Pendampingan Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa dalam Menggunakan Marketplace Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha

Authors

  • Aditiya Pratama Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • C. Tri Widiastuti Universitas PGRI Semarang
  • Adelia Sandra Swastika Putri Universitas PGRI Semarang
  • Liyandri Rasbina Tarigan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v5i1.2559

Keywords:

Marketplace, Mahasiswa, Wirausaha

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan marketplace sebagai sarana untuk menumbuhkan jiwa wirausaha. Pengembangan keterampilan kewirausahaan menjadi semakin penting seiring dengan perubahan dinamis di dunia kerja dan ekonomi digital. Solusi yang diberikan oleh Tim PKM yaitu dengan memberikan pelatihan praktis kepada mahasiswa agar mampu memanfaatkan platform marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak untuk memulai dan mengelola usaha mereka sendiri. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu dengan observasi untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi mahasiswa terkait marketplace. Pelaksanaan kegiatan. dan evaluasi yaitu dengan pelakukan pre dan post test. Hasil kegiatan PKM mahasiswa mampu menyerap ilmu pengetahuan dengan baik sehingga mengalami peningkatan pemahaman terkait marketplace dan mampu menumbuhkan jiwa wirausaha.

 

Kata kunci : Marketplace, Mahasiswa, Wirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, Melia. “Penyuluhan Motivasi Kewirausahaan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Tanjung Agung Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat.” Suluh Abdi 2, no. 1 (2020): 41. https://doi.org/10.32502/sa.v2i1.2731.

Andi Amran Asriadi, Firmansyah, and Nailah Husain. “Sosialisasi Dan Pemanfaatan Marketplace Sebagai Media E-Commerce Dalam Promosi Produk Unggulan Pertanian Di Desa Mamampang Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkmn) 4, no. 4 (2023): 3515–20.

Aryati, Ana Sofia. “Peningkatan Jiwa Entrepreneur Melalui Pelatihan Wirausaha Pada Pelajar SMK/ SMA” 4, no. 5 (2023): 328–36.

Cholilawati, and Dewi Suliyanthini. “Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19.” Equlibrium: Jurnal Pendidikan 9, no. 1 (2022): 18–24. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/index.

Fathony, Alvan, Nur Faizah, Putri Lailatun Andriani, Siti Maryam, and Syifa’ul Khairiyatil Ummah. “PKM Edukasi Praktik Transaksi Online Shop Sistem Dropship Dalam Perspektif Hukum Islam Di Pondok Pesantren Rofiatul Islam Desa Sentong Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo.” Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2024): 158–67. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i2.1431.

Graciafernandy, Maria Augustine, and Laurene Istiyawari. “Studentpreneurship: Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Pada Generasi Z.” Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat 7, no. 2 (2024): 843. https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2075.

Hendriadi, Ade Andri, Betha nurina Sari, and Tesa Nur Padilah. “Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Karawang.” J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2019): 120–25. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133.

Mustofa, Dinar, Yusmedi Nurfaizal, Dola Innolda, and Nadilla Al Azhar. “Pelatihan Penggunaan Market Place Sebagai Media Pemasaran Online Di Paguyuban Tanaman Hias Desa Ciberem Untuk Memperluas Pemasaran Di Era Pandemi.” Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2021): 45–49. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i1.230.

Nugroho, Aditiya Pratama, D C Kuswardani, and Adijati Utaminingsih. “The Role of Brand Personality : Dimensions of Online Customer Review on Online Booking Intention at Star Hotels in Malang City” 6, no. November (2023): 8737–45.

Putra, Edy Yulianto, Dennys Ng, Jhon Wilson, June Alvina, and Selina Ng. “Peningkatan Pelayanan Pelanggan Dan Promosi Umkm La Sano Life Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dan Angka Penjualan.” Abdi Wina Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2022): 31. https://doi.org/10.58300/abdiwina.v2i1.257.

Septiani, Selly, Asep Suryadi, and Andi Romansyah. “Pemanfaatan Marketplace Dalam Upaya Menciptakan Peluang Bisnis Digital.” SOROT : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2022): 20–24. https://doi.org/10.32699/sorot.v1i2.2923.

Suryadithia, Rachmat, Hilda Rachmi, Abdul Hamid, and Putie Maharani Basa. “Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Desa Kota Batu Bogor.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming 4, no. 3 (2021): 333–38. https://doi.org/10.30591/japhb.v4i3.2475.

Susilaningsih, Susilaningsih. “Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi?” Jurnal Economia 11, no. 1 (2015): 1. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748.

Wahyuni, Nuraida, Ade Irman Saeful Mutaqin S., and Akbar Gunawan. “Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku UKM Wilayah Cilegon.” Jurnal Pengabdian Dinamika 1, no. 6 (2019): 31–39. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Dinamika/article/viewFile/8758/5837.

Wati, Andy Prasetyo, Jefry Aulia Martha, and Aniek Indrawati. “Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM.” Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2020): 137–48. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.362.

Downloads

Published

30-07-2024

How to Cite

Aditiya Pratama Nugroho, C. Tri Widiastuti, Adelia Sandra Swastika Putri, & Liyandri Rasbina Tarigan. (2024). Pendampingan Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa dalam Menggunakan Marketplace Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v5i1.2559