Sosialisasi Orangtua Sebagai Pembentuk Karakter Anak

Authors

  • Diah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Fayrus Abadi Slamet Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Pembentukan Karakter, Anak

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam pengembangan individu yang mempengaruhi berbagai dimensi kehidupan, termasuk keberhasilan pribadi, sosial, dan profesional. Karakter yang baik seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, dan integritas, mendukung perilaku moral yang positif dan keterampilan sosial yang diperlukan untuk interaksi sehat. Mengeksplorasi peran orangtua sebagai sosialisator utama dalam pembentukan karakter anak, dengan menekankan pentingnya pengasuhan yang melibatkan contoh perilaku, konsistensi dalam aturan, komunikasi terbuka, dukungan emosional, dan penguatan positif. Melalui pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di KB PAUD Bhinneka Tunggal Ika Dusun Blendongan, kegiatan sosialisasi dilakukan dengan metode partisipatif, kelompok, edukatif, dan sosialisasi selama tiga hari. Kegiatan ini melibatkan kepala sekolah, tokoh masyarakat, dan ibu-ibu wali murid, dan terdiri dari sesi pembukaan, pemberian materi, diskusi, serta konsultasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa keterlibatan orangtua dalam sosialisasi karakter sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Model peran positif, konsistensi dalam penegakan aturan, komunikasi terbuka, dukungan emosional, dan penguatan positif adalah faktor kunci dalam pembentukan karakter anak. Kegiatan ini mengidentifikasi bahwa orangtua yang menjadi teladan yang baik dan menerapkan prinsip-prinsip pengasuhan yang konsisten mampu mendukung pengembangan karakter anak secara efektif. Hasil sosialisasi menekankan perlunya melanjutkan program sosialisasi di berbagai komunitas untuk memperkuat peran orangtua dalam membentuk karakter anak, serta menyarankan penerapan strategi yang ditemukan efektif selama kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan kualitas pengasuhan di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyha, Agus Faisal, Al Ikhlas, Trisna Rukhmana, Singgih Prastawa, Aat Ruchiat Nugraha, and Joni Wilson Sitopu. “Analisis Pengaruh Lingkungan Keluarga Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Journal on Education 6, no. 4 (2024): 18372–80.

Durbin, Denise L, Nancy Darling, Laurence Steinberg, and B Bradford Brown. “Parenting Style and Peer Group Membership among European-American Adolescents.” Journal of Research on Adolescence 3, no. 1 (1993): 87–100.

Fatmayanti, Umi. “Tindak Tutur Orangtua Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2017.

Graha, Chairinniza. Keberhasilan Anak Di Tangan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007.

Irmayanti, Nur, Syatria Adymas Pranajaya, Rozita Yusniaty Lodo, Farid Haluti, Faridah Hariyani, Diah Retno Ningsih, Rizka Adela Fatsena, and Loeziana Uce. Psikologi Anak. Global Eksekutif Teknologi, n.d.

Musman, Asti. Seni Mendidik Anak Di Era 4.0: Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Mendidik Anak Di Era Milenial; Mewujudkan Anak Cerdas, Mandiri, Dan Bermental Kuat. Anak Hebat Indonesia, 2020.

Setiadi, Gatut, and Mochammad Yusuf Wijaya. “Pendampingan Pengelolaan Keuangan Bagi Bendahara Asrama Di Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan.” Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 94–110.

Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Ulfadhilah, Khairunnisa. “Penanaman Karakter Disiplin Di Lingkungan Ramah Anak.” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2024, 153–65.

Wirawan Sarwono, Sarlito. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers. Knowledge Management Pendamping Desa Di Kabupaten Kerinci. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 2015.

Downloads

Published

30-07-2024

How to Cite

Diah, & Fayrus Abadi Slamet. (2024). Sosialisasi Orangtua Sebagai Pembentuk Karakter Anak. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 132–143. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/2832