Nurhikmah, M.Pd.) Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Komunikasi Interpersonal Dalam Persfektif Al-Qur’an https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/824 <p>Komunikasi merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia karena melalui proses komunikasi individu dapat menyampaikan kepada orang lain apa yang dipikirkan, diinginkan dan dirasakannya. Begitu pentingnya komunikasi dalam kehidupan manusia. Al-Quran sebagai pedoman membimbing umat manusia tidak hanya dalam bidang ibadah tetapi juga dalam bidang muamalah. Muamalah merupakan salah satu bentuk komunikasi. Al-Quran mengatur cara umat Islam harus berinteraksi ketika dihadapkan pada situasi dan komunikan yang berbeda. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat kepustakaan (library research). Data pustaka yang berkaitan dengan penelitian baik data yang berkaitan dengan variable terikat maupun bebas dikumpulkan, dicatat, dibaca serta diolah. Seperti rangkaian ayat yang mencakup berbagai bentuk komunikasi, misalnya komunikasi antara orang tua dengan anak, komunikasi antara saudara, dan komunikasi suami dan istri serta komunikasi dengan orang asing. Ayat Al-Qur’an tersebut menjelaskan cara berkomunikasi yang baik dan disertai gambaran komunikasi yang tidak etis yang menggambarkan dua prototipe yang akan selalu hadir dalam kehidupan sehari-hari, dimanapun dan kapanpun bisa menjadi rahmat/pelajaran bagi manusia.</p> Yuli Andriani Copyright (c) 2023 Yuli Andriani https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/824 Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0000 Strategi Public Relations Majalah Suara Muhammadiyah Dalam Mempertahankan Eksistensi Korporasi https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/773 <p>Majalah Suara Muhammadiyah merupakan salah satu media massa yang memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi dan pendidikan bagi masyarakat. Untuk mempertahankan eksistensi korporasinya sebagai majalah tertua di Indonesia, majalah tersebut harus menerapkan strategi public relations yang tepat. Strategi PR yang diterapkan oleh majalah Suara Muhammadiyah meliputi, membangun hubungan yang baik dengan pembaca dan komunitas yang relevan, menyediakan konten yang bermanfaat dan menarik, mempromosikan majalah dan meningkatkan brand awareness, serta menjaga reputasi majalah dengan selalu berpegang pada etikajurnalistik dan profesionalisme. Selain itu, majalah tersebut juga harusmenjaga komunikasi yang baik dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) penting dan bekerjasama dengan pihak lain dalam memberikan konten yang berkualitas dan menarik.</p> Hanim Rosyidah, Nadia, Kholifah Fauziyah Copyright (c) 2023 Hanim Rosyidah, Nadia, Kholifah https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/773 Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0000 Retorika Dakwah Husain Basyaiban dalam Pemanfaatan Media Sosial Tiktok https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/993 <p>Dimulai dengan ilmu tekhnologi yang semakin pesat dalam menciptakan beberapa fitur canggih yang menawarkan kemudahan. Beberapa aktivitas manusia bisa dipersingkat seperkian detik pada era digitalisasi kali ini. Begitu pula dengan aktivitas dakwah Islam, islam sebagai agama<em> Rahmatan Lil Alamin</em> tentu harus memiliki sifat fleksibel serta berimplikasi inklufisitas dalam menghadapi dinamika globalisasi. Beberapa media baru diciptakan baik membawa dampak positif maupun negatif ditelan secara gegabah oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah aplikasi Tiktok. Tiktok sebagai platform media baru berisi hiburan, edukasi serta informasi mulai menciptakan banyak dampak buruk bagi generasi millenial yang mudah tersulut keseragaman modernisasi. Namun Husain Basyaiban sebagai salah satu da’i generasi millenial mulai menciptakan definisi baru terhadap makna aplikasi tersebut. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan kajian content analysis, penelitian ini difokuskan bagaimana Husain Basyaiban sebagai da’i muda menerapkan retorika dakwah sebagai point utama dalam menyampaikan pesan dakwahnya dalam medis sosial Tiktok, serta bagaimana Husain Basyaiban mengatur strategi dakwahnya dalam media sosial Tiktok. Penelitian ini menggunakan teori retorika oleh Aristoteles dengan hasil penelitian bahwa bahwa retorika dakwah Husain Basyaiban dalam seluruh konten video dakwah yang diproduksinya dalam media tiktok menjadi salah satu stimulus terbesar dalam membentuk karakter perilaku manusia sesuai ajaran islam melalui media sosial.</p> Unsiyatul Uyun Copyright (c) 2023 Unsiyatul Uyun https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/993 Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0000 Analisis Digital Marketing Live Tiktok Shop @Tantelalapunyacerita Sebagai New Media Promotion di Era Disrupsi Menggunakanpendekatan Model Aida https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1039 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relasi Digital Marketing di akun TikTok @tantelalapunyacerita dengan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Maraknya minat masyarakat yang serba efektif membuat banyak platform hiburan bermultifungsi menjadi sarana bisnis jual-beli. Salah satunya media TikTok yang awal pertama kali muncul menjadi media sosial hiburan kini juga berkembang sebagai e-comerce. Penelitian ini menjadi menarik untuk mengungkap bagaima stategic promotion baru yang digunakan oleh akun @tantelalapunyacerita dalam relasi etika dan estetika promosi Komunikasi. Subjek penelitian ini adalah teks, gambar dan komentar warganet dalam akun TikTok @tantelalpunyacerita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada analisis digital marketing yang diterapkan oleh tante lala selaras dengan model AIDA, strategi promosi yang disampaikan oleh pada akun TikTok yang diteliti banyak mengundang perhatian dan peminat, ditampilkan dari hasil komentar viewers yang tergabung. Meski jarang ditemui dan tidak menggunakan strategi pada umumnya yang digunakan, tetapi akun @tantelalapunyacerita berhasil menarik perhatian, dan kini semakin banyak yang mengikuti jejak strategi promosi dari tante Lala.</p> Riska Amelia, Nurma Yuwita Copyright (c) 2023 Riska Amelia, Nurma Yuwita https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1039 Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0000 Pendidikan Etika Bermedia Sosial Dalam Perspektif Islam: Antara Dosa Jariyah Dan Pahala Jariyah https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1041 <p>Artikel ini mengkaji tentang fenomena penggunaan media sosial yang tidak etis seperti menyebarkan informasi palsu, menghina, atau memfitnah orang lain yang dapat menyebabkan dosa yang terus mengalir setelah individu yang melakukan perbuatan tersebut meninggal dunia. Oleh karena itu, individu yang menggunakan media sosial harus memperhatikan etika dan nilai-nilai moral dalam penggunaannya agar tidak menimbulkan dosa jariyah. Disisi lain, penggunaan media sosial yang etis dan bermanfaat dapat memberikan pahala jariyah. Contohnya, jika seseorang menyebarkan informasi yang benar dan bermanfaat, atau memberikan dukungan dan nasihat positif kepada orang lain melalui media sosial, maka perbuatan tersebut dapat memberikan pahala yang terus mengalir (pahala jariyah) setelah individu yang melakukan perbuatan tersebut meninggal dunia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan fenomenologi, dimana penulis akan berusaha untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dan memberikan makna mengenai fenomena yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Selain itu, sumber data dalam penelitian ini berasal dari sumber-sumber seperti buku, jurnal dan bahan-bahan bacaan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana pendidikan etika dalam bermedia sosial perspektif Islam dan implikasinya dengan pahala dan dosa jariyah. Dengan harapan agar penggunaan media sosial di masa mendatang lebih menekankan pada kebermanfaatan dibanding hanya sebatas “viral” semata.</p> Didi Maslan, Mardianto, Muhammad Irwan Padli Nasution Copyright (c) 2023 Didi Maslan, Mardianto, Muhammad Irwan Padli Nasution https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1041 Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0000 Model Komunikasi Bencana Dalam Pemberantasan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1101 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model komunikasi bencana yang terjadi dalam pemberantasan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Marsawa, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi yang telah menimbulkan kerusakan lingkungan pada Bendung Irigasi Batang Teso. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Penentuan informan dilakukan melalui cara <em>purposive, </em>terdiri dari empat pihak terkait yakni; Karang Taruna Tunas Karya, Kepala Desa Marsawa, Camat Sentajo Raya. Pengolahan data penelitian menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan model komunikasi bencana yang dilakukan adalah terbentuknya Gerakan Penyelamatan Lingkungan Bendung Irigasi Batang Teso. Gerakan ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan aksi sosial secara nyata dan maya melalui media sosial dengan taggar <em>#SaveWK </em>dan mengadvokasi pihak-pihak yang dianggap memiliki pengaruh seperti Camat Sentajo Raya, Komandan Rayon Militer, dan Kepala Polisi Sektor. Selanjutnya secara intensif melakukan pendekatan-pendekatan dengan pelaku PETI dengan rembug musyawarah secara kondusif untuk mensterilkan lingkungan dari kegiatan PETI.</p> Relly Anjar Vinata Wisnu Saputra Copyright (c) 2023 Relly Anjar Vinata Wisnu Saputra https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1101 Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMPN 2 Rejang Lebong https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1066 <p>Permasalahan dalam penelitian ini belum tingginya tingkat motivasi belajar siswa yang ditandai dengan belum maksimalnya hasil belajar siswa di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan hasil penelitian terkait bentuk komunikasi antarpribadi yang diberikan guru kepada siswa dalam memotivasi belajar dan apa saja yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif, pada penelitian ini digambarkan sebuah fenomena lapangan melalui pengamatan langsung dan dilakukan wawancara pada subyek yang telah ditentukan. Dan hasil penelitian ini memaparkan bahwa bentuk komunikasi antarpribadi yang diberikan guru dalam meningkatkan motivasi belajar yakni pesan komunikasi verbal dan pesan komunikasi non verbal sedangkan yang dilakukan guru dengan cara menerapkan dengan melakaukan metode bercerita, memutarkan video, menggunakan reward, adanya quis, memberikan bimbingan secara pribadi.</p> Syamsul Rizal Copyright (c) 2023 Syamsul Rizal Syamsul Rizal https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1066 Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0000 Self Concept- Indigenous Local Leadership Dukun Pandita Sebagai Pemangku Adat Suku Tengger Di Desa Tosari Kabupaten Pasuruan https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1227 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri kepemimpinan <em>(Leadership-</em><em>Self Concept) </em>Dukun Pandita sebagai pemangku adat Suku Tengger di Desa Tosari Kabupaten Pasuruan. Konsep diri kepemimpinan Dukun Pandita Suku Tengger menarik untuk diteliti mengingat adat dan tradisi Suku Tengger lahir dari nilai-nilai lokalitas <em>(local wisdom) </em>yang bersumber dari ajaran nenek moyang Suku Tengger dan ajaran agama Hindu Mahayana. Dalam praktiknya, Dukun Pandita mayoritas beragama Hindu namun dalam konsep kepemimpinan Dukun Pandita dalam hal penyelenggaraan upacara adat &amp; budaya Suku tengger, bukan hanya menjadi pemimpin pada masyarakat Suku Tengger yang beragama Hindu saja melinkan ada yang beragama Islam dan Kristen. Untuk melihat <em>Leadership-</em><em>Self Concept</em> tersebut dalam penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik yang dicetuskan oleh Hubert Mead sebagai pisau analisis dengan 3 elemen didalamnya yaitu <em>Mind, Self</em> dan <em>Society</em>. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui pendekatan eksplanatory research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep Mind merujauk pada nilai-nilai yang dijunjung dari ajaran agaman yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti rasa toleransi kepada sesama manusia. Konsep self diri dukun adat memiliki konsep diri siap memandu dan mengayomi tanpa melihat latar belakang keyakinan serta Konsep Society selalu mengedepankan musyawarah.</p> Zainul Ahwan, Khoirul Anwar, Ninuk Riswandari Copyright (c) 2023 Zainul Ahwan Zeen, Khoirul Anwar https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1227 Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0000