Pendampingan Implementasi Driliing Conversations di SMK Sunan Kalijogo Malang

Authors

  • Zizi Nurhikmah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Khoirul Anwar IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Sutiyo Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v5i1.2178

Keywords:

Drilling, English Conversations

Abstract

Salah satu syarat kelulusan bagi siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) adalah mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL). Pada SMK Sunan Kalijgo, salah satu bekal yang harus dipunyai siswa adalah kehalian berbahasa asing. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan siswa pada industri yang akan dimasuki, selain itu menunjukkan bahwa siswa yang dikirim merupakan siswa yang berkualitas sehingga harapannya akan dapat menjadi peluang kerja bagi siswa SMK Sunan Kalijogo. Oleh karena itu, pendampingan pelatihan drilling berbahasa Inggris akan dilakukan pada SMK Sunan Kalijogo Malang guna membantu dalam persiapan PKL siswa putra dan putri kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PAR (Participatory Action Research). Tahapan yang akan dilalui adalah observasi, pengumpulan data, monitoring, aksi dan evaluasi. Lalu teknik yang dipakai adalah drilling yang berfokus untuk membantu percepatan dalam siswa menghafal percakapan yang disediakan. Hasil yang didapat pada pendampingan ini yakni, pertama: meningkatnya penguasaan frasa dalam percakapan oleh siswa putra dan putri SMK Sunan Kalijogo, kedua: respon positif dari siswa melalui pembealajaran melalui proses drilling.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fransiska, Ria, and Jurianto, ‘The Use of Drilling Technique in Teaching English Vocabulary’, Anglicist, 5.2 (2016), 125–31

Hidayat, Yusuf, Ani Herniawati, and Nu’man Ihsanda, ‘Use of Drilling Technique to Teach English Speaking to the Early Childhoods: A Descriptive Study’, Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 2.1 (2022), 73–80 <https://doi.org/10.54012/jcell.v2i1.66>

Kemdikbud, ‘Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka’, 2023, 39-A <https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/bahasa-inggris/fase-e/>

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati, ‘Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6.1 (2020), 62 <https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020>

Richard, J.C, Rodgers, T.s., Approaches and Method in Language Teaching: A Description and Analysis. (Cambridge: Cambridge Univesity Press, 1989)

Setiyadi, A B, Teaching English as A Foreign Language (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006)

Yusuf, Faidah, Hikmawati Usman, and Muhammad Irfan, ‘The Use of Drill Method to Improve Elementary School Students’ Learning Outcomes in Vocabulary’, JETLEE : Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3.1 (2023), 13–21 <https://doi.org/10.47766/jetlee.v3i1.1137>

Downloads

Published

29-07-2024

How to Cite

Nurhikmah, Z., Anwar, K., & Sutiyo. (2024). Pendampingan Implementasi Driliing Conversations di SMK Sunan Kalijogo Malang. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 24–33. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v5i1.2178