Pendampingan Manajemen Pengelolaan Koperasi bagi Pegawai di Yayasan Sunan Kalijogo Jabung
DOI:
https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v5i1.2758Keywords:
Manajemen, Pengelolaan koperasi, YayasanAbstract
Koperasi di lingkungan yayasan pondok pesantren memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. Koperasi harus mampu memenuhi kebutuhan anggota, konsumen, atau masyarakat secara mandiri, tanpa bergantung pada pihak lain. Maka itu pengelolaan koperasi yang efektif dan efisien sangat dibutuhkan dalam manajemen koperasi. Sumber Daya Manusia yang handal menjadi kunci penting dalam peningkatan kualitas pelayanan di koperasi. Melihat pentingnya hal tersebut, maka pelaksanaan pendampingan ini akan memberikan pelatihan kepada semua pegawai koperasi di Yayasan Sunan Kalijogo Jabung, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya dan meningkatkan pengembangan unit usaha koperasi. Kegiatan pendampingan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Pendekatan ini sangat relevan dalam konteks pendampingan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang telah ada, sebab metode PAR ini menekankan pada partisipasi aktif semua pegawai koperasi di Yayasan Sunan Kalijogo Jabung untuk belajar guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola koperasi. Hasil dari kegiatan pendampingan ini yaitu peningkatan pengetahuan dan keterampilan semua pegawai koperasi di Yayasan Sunan Kalijogo Jabung, serta terwujudnya satu unit usaha baru yang bisa dikelola oleh koperasi Yayasan Sunan Kalijogo Jabung yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan anggota. Selanjutnya melalui hasil pelatihan yang telah dilaksanakan, pegawai koperasi dapat lebih meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan koperasi di Yayasan Sunan Kalijogo Jabung.
Downloads
References
Fransiska, Ria, and Jurianto, ‘The Use of Drilling Technique in Teaching English Vocabulary’, Anglicist, 5.2 (2016), 125–31
Hidayat, Yusuf, Ani Herniawati, and Nu’man Ihsanda, ‘Use of Drilling Technique to Teach English Speaking to the Early Childhoods: A Descriptive Study’, Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 2.1 (2022), 73–80 <https://doi.org/10.54012/jcell.v2i1.66>
Kemdikbud, ‘Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka’, 2023, 39-A <https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/bahasa-inggris/fase-e/>
Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati, ‘Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6.1 (2020), 62 <https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020>
Richard, J.C, Rodgers, T.s., Approaches and Method in Language Teaching: A Description and Analysis. (Cambridge: Cambridge Univesity Press, 1989)
Setiyadi, A B, Teaching English as A Foreign Language (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006)
Yusuf, Faidah, Hikmawati Usman, and Muhammad Irfan, ‘The Use of Drill Method to Improve Elementary School Students’ Learning Outcomes in Vocabulary’, JETLEE : Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3.1 (2023), 13–21 <https://doi.org/10.47766/jetlee.v3i1.1137>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Endang Tyasmaning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.