Konsep Pendidikan Islam sebagai Alternatif Pendampingan Rehabilitasi Santri di Pondok Rehabilitasi Narkoba Islahul Jeil Gerbo Purwodadi Pasuruan

Authors

  • Zakiyatul Fitriyah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ahmad Ma’ruf dan Asrul Anan Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

Konsep Pendidikan Islam, Rehabilitas Santri

Abstract

Dalam menerapkan konsep pendidikan Islam dalam upaya rehabilitasi, pondok Islahul Jeil telah menuangkannya dalam bentuk program rehabilitasi, jadwal harian dan kurikulum yang telah ada. Para santri diajarkan dan dibiasakan untuk disiplin dalam beribadah dan dalam beraktifitas sehari-hari, serta mumpuni dalam bidang agama. Pondok Islahul Jeil memiliki program rehabilitasi yang berlandaskan pendidikan Islam dengan bermanhaj Salafus Shalih yang berpedoman pada al-Qur’an dan as-Sunnah, namun juga tidak lepas dari bantuan medik. Melalui program-program rehabilitasi tersebut akan berujung pada upaya menyadarkan dan meyakinkan seluruh santri akan fitrah dan tanggungjawabnya yang dimiliki sebagai manusia yaitu: Pertama, sebagai makhluk yang mulia; Kedua, sebagai khalifah di bumi; Ketiga, sebagai makhluk paedagogik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-01-2020

How to Cite

Zakiyatul Fitriyah, & Ahmad Ma’ruf dan Asrul Anan. (2020). Konsep Pendidikan Islam sebagai Alternatif Pendampingan Rehabilitasi Santri di Pondok Rehabilitasi Narkoba Islahul Jeil Gerbo Purwodadi Pasuruan. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 63–79. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/162