Wirabimbel sebagai Rumah Belajar untuk Meningkatkan Pendidikan di Desa Sukorame

Authors

  • Rohibni Universitas PGRI Wiranegara
  • Mohamad Rifqi Hamzah Universitas PGRI Wiranegara
  • Jakaria Umro Universitas PGRI Wiranegara
  • Shima Putri Firdausi Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i2.1139

Keywords:

Wirabimbel, Rumah Belajar, Pendidikan, Kaliputih, Sukorame

Abstract

Pendidikan merupakan hal penting untuk menigkatkan Sumber Daya Manusia, namun kesadaran untuk menimba ilmu masih dirasa kurang terutama ke jenjang yang lebih tinggi. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya motivasi. Disisi lain, dukungan dari pemerintah berupa sarana dan prasarana juga menentukan kualitas Pendidikan. Kondisi Pendidikan di Desa Sukorame bisa dikatakan masih minim. Dari hal tersebut Mahasiswa KKN berinisiatif mendirikan “Wirabimbel” yaitu rumah belajar dengan tujuan meningkatkan minat belajar bagi anak-anak di Desa Sukorame dari jenjang SD, SMP, dan SMK atau sederajat, hal ini dilakukan dengan memberdayakan SDM pemuda setempat yang dirasa mampu untuk membantu anak-anak belajar. Metode yang kami lakukan adalah service learning dengan tahap; perizinan, Praktik, Sosialisasi, dan Pendidikan Masyarakat. Salah satu dampak yang terlihat dari kegiatan “Wirabimbel” bagi anak-anak dan remaja di Desa Sukorame ialah Meningkatnya kesadaran anak – anak dan remaja Dusun Kaliputih akan pentingnya pendidikan dan memperdalam ilmu pengetahuan untuk masa depan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jamaluddin, J., Quthny, Y. A., & Bahrudin, B. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Pada Remaja Di Desa Liprak Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 105-111.

Lakhno, M. (2022). Reimagining development in higher education. Journal of Praxis in Higher Education, 4(2), 122-127.

Nggalamau, I. Y., Ngallu, J. A., Rais, A., Watu, E. M., Wungo, W. A., Sir, O. W., ... & Yowi, L. R. K. (2022). Pembimbingan Belajar Informal Bagi Siswa PAUD, TK, SD, dan SMP Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Hambala. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 103-110.

Robatul dan Hasan. (2018). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistemologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 34–49.

Sari, D., & Hanifa, R. (2021). The Implementation of Participatory Action and Learning System (PALS) in Community Empowerment of Small Scale Enterprises. Journal of Social Studies Education Research, 12(1), 81-90.

UUD. (1925). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor.24 Tahun 1992. Tentang Pendidikan. Republik Indonesia, Jakarta.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.→Buku

Zubair, M., Nurwarsilla, R., Yolanda, L. A., Sukma, L. R. G., Nuriyati, L., Pebyani, F. R., & Melinia, S. (2022). Rumah Belajar dan Program Pendidikan sebagai Usaha Peningkatan Kualitas Pendidikan di Desa Pare Mas Kecamatan Jerowaru. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 178-183.

Downloads

Published

01-01-2024

How to Cite

Rohibni, Hamzah, M. R., Jakaria Umro, & Shima Putri Firdausi. (2024). Wirabimbel sebagai Rumah Belajar untuk Meningkatkan Pendidikan di Desa Sukorame. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 124–133. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i2.1139