Manajemen Mutu Lembaga Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Pondok An Nahdloh Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v6i1.3741Keywords:
Manajemen mutu, Pendidikan berkualitas, Pondok pesantrenAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penerapan manajemen mutu lembaga di Pondok An-Nahdloh, Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia. Pendidikan berkualitas tidak hanya bergantung pada kemampuan tenaga pendidik, tetapi juga pada manajemen lembaga yang terstruktur dan berorientasi pada peningkatan mutu. Program ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak pondok pesantren dalam analisis kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Metode yang digunakan meliputi pelatihan manajemen mutu, pendampingan penyusunan visi, misi, dan tujuan lembaga, serta pengembangan kurikulum berbasis integrasi ilmu agama dan ilmu modern. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kapasitas manajerial pengelola pondok dalam menyusun program pendidikan yang terukur dan berkelanjutan. Selain itu, program ini juga berhasil meningkatkan kesadaran para guru dan staf administrasi terhadap pentingnya mutu pendidikan yang terstandar. Penerapan konsep manajemen mutu terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan kepuasan para siswa dan orang tua terhadap layanan pendidikan yang diberikan. Kesimpulannya, penerapan manajemen mutu lembaga di Pondok An-Nahdloh telah memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan yang dihasilkan. Program PkM ini dapat menjadi model bagi lembaga pendidikan lainnya dalam upaya meningkatkan mutu secara berkesinambungan, terutama pada lembaga pendidikan berbasis pesantren di Pondok An-Nahdloh, Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia.
Downloads
References
Abdullah, A., & Fadhil, R. (2021). Manajemen Kualitas Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Madani
Abdullah, R., & Hassan, S. (2018). Pendidikan Islam di Asia Tenggara: Perspektif Malaysia dan Indonesia. Kuala Lumpur: Penerbit Universiti Malaya
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Prentice-Hall.
Ali, S., & Fitriani, L. (2020). Pesantren di Era Globalisasi: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam di Zaman Modern. Surabaya: UMM Press
Alimuddin, H., & Wahid, A. (2018). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya
Amin, Z., & Hasan, R. (2019). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Argyris, C., & Schön, D. A. (1996). Organizational Learning II: Theory, Method, and Practice. Reading, MA: Addison-Wesley
Azra, A. (2021). Transformasi Pesantren dalam Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: UII Press
Barney, Jay B. Resource-Based View of the Firm. Journal of Management, Vol. 17, 1991
Bass, Bernard M. Leadership and Performance Beyond Expectations. Free Press, 1985
Bates, A. W. (2015). Teaching in a Digital Age. Vancouver: Tony Bates Associates Ltd
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Longmans, Green, & Co
Brinkerhoff, Jennifer M. Partnerships for International Development: Rhetoric or Results? Lynne Rienner Publishers, 2002.
Burns, J. M. (1978). Leadership. Harper & Row
cott, W. R. (2003). Organizations: Rational, Natural, and Open Systems (5th ed.). Pearson Prentice Hall
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications
Crosby, P. B. (2012). Quality Management and Global Challenges. New York: McGraw-Hill
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3)
Deming, W. E. (2000). The New Economics for Industry, Government, Education. Cambridge: MIT Press
Dessler, G. (2017). Human Resource Management (15th ed.). Pearson Education
Drucker, P. F. (1993). Management: Tasks, Responsibilities, Practices. New York: Harper & Row
Drucker, P. F. (1993). Post-Capitalist Society. New York: HarperBusiness
Garrison, D. R., & Kanuka, H. (2004). Blended Learning: Uncovering its Transformative Potential in Higher Education. The Internet and Higher Education,
Hartono, T. (2021). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam: Perspektif Profesionalisme dan Mutu. Bandung: Pustaka Quraisy
Jay B. Barney, "Firm Resources and Sustained Competitive Advantage," Journal of Management, vol. 17, no. 1, 1991
Juran, J. M. (2000). Juran’s Quality Handbook. New York: McGraw-Hill
Juran, J. M. (2004). Juran’s Quality Handbook. New York: McGraw-Hill
Kamaruddin, M. (2020). Capacity Building in Islamic Boarding Schools: A Case Study in Southeast Asia. Kuala Lumpur: Ilmi Press
Kanji, G. K. (2002). A Customer-Focused Approach to Total Quality Management. London: Sage Publications
Karim, M., & Fadhil, I. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan: Teori dan Praktik di Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Alam
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall
Kotler, P. (2016). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control (15th ed.). Pearson Education.
Lewin, Kurt. Field Theory in Social Science. Harper & Row, 1951
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Newbury Park: Sage
McGregor, Douglas. The Human Side of Enterprise. McGraw-Hill, 1960
Mintzberg, H. (1994). The Rise and Fall of Strategic Planning. New York: Free Press
Muhaimin, D., & Murtadho, M. (2017). Manajemen Pendidikan Islam: Perspektif Teoritis dan Praktis. Jakarta: Rajawali Press
Nasution, H., & Wahid, R. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan Islam di Pesantren: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana
Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The Knowledge-Creating Company: How Japanese Companies Create the Dynamics of Innovation. Oxford University Press.
Nurhayati, S. (2020). Kualitas Layanan Pendidikan dan Implikasinya terhadap Reputasi Lembaga Pendidikan. Jakarta: Mitra Pustaka
Owen, J. M. (2007). Program Evaluation: Forms and Approaches. St. Lucie Press
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods. Thousand Oaks: Sage Publications
Porter, Michael E. Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. The Free Press, 1985
Putnam, R. D. (2000). Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community. Simon & Schuster.
Rahman, M. (2019). Strategi Membangun Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Pendidikan Islam. Bandung: Penerbit Mujahid
Rogers, Everett M. Diffusion of Innovations. 5th ed., Free Press, 2003
Salleh, M. (2020). Islamic Education in Malaysia: Challenges and Opportunities in the 21st Century. Selangor: Darul Ilmi Press
Sallis, E. (2014). Total Quality Management in Education. New York: Routledge, hlm. 35-40.
Schein, E. H. (2010). Organizational Culture and Leadership (4th ed.). Jossey-Bass
Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Geneva: World Economic Forum
Senge, P. M. (1990). The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization. New York: Doubleday
Sukmadinata, N. S. (2020). Dimensi Sosial dalam Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta
Sulaiman, I., & Rasyid, A. (2017). Manajemen Pendidikan di Pesantren: Menghadapi Tantangan Modernisasi. Malang: Pustaka Cendikia
Tohir, M., & Aslam, M. (2019). Pendidikan Islam di Pesantren: Sejarah dan Peranannya dalam Membangun Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press
Wahyudi, I., & Aziz, A. (2020). Smart Education and Technology Integration in Islamic Boarding Schools. Jakarta: Pustaka Ramadhan
Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy: Toward Global Sustainability (13th ed.). Pearson Education
Wibowo, S. (2020). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Pesantren. Bandung: Rosda
Yasin, M., & Fikri, M. (2022). Pendidikan dan Kebudayaan: Pilar Pembangunan Berkelanjutan. Malang: Pustaka Ilmu
Yusuf, A., & Rahman, F. (2019). Integrasi Kurikulum di Pesantren: Studi Kasus di Asia Tenggara. Jakarta: Lentera
Zubaidi, A. (2021). Digitalisasi Pendidikan Islam: Studi di Pesantren. Malang: UIN Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Endang Tyasmaning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.