Pendampingan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qiroati di TPQ Roudlotus Salam 2 Umpakrejo Jabung

Authors

  • Gatut Setiadi Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Hufron Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Rindra Risdiantoro Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Moh. Mofid Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Aufa Husna Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Luluk Kurniawati Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v5i1.1593

Keywords:

Pendampingan, Metode Qiroati, TPQ

Abstract

Pendampingan pembelajaran membaca Al-qur’an di TPQ Roudlotus Salam 2 di maksudkan untuk membantu meringankan tenaga pendidik, berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakannya KKN (Kuliah Kerja Nyata) di dusun tersebut, tenaga pendidik di TPQ Roudlotus salam 2 memiliki masalah kekurangan SDM tenaga pengajar di lembaga tersebut. TPQ Roudlotus Salam 2, merupakan lembaga Non formal yang mempelajari tentang cara membaca Al-qur’an dengan menggunakan Metode Qiro’ati, Metode Qiroati adalah suatu model dalam belajar membaca Al Quran yang secara langsung (tanpa dieja) dan menggunakan atau menerapkan pembiasaan membaca tartil sesuai dengan kaidah tajwid. dan di lanjut dengan pembelajaran ghorib(cara membaca Ayat yang tidak biasa dalam Al-Qur’an, seperti Imalah, Isymam, Saktah, dan lain sebagainya)dan Madrasah diniyah atau Madin(lembaga pendidikan yang keseluruhan mata pelajarannya adalah mata pelajaran agama Islam yang memungkinkan peserta didiknya menguasai materi ilmu agama secara baik dikarenakan padat dan lengkapnya materi ilmu agama yang disajikan) . TPQ Roudlotus Salam 2 berdiri sejak tahun 2012 oleh bapak Suriyat, selaku kepala TPQ di lembaga tersebut. TPQ Roudlotus Salam 2 bertempat di Dusun Umpakrejo Rt. Rw. kecamatan Jabung kabupaten Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farida, Eneng, Hana Lestari, and Zulficar Ismail. “Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Studi Kasus Di SDIT Insantama Leuwiliang.” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 3, no. 1 (2021): 1–13. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i1.224.

Haris, Muhammad, Nur Ahid, and M. Ridhowan. “Pendampingan Budaya Literasi Dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Terhadap Santri Kelas 3 SMP Di Asrama Al Maliki Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjarwati Banjaranyar Paciran Lamongan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari 1, no. 1 (2022): 29–36. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i1.618.

Hasanuddin Muhammad, Yudha Tama Al Mu’min. “Pendampingan Belajar Anak-Anak Membaca Al–Qur’an Dengan Ilmu Tajwid Di Desa Ratu Jaya Kabupaten Lampung Utara.” DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (2021): 123–36.

Malik, Hatta Abdul. “Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ALhusna Pasadena Semarang.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan 13, no. 2 (2013): 387–404.

Nawawi, Syauqi, and Kepribadian Qur. “No Title,” n.d., 1–12.

Rinawati, Atim, Umi Arifah, and Atik Faizul H. “Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) Dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo.” Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam 7, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.376.

Shella. “Pengertian Al-Quran: Fungsi, Kedudukan, Dan Keistimewaan.” Berdakwah.com, 2022. https://berdakwah.com/pengertian-al-quran/.

Siddiq, Achmad, Jember Jl, Mataram No, and Karang Miuwo. “Pemberdayaan Dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat Dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development ( ABCD ) Di Desa Pecalongan Kec . Sukosari Bondowoso Siti Indah Purwaning Yuwana Empowerment and Quality Improvement of Community Human Resou.” Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo 4, no. 3 (2022): 330–38.

Sufanti, Main, Beti Kurniawati, Maryam Sri Muhaimini, and Jeni Nur Cahyati. “Pendampingan Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Kader Aisyiyah Ranting Ngadirejo Pada Masa Pandemi Covid-19” 5, no. 30 (2021): 615–23.

Teguh Handoyo, Ana Chonitsa, Adinda Riski Amalia, Siti Salamah, Inayah Priyatun, Ayu Febrianti, Elsa Tiara, et al. “Pendampingan Pembelajaran Metode Qiro’ati Bagi Anak-Anak Pondok Alif Lam Mim.” Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2022): 16–21. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i1.60.

Wakit, Saipul. “Pelatihan Pembelajaran Al- Qur ’ an Dengan Menggunakan Metode Qiro ’ Ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember” 6, no. 1 (2020): 28–33.

Downloads

Published

31-07-2024

How to Cite

Setiadi, G., Hufron, Rindra Risdiantoro, Moh. Mofid, Aufa Husna, & Luluk Kurniawati. (2024). Pendampingan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qiroati di TPQ Roudlotus Salam 2 Umpakrejo Jabung. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 83–98. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v5i1.1593