Manajemen Mutu Lembaga Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Pondok An Nahdloh Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia

Authors

  • Endang Tyasmaning Institut Agama Islam Sunan KaliJogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v6i1.3741

Keywords:

Manajemen mutu, Pendidikan berkualitas, Pondok pesantren

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penerapan manajemen mutu lembaga di Pondok An-Nahdloh, Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia. Pendidikan berkualitas tidak hanya bergantung pada kemampuan tenaga pendidik, tetapi juga pada manajemen lembaga yang terstruktur dan berorientasi pada peningkatan mutu. Program ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak pondok pesantren dalam analisis kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Metode yang digunakan meliputi pelatihan manajemen mutu, pendampingan penyusunan visi, misi, dan tujuan lembaga, serta pengembangan kurikulum berbasis integrasi ilmu agama dan ilmu modern. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kapasitas manajerial pengelola pondok dalam menyusun program pendidikan yang terukur dan berkelanjutan. Selain itu, program ini juga berhasil meningkatkan kesadaran para guru dan staf administrasi terhadap pentingnya mutu pendidikan yang terstandar. Penerapan konsep manajemen mutu terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan kepuasan para siswa dan orang tua terhadap layanan pendidikan yang diberikan. Kesimpulannya, penerapan manajemen mutu lembaga di Pondok An-Nahdloh telah memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan yang dihasilkan. Program PkM ini dapat menjadi model bagi lembaga pendidikan lainnya dalam upaya meningkatkan mutu secara berkesinambungan, terutama pada lembaga pendidikan berbasis pesantren di Pondok An-Nahdloh, Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Endang Tyasmaning, Institut Agama Islam Sunan KaliJogo Malang

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penerapan manajemen mutu lembaga di Pondok An-Nahdloh, Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia. Pendidikan berkualitas tidak hanya bergantung pada kemampuan tenaga pendidik, tetapi juga pada manajemen lembaga yang terstruktur dan berorientasi pada peningkatan mutu. Program ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak pondok pesantren dalam analisis kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Metode yang digunakan meliputi pelatihan manajemen mutu, pendampingan penyusunan visi, misi, dan tujuan lembaga, serta pengembangan kurikulum berbasis integrasi ilmu agama dan ilmu modern. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kapasitas manajerial pengelola pondok dalam menyusun program pendidikan yang terukur dan berkelanjutan. Selain itu, program ini juga berhasil meningkatkan kesadaran para guru dan staf administrasi terhadap pentingnya mutu pendidikan yang terstandar. Penerapan konsep manajemen mutu terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan kepuasan para siswa dan orang tua terhadap layanan pendidikan yang diberikan. Kesimpulannya, penerapan manajemen mutu lembaga di Pondok An-Nahdloh telah memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan yang dihasilkan. Program PkM ini dapat menjadi model bagi lembaga pendidikan lainnya dalam upaya meningkatkan mutu secara berkesinambungan, terutama pada lembaga pendidikan berbasis pesantren di Pondok An-Nahdloh, Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia.

References

Abdullah, A., & Fadhil, R. (2021). Manajemen Kualitas Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Madani

Abdullah, R., & Hassan, S. (2018). Pendidikan Islam di Asia Tenggara: Perspektif Malaysia dan Indonesia. Kuala Lumpur: Penerbit Universiti Malaya

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Prentice-Hall.

Ali, S., & Fitriani, L. (2020). Pesantren di Era Globalisasi: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam di Zaman Modern. Surabaya: UMM Press

Alimuddin, H., & Wahid, A. (2018). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Amin, Z., & Hasan, R. (2019). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Argyris, C., & Schön, D. A. (1996). Organizational Learning II: Theory, Method, and Practice. Reading, MA: Addison-Wesley

Azra, A. (2021). Transformasi Pesantren dalam Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: UII Press

Barney, Jay B. Resource-Based View of the Firm. Journal of Management, Vol. 17, 1991

Bass, Bernard M. Leadership and Performance Beyond Expectations. Free Press, 1985

Bates, A. W. (2015). Teaching in a Digital Age. Vancouver: Tony Bates Associates Ltd

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Longmans, Green, & Co

Brinkerhoff, Jennifer M. Partnerships for International Development: Rhetoric or Results? Lynne Rienner Publishers, 2002.

Burns, J. M. (1978). Leadership. Harper & Row

cott, W. R. (2003). Organizations: Rational, Natural, and Open Systems (5th ed.). Pearson Prentice Hall

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications

Crosby, P. B. (2012). Quality Management and Global Challenges. New York: McGraw-Hill

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3)

Deming, W. E. (2000). The New Economics for Industry, Government, Education. Cambridge: MIT Press

Dessler, G. (2017). Human Resource Management (15th ed.). Pearson Education

Drucker, P. F. (1993). Management: Tasks, Responsibilities, Practices. New York: Harper & Row

Drucker, P. F. (1993). Post-Capitalist Society. New York: HarperBusiness

Garrison, D. R., & Kanuka, H. (2004). Blended Learning: Uncovering its Transformative Potential in Higher Education. The Internet and Higher Education,

Hartono, T. (2021). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam: Perspektif Profesionalisme dan Mutu. Bandung: Pustaka Quraisy

Jay B. Barney, "Firm Resources and Sustained Competitive Advantage," Journal of Management, vol. 17, no. 1, 1991

Juran, J. M. (2000). Juran’s Quality Handbook. New York: McGraw-Hill

Juran, J. M. (2004). Juran’s Quality Handbook. New York: McGraw-Hill

Kamaruddin, M. (2020). Capacity Building in Islamic Boarding Schools: A Case Study in Southeast Asia. Kuala Lumpur: Ilmi Press

Kanji, G. K. (2002). A Customer-Focused Approach to Total Quality Management. London: Sage Publications

Karim, M., & Fadhil, I. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan: Teori dan Praktik di Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Alam

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall

Kotler, P. (2016). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control (15th ed.). Pearson Education.

Lewin, Kurt. Field Theory in Social Science. Harper & Row, 1951

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Newbury Park: Sage

McGregor, Douglas. The Human Side of Enterprise. McGraw-Hill, 1960

Mintzberg, H. (1994). The Rise and Fall of Strategic Planning. New York: Free Press

Muhaimin, D., & Murtadho, M. (2017). Manajemen Pendidikan Islam: Perspektif Teoritis dan Praktis. Jakarta: Rajawali Press

Nasution, H., & Wahid, R. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan Islam di Pesantren: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana

Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The Knowledge-Creating Company: How Japanese Companies Create the Dynamics of Innovation. Oxford University Press.

Nurhayati, S. (2020). Kualitas Layanan Pendidikan dan Implikasinya terhadap Reputasi Lembaga Pendidikan. Jakarta: Mitra Pustaka

Owen, J. M. (2007). Program Evaluation: Forms and Approaches. St. Lucie Press

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods. Thousand Oaks: Sage Publications

Porter, Michael E. Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. The Free Press, 1985

Putnam, R. D. (2000). Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community. Simon & Schuster.

Rahman, M. (2019). Strategi Membangun Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Pendidikan Islam. Bandung: Penerbit Mujahid

Rogers, Everett M. Diffusion of Innovations. 5th ed., Free Press, 2003

Salleh, M. (2020). Islamic Education in Malaysia: Challenges and Opportunities in the 21st Century. Selangor: Darul Ilmi Press

Sallis, E. (2014). Total Quality Management in Education. New York: Routledge, hlm. 35-40.

Schein, E. H. (2010). Organizational Culture and Leadership (4th ed.). Jossey-Bass

Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Geneva: World Economic Forum

Senge, P. M. (1990). The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization. New York: Doubleday

Sukmadinata, N. S. (2020). Dimensi Sosial dalam Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta

Sulaiman, I., & Rasyid, A. (2017). Manajemen Pendidikan di Pesantren: Menghadapi Tantangan Modernisasi. Malang: Pustaka Cendikia

Tohir, M., & Aslam, M. (2019). Pendidikan Islam di Pesantren: Sejarah dan Peranannya dalam Membangun Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press

Wahyudi, I., & Aziz, A. (2020). Smart Education and Technology Integration in Islamic Boarding Schools. Jakarta: Pustaka Ramadhan

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy: Toward Global Sustainability (13th ed.). Pearson Education

Wibowo, S. (2020). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Pesantren. Bandung: Rosda

Yasin, M., & Fikri, M. (2022). Pendidikan dan Kebudayaan: Pilar Pembangunan Berkelanjutan. Malang: Pustaka Ilmu

Yusuf, A., & Rahman, F. (2019). Integrasi Kurikulum di Pesantren: Studi Kasus di Asia Tenggara. Jakarta: Lentera

Zubaidi, A. (2021). Digitalisasi Pendidikan Islam: Studi di Pesantren. Malang: UIN Press

Downloads

Published

06-07-2025

How to Cite

Tyasmaning, E. (2025). Manajemen Mutu Lembaga Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Pondok An Nahdloh Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 33–57. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v6i1.3741

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.