Pelatihan Pemasaran Digital Di Desa Wisata Ngesrepbalong Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal

Authors

  • Aditiya Pratama Nugroho Universitas PGRI Semarang https://orcid.org/0009-0005-9875-471X
  • C Tri Widiastuti Universitas PGRI Semarang
  • Adelia Sandra Swastika Putri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Desa wisata, Pemasaran digital, Karang Taruna, Pengembangan pariwisata, Media sosial

Abstract

Desa Ngesrepbalong di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai desa wisata. Namun, rendahnya pengetahuan pemuda lokal tentang pemasaran digital menghambat upaya promosi yang lebih luas. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital bagi Karang Taruna desa tersebut. Metode yang digunakan meliputi observasi, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi melalui pretest dan posttest. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan pemasaran digital peserta, khususnya dalam penggunaan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube. Pelatihan ini membantu memperluas jangkauan promosi desa wisata dan meningkatkan jumlah pengunjung. Dengan demikian, program ini berhasil mendukung pengembangan desa wisata Ngesrepbalong sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Kendal.

 

Kata kunci : desa wisata, pemasaran digital, Karang Taruna, pengembangan pariwisata, media sosial.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, Efandri, Indah Mutiara, and A Rozi. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Jambi.” J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains) 5, no. 2 (2020): 257. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i2.192.

Aramana, Desi, Muridha Hasan, Lusi Tutur Mulia, and Khairul Anwar. “Evaluasi Kegiatan Pengabdian Tentang Pentingnya Anggaran Dalam Rumah Tangga Sehingga Dapat Menciptakan Keluarga Yang Harmonis,” 2024, 52–56.

Aryani, Fitria, Dani Rahadian, Aranyaka Dananjaya Axioma, Torang Nasution, Doto Yogantoro, M Husen Hutagulung, and Marbun Saulina. “Buku Panduan Desa Wisata 2020,” 2020.

Chabot, Mira Costa, Chaffey, and Cabrillo. “Choosing the Right Assessment Method : Pre-Test / Post-Test Evaluation.” Boston University, 2014, 2013–14.

Chaffey, Dave, and Fiona Ellis Chadwick. Digital Marketing Implementation and Practice. Digital Marketing Technologies, 2024. https://doi.org/10.1007/978-981-97-0607-5_3.

Fasa, Angga Wijaya Holman, Mahardhika Berliandaldo, and Ari Prasetio. “Strategi Pengembangan Desa Wisata Berkelanjutan Di Indonesia: Pendekatan Analisis Pestel.” Jurnal Bali Membangun Bali 1, no. 1 (2022): 22–26.

Komariah, Neneng, Encang Saepudin, Pawit M Yusup, and Saleha Rodiah. “Strategi Promosi Desa Wisata Agro Di Desa Paledah Kecamatan Padaheranng Kabupaten Pangandaran.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 3 (2019): 67–71.

Nugroho, Aditiya Pratama, D C Kuswardani, and Adijati Utaminingsih. “The Role of Brand Personality : Dimensions of Online Customer Review on Online Booking Intention at Star Hotels in Malang City” 6, no. November (2023): 8737–45.

Nugroho, Aditiya Pratama, Adelia Sandra Swastika Putri, and Liyandri Rasbina Tarigan. “Studi Kuantitatif : Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Di Kafe Warsu Malang.” UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi 8, no. 2 (2024): 1–21. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/utility.v8i02.3589.

Nugroho, Aditiya Pratama, Adelia Sandra, Swastika Putri, and Liyandri Rasbina Tarigan. “Dampak Penerapan Protokol Kesehatan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemesanan Konsumen Pada Hotel Berbintang Di Kota Malang” 4, no. 3 (2024): 1154–65.

Nugroho, Aditiya Pratama, and C Tri Widiastuti. “Pendampingan Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Mahasiswa Dalam Menggunakan Marketplace Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha” 5 (2024): 71–82.

Purwana, Dedi, R Rahmi, and Shandy Aditya. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1, no. 1 (2017): 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01.

Saidun Umar, Muhammad, Siti Juleha, P Marsela Marsela, Rosida Rosida, Anas Tasya Aprillia Hadi, Ratih Sari Ningsih, Rizal Ahmad Zikri, Fadilah Al Farabi, Muhammad Rian, and Selvi Nuraida. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Pemasaran Desa Patai Kecamatan Cempaga Kota Waringin Timur.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 5, no. 1 (2024): 428–34. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2001.

Sugiarti, Rara, Istijabatul Aliyah, and Galing Yudana. “PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA DI KABUPATEN NGAWI,” 2016.

Widiastuti, C Tri, Nuria Universari, and Rr Lulus Prapti N.S.S. “Edukasi Pemasaran Dan Branding Pada UMKM Di Paguyuban Ulam Raos Sejahtera Semarang.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming 6, no. 4 (2023): 1061–68. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i4.5268.

Downloads

Published

08-01-2025

How to Cite

Aditiya Pratama Nugroho, C Tri Widiastuti, & Adelia Sandra Swastika Putri. (2025). Pelatihan Pemasaran Digital Di Desa Wisata Ngesrepbalong Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 222–232. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/2947