Pendampingan Pengelolaan Kurikulum Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam
Keywords:
Madrasah Diniyah, Kurikulum, Pendidikan Islam, PendampinganAbstract
Madrasah Diniyah telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan agama Islam. Dengan pengelolaan kurikulum yang baik, diharapkan Madrasah Diniyah akan selalu menjawab kebutuhan masyarakat, serta memberi dampak signifikan terhadap perkembangan pendidikan islam. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah diniyah melalui pendampingan yang terstruktur dan berkelanjutan, serta memberikan solusi praktis untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan kurikulum di Madrasah Diniyah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif melalui beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi berkelankutan. Program yang berhasil terlaksana dalam kegiatan pendampingan ini yaitu Penyusunan Kalender Pendidikan Madrasah Diniyah, Pengembangan Strategi Pembelajaran dan Kriteria Penilaian, Penentuan Standar Kompetensi Lulusan Madrasah Diniyah, dan Pengoptimalan Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). Hasil dari program pengabdian ini diharapkan mampu meningkatkan efektivitas kurikulum Pendidikan di madrasah diniyah dan pondok pesantren, serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia, terutama Pendidikan Islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Ainiy, Isnainiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.