Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad <p>Jurnal Muhadasah terbit sejak tahun 2019, jurnal ini merupakan jurnal Pendidikan Bahasa Arab yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian bahasa arab. Jurnal Muhadasah selanjutnya akan rutin terbit secara berkala setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan Desember.</p> en-US gatutxxx@gmail.com (Gatut Setiadi) gatutsetiadi@iaisljmalang.ac.id (Gatut Setiadi) Sun, 03 Dec 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Penggunaan Metode Penyedian Kosakata Semantik Cluster Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/973 <p>Pembelajaran kosakata merupakan unsur paling penting dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa MTs Islmiyah Ciputat melalui penyedian kosakata dengan model <em>semantic cluster. </em>Penelitian kuantitatif &nbsp;dengan model <em>true experiment</em>, kelas eksperimen dan kelas kontrol. sampel, peneliti memilih kelas 8 Ibnu al-Rusyd yang berjumlah 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan Ibnu Sina yang berjumlah 28 siswa sebagai&nbsp; kelompok kontrol. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan tes tertulis pretest dan posttest pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Sedangkan dalam pengolahan data, peneliti menggunakan aplikasi <em>SPSS Windows</em>. &nbsp;Nilai signifikan melalui Shapiro-Wilk adalah 0,89 pada post-test kelas eksperimen Sedangkan pada kelas kontrol atau kelas yang tidak memakai Model semantic Cluster menghasilkan nilai signifikan Post-Test-nya adalah 0,050. Karena nilai signifikan lebih besar dari 0,05, maka disimpulkan bahwa datanya tersebar dengan normal. Pada uji homogenitas, nilai <em>Sig. Based on Mean</em> untuk variabel belajar Kosakata bahasa arab adalah sebesar 0,540. Karena nilai Sig. 0,540&nbsp; &gt; 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa varians data hasil belajar kosakata Bahasa Arab pada siswa kelas Experimen dan kelas kontrol adalah homogen.&nbsp; Pada uji Indenpedent Sampel nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,481. Sedangkan alpha penelitian adalah 5% atau 0,05. Artinya, 0,481 &gt; 0,05 dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara penyedian kosakata <em>semantic cluster </em>dengan <em>non semantic cluster. </em>Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kosakata melalui penyediaan kosakata dengan modal <em>Semantik Cluster</em> tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada pembelajaran kosakata bahasa Arab.</p> Yadin La Udin, Maryam Nur Annisa, Munirul Abidin Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/973 Sun, 03 Dec 2023 00:00:00 +0000 Strategi Know Want to Know-Learned dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Peserta Didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1203 <p>Kurangnya keragaman metode pengajaran di MI Al Huda Jatikalang menjadi akar penyebab rendahnya tingkat literasi di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, khususnya dalam maharah qira'ah (kemampuan membaca). Oleh karena itu, peneliti berharap dapat menawarkan solusi dengan mempraktekkan teknik KWL <em>(Know Want to Know-Learned).</em> Model kelas Kurt Lewin diterapkan dalam penelitian ini, yang menggunakan teknik Penelitian Tindakan (PTK) selama dua siklus. Wawancara, observasi, dan tes adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik pengujian data, atau prosedur validitas data. Hasil dari masalah yang diteliti ini menunjukkan adanya 1) Penerapan strategi KWL (<em>Know Want to Know-Learned)</em>. ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 70,90 meningkat menjadi 87,27 2) Peningkatan kemampuan Maharah Qira’ah pada pra siklus mendapat 30% Siklus I mendapat ketuntasan 45% dan siklus II mendapat ketuntasan 80%, dari data tersebut maka strategi KWL <em>Know Want to Know-Learned)</em> dapat meningkatkan Maharah Qira’ah di MI Al Huda Jatikalang.</p> Taufik, Elvita Indah Cahyani, Nayli Okta Dwi Pratiwi, Rara Luthfiyah, Vanny Apriliyanti, Vika Mustaqotul Firdaus Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1203 Sun, 03 Dec 2023 00:00:00 +0000 Desain Dan Analisis Media Pembelajaran Qira’ah https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1040 <p>Dunia semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi yang memberikan kemudahan dalam setiap aspek pekerjaan. Pembaharuan teknologi sering digadang-gadang menjadi sebuah perkembangan yang akan menunjang berbagai bidang hingga pengetahuan sehingga setiap aspek penunjang dipermudah dengan adanya teknologi. Tidak terkecuali dalam bidang Pendidikan yang menerapkan berbagai aspek penunjang dan memberikan kemudahan bagi pengajar dan peserta didik. Pembaharuan pada teknologi dimanfaatkan secara sistematis dalam setiap proses pembelajaran dan memberikan ketertarikan terhadap peserta didik pada materi yang disampaikan oleh pengajar. Bidang keilmuan Bahasa Arab yang focus menunjang kemampuan membaca atau <em>maharah qira’ah</em> salah satunya memberikan media pembelajaran yang mengambil beberapa <em>platform</em> secara gratis diakses pada <em>website default</em> yang ada pada perangkat. Adapun media atau platform yang secara gratis bisa diakses adalah: kahooot, educaplay, quizizz, wordwall, typeform, quizwhizzer, dan factille. Keterampilan membaca atau <em>maharah qira’ah</em> adalah kegiatan yang berhubungan antara verbal dan bahasa. Beberapa tujuan penelitian ini adalah:1) menjelaskan <em>maharah qira’ah</em>, 2) menyebutka serta menjelaskan media yang cocok untuk <em>maharah qira’ah</em>, 3) serta menjelaskan tata cara penggunaan media quizwhizzer secara individu maupun kelompok sebagai media pembelajaran <em>maharah qira’ah</em>. Media yang digunakan adalah quizwhizzer, adapun langkah penelitian berbasis penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan <em>library reseach</em>. Penggunaan sumber data berupa sumber data skunder dan sumber data primer. Sumber data primer berupa aplikasi penunjang media pembelajaran pada maharah qiraah. Sumber sekunder berupa artikel, dan jurnal-jurnal yang bersangkutan dengan penelitian Desain Dan Analisis Media Pembelajaran Qira’ah.</p> Usaila, Abdul Rohman Sudesi, Shofil Fikri Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1040 Sun, 03 Dec 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Kaidah Thibaq Dan Pengaruhnya dalam Penafsiran Al-Qur’an Surah Al-Anbiya https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1392 <p>Abstrak. Bidang kajian ilmu balaghah terbagi menjadi tiga cabang besar salah satunya adalah ilmu badi’, yaitu ilmu yang mempelajari tentang bahasa yang indah dan menarik ketika akan menyampaikan suatu maksud, untuk memperindah makna disebut dengan muhassinat ma’nawiyah dan untuk memperindah lafadz dikenal dengan muhassinat lafdziyyah. Thibaq merupakan kaidah yang mempelajari tentang keindahan makna (muhassinat ma’nawiyah). Penelitian ini berfokus pada penerapan kaidah thibaq pada salah satu surah dalam Al-Qur’an yaitu surah Al-Anbiya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertentangan lafal dan makna pada surah al-Anbiya serta makna ayat yang terdapat lafal thibaq. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena jenis penelitiannya merupakan penelitian kepustakaan (library research), Teknik pengumpulan data adalah dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian ayat-ayat yang terdapat kaidah thibaq didalam surah al-Anbiya’ yakni ada 17 ayat, dari keseluruhan ayat yang terdapat kaidah thibaq as-salb wa al-ijab ada 1 ayat , thibaq haqiqah ada 15 ayat dan thibaq ma’nawi ada 1 ayat. Adapun makna thibaq pada surah al-Anbiya sudah diterangkan pada penafsiran ayat dalam analisa dan bentuk thibaq telah dicantumkan termasuk thibaq lafdzi dan thibaq ma’nawi.</p> <p>Abstract. The field of study balaghah is divided into three major branches, one of which is badi’s science, which is learning about beautiful and interesting language when it will convey a meaning, to magnify the meaning called with muhassinat ma’nawiyah, and to magnify lafadz known with muhassinat lafdziyyah. Thibaq is a doctrine that studies the beauty of meaning (muhassinat ma’nawiyah). This study focuses on the application of thibaq to one of suras in the Qur’an, the surah al-Anbiya. The purpose this study is to know the contradiction of lafal and the meaning of the surah al-Anbiya and the significance of the verse that is lafal thibaq. The research method used is qualitative descriptive because the type of research is library research, data collection techniques are documentation methods. There are 17 verses in the Qur’an, of which there is one thibaq al-ijab wa as-salb, there are 15 verses thibaq haqiqah, and there is only one thibaq ma’nawi. The meaning of the Qur’an has been explained in the interpretation of the verse in the analysis and the form of thibaq has been listed including the thibaq lafdzi and thibaq ma’nawi.</p> <p>&nbsp;</p> Rizka Thoriq Asbib, Alfiyatul Azizah Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1392 Sun, 03 Dec 2023 00:00:00 +0000 تعليم مهارة الكتابة بالمنهج البنائي لجان بياجيه (Jean Piaget): النظريات والتطبيقات https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1414 <p>Keterampilan menulis atau maharah kitabah masih dianggap keterampilan yang paling sulit untuk dikuasai oleh siswa, dibandingkan dengan tiga keterampilan berbahasa yang lain. Hal ini disebabkan karena prosesnya yang rumit dan keterlibatan banyak unsur dalam melahirkan sebuah tulisan. Dalam hal ini, teori belajar kontruktivisme yang diusung oleh Jean Piaget dapat memberikan gambaran mengenai model pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan maharah kitabah. Teori ini memandang bahwa pengetahuan sejati bukan hanya diperoleh, namun dibangun dengan pengetahuan yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi lebih dalam mengenai pembelajaran Maharah Kitabah dari perspektif teori kontruktivisme Jean Piaget. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik penelitian pustaka. Teknik analisis data terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitabah berdasarkan teori kontruktivisme Jean Piaget berusaha membangun pengetahuan baru pada siswa melalui kombinasi berbagai pengetahuan dan pengalaman yang didapat sebelumnya. Konsep pembelajaran ini mampu membantu siswa menguasai keterampilan baru tanpa meniadakan keterampilan yang telah dimiliki. Konsep ini dapat diaplikasikan pada setiap tahapan pembelajaran maharah kitabah, yaitu menyalin, imla’, menulis terkontrol, mengarang terbimbing, dan mengarang bebas.</p> Nurul Ainiy Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1414 Sun, 03 Dec 2023 00:00:00 +0000 Analisis Faktor Kesulitan Pembelajaran Maharah Kalam Pada Siswa MAN 2 Tanah Datar (Prespektif B.F Skinner) https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1499 <p>Menguasai keterampilan berbicara merupakan aspek penting yang harus diketahui dalam mempelajari bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan bahasa kedua yang dipelajari oleh siswa di sekolah sehingga dalam mempraktekkan keterampilan berbicara terdapat siswa yang memiliki kesulitan dalam mempraktekkannya. Kesulitan-kesulitan tersebut dilatarbelakangi oleh faktor-faktor eksternal maupun internal. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menggali lebih dalam mengenai faktor faktor yang mempengaruhi siswa dalam mempraktekkan keterampilan berbicara bahasa Arab dan solusi dari faktor kesulitan tersebut menurut B.F Skinner. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif lapangan dengan pendekatan studi kasus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang peneliti temukan yaitu ada beberapa faktor kesulitan yang dihadapi oleh siswa saat berbicara bahasa Arab dari faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal diantaranya adalah latar belakang pendidikan atau sekolah siswa yang beragam, lingkungan bahasa yang kurang mendukung terciptanya suasana berbahasa, sarana dan fasilitas sekolah. Sedangkan faktor internalnya adalah minat belajar siswa yang kurang dalam berbicara bahasa Arab dan siswa malu untuk berbicara bahasa Arab.</p> Safni Maidarlis, Djeprin E Hulawa, Hakmi Wahyudi, Kasmiati Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1499 Sun, 03 Dec 2023 00:00:00 +0000 العلاقة بين القلق اللغوي في تكلم اللغة العربية وفاعلية الذات على ضوء الخلفية الشخصية لدى طلبة قسم تعليم اللغة العربية بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1500 <p>Belajar bahasa asing dianggap sebagai hal yang mengerikan. Ada banyak faktor yang terkait dengan pembelajaran bahasa. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kecemasan bahasa adalah hal yang umum terjadi pada pelajar yang sedang belajar bahasa asing. Lebih lanjut, Bandura mempresentasikan teori self-efficacy sebagai komponen penting dari teori kognitif sosialnya serta keyakinan individu akan kemampuannya untuk menetapkan tujuan dan menghadapi tantangan untuk mencapai kesuksesan. Rasa efikasi diri membantu menciptakan perasaan tenang dan tentram untuk melaksanakan tugas-tugas yang sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat kecemasan berbahasa dalam berbicara bahasa Arab ditinjau dari latar belakang pribadi siswa? 2) Bagaimana tingkat efikasi diri ditinjau dari latar belakang pribadi siswa? 3) Bagaimana hubungan antara kecemasan berbahasa dalam berbicara bahasa Arab dengan efikasi diri ditinjau dari latar belakang pribadi siswa? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal dengan metode survei. Dalam menetapkan sampel penelitian, peneliti menggunakan purposeful sampling. Peneliti mengambil kelas internasional di tingkat tiga dan lima. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah 1) semua sampel penelitian merasakan kecemasan linguistik pada tingkat menengah. Dan tidak adanya perbedaan ditinjau dari latar belakang pendidikan 2) Sebagian besar sampel penelitian memiliki efikasi diri pada tingkat tinggi 3) Kurangnya hubungan yang signifikan secara statistik antara kecemasan linguistik dalam berbicara bahasa Arab dan efikasi diri dalam kaitannya dengan latar belakang pribadi kecuali mereka yang belajar bahasa Arab 1-3 tahun.</p> <p> </p> <p><strong>مستخلص البحث</strong></p> <p>اعتبر تعلم اللغة الأجنبية أمرا مريعا. هناك عوامل كثيرة ترتبط بتعلم اللغة. العديد من البحوث تدل أن القلق اللغوي هو شائع لدى دارسين من خلال تعلم اللغة الأجنبية. علاوة على ذلك، قدم باندورا نظريته في الفاعلية الذاتية كمكون أساسي من نظريته المعرفية الاجتماعية وكذلك اعتقاد الفرد في قدرته على تحديد الأهداف ومواجهة التحديات من أجل تحقيق النجاح. والشعور بفاعلية الذات يساعد على خلق مشاعر السكينة والهدوء لتنفيذ المهمات الصعبة. أهداف هذا البحث هي 1) كيف مستويات القلق اللغوي في تكلم اللغة العربية على ضوء الخلفية الشخصية لدى الطلبة؟ 2) كيف مستويات فاعلية الذات على ضوء الخلفية الشخصية لدى الطلبة؟ 3)كيف إيجاد العلاقة بين القلق اللغوي في تكلم اللغة العربية وفاعلية الذات على ضوء الخلفية الشخصية لدى الطلبة؟ هذا البحث هو البحث الكمي السببي بالمنهج المسحي. في تعيين عينة البحث، استخدمت الباحثة أخذ العينات الهادفة. أخذت الباحثة الفصل الدولي في المستوى الثالث والخامس. وطريقة جمع البيانات في هذا البحث هي الاستبانة. نتائج البحث هي 1) جميع عينة البحث شعروا بالقلق اللغوي في المستوى المتوسط. وعدم الفرق على ضوء الخلفية التربوية 2) معظم عينة البحث يملكون فاعلية الذات بالمستوى المرتفع 3) عدم العلاقة ذي دلالة إحصائية بين القلق اللغوي في تكلم اللغة العربية وفاعلية الذات على ضوء الخلفية الشخصية إلا لمن تعلم اللغة العربية 1-3 سنوات.</p> <p><strong>الكلمات الأساسية: </strong>القلق اللغوي، فاعلية الذات، الخلفية الشخصية.</p> <p> </p> Lu'luil Masruroh, Muhammad Hasan Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1500 Sun, 03 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Maharah Qiro’ah di Kelas VII MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1532 <p>Penelitan dilakukan di MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang, dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh dan efektivitas model pembelajaran kooperatif <em>think- pair-share </em>untuk meningkatkan <em>maharah qiro’ah</em>. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat membaca siswa dan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang mendukung. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis (<em>pretest </em>dan <em>posttest) </em>dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi sekolah. Berdasarkan dari hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1)Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif <em>think-pair-share </em>untuk meningkatkan <em>maharah qiro’ah </em>di kelas VII MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil tes dengan rata-rat 49,23 dan meningkat menjadi 88,97. Berdasarkan hasil pengujian uji T yang berarti yang telah dlakukan, diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,00&lt;0,05) yang berarti Ha (hipotesis kerja) dalam penelitian ini diterima. 2)Nilai efektivitas model pembelajaran kooperatif <em>think-pair-share </em>memperoleh hasil 0,698 dari perhitungan <em>effect size </em>dengan kategori sedang sehingga dapat diartikan bahwa model pembelajaran koopertif <em>think- pair-share </em>efektif untuk meningkatkan <em>maharah qiro’ah </em>di kelas VII MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang.</p> Moh. Mofid, Ning Riza Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1532 Tue, 05 Dec 2023 00:00:00 +0000 Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Buku Ajar Maharah ‎Kalam Progam Studi Pendidikan Bahasa Arab IDIA Al-Amin Prenduan Sumenep https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1521 <p>Model pembelajaran Contekstual teaching and learning merupakan pembelajaran yang holistik dan Natural untuk membantu iMahasiswa mempelajari materi ajar yang sesuai konteks dan mengkaitkannya idengan ikehidupan isehari-ihari baik pribadi dan iisosial. Sehingga Mahasiswa memiliki kemampuan untuk berkonstruksi secara aktif melalui pemahamannya.dalam hal ini, Model Pembelajaran CTL diterapkan melalui buku ajar keterampilan berbicara bahasa Arab. Data diporeleh dari hasil observasi dan wawancara dengan metode penelitian kualitatif dengan tujuan mengetahui model pembelajaran CTL pada buku ajar Maharah Kalam. Hasil penelitian menunjukkan pertama, bahwa model pembelajaran CTL pada buku ajar Maharah Kalam adalah model pembelajaran yang aplikatif dan mengajarkan mahasiswa belajar merdeka. Kedua:Model pembelajaran yang diterapkan pada penyusunan buku ajar meliputi seluruh aspek pembelajaran CTL yang tidak terfokus pada teori dan lebih dominan praktik. Ketiga: Model pembelajaran CTLpada buku ajar Maharah Kalam meliputi tema tema dan pembahasan yang berdekatan dengan lingkungan hidup sehari hari sehingga memberikan stimulus mahasiswa untuk meningkatkan daya imajinasi ta’bir bahasa lebih mudah dan bervariatif.</p> Dewi Nurhayati Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1521 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 مشكلة تعليم الإعلال في مدرسة بحر العلوم و حلولها https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1504 <p>I'lal merupakan salah satu kaidah dasar dalam bahasa arab. Dengan mempelajari I'lal siswa dapat mengetahui asal usul kalimat ditinjau dari bentuk wazannya. Pembelajaran i’lal merupakan unsur penting penunjang keberhasilan pengajaran bahasa Arab di sekolah Islam. Dalam proses pengajaran i’lal banyak permasalahan yang ditemukan dan harus dipecahkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan dalam pengajaran i’lal dan mengetahui solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data kualitatif dalam penelitian ini meliputi kegiatan pembelajaran i’lal, permasalahannya dan penyelesaiannya. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa di madrasah Bahrul Ulum. Langkah-langkah analisis data adalah pengumpulan data, verifikasi, reduksi data, penyajian</p> Isnainiyah Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1504 Sun, 03 Dec 2023 00:00:00 +0000