Pendampingan Program Mengaji Menggunakan Metode Iqro’ (Tingkat Dasar) Pada Anak-Anak Melalui Pemberdayaan IPNU dan IPPNU di Desa Kenongo
DOI:
https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v2i2.390Keywords:
Metode Iqro, Pengajar TPQ, Pemberdayaan IPNU dan IPPNUAbstract
Tujuan utama pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah: 1) Memudahkan siswa dalam belajar membaca dan memahami Al-Qur’an guna hasil maksimal; 2) Meningkatkan minat dan kemampuan anak-anak dalam membaca Al-Quran; 3) Memberdayakan organisasi IPNU dan IPPNU untuk pengabdian masyarakat dan persiapan jangka panjang lembaga TPQ; 4) Membudayakan membaca Al-Qur’an sebagai wadah meminimalisir pengaruh buruk eraglobalisasi dan perkembangan IT yang sangat pesat, telah sepenuhnya terlaksana dengan baik. Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh mahasiswa KKN dan dosen DPL yang sudah memiliki basic pengajaran terkait program mengaji menggunakan metode iqro’. Pendampingan program mengaji menggunakan metode iqro’ (tingkat dasar) pada anak-anak melalui pemberdayaan IPNU dan IPPNU di Desa Kenongo disambut baik dari berbagai kalangan baik dari pihak pengurus TPQ ataupun pihak IPNU dan IPPNU, dengan adanya kolaborasi antara lembaga pendidikan dan organisasi tersebut banyak memberikan dampak positif dan bisa meminimalisir permasalahan yang ada di lapangan khususnya terkait kekurangan pengajar.
Downloads
References
Amrizal, Dedi. “PENERAPAN METODE FAHIM QURAN ( TINGKAT DASAR ) PADA PENGAJIAN QU R ’ AN ANAK DAN REMAJA DI RANTING MUHAMMADIYAH MENUJU PEMBERDAYAAN CABANG DAN” 2, no. 1 (2018).
Lisa, Hendro, Pendidikan Guru, Madrasah Ibtidaiyah, and Ekonomi Syariah. “PENDAMPINGAN PROGRAM MAGRIB MENGAJI PADA ANAK,” no. april 2020 (n.d.): 24–26.
Maharani, Sri, Pendidikan Guru, Pendidikan Anak, Usia Dini, and Universitas Negeri Padang. “Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur ’ an Anak Usia Dini” 4 (2020): 1288–1298.
Rahmawati, Yeni. “MEMBACA AL- QUR ’ AN DI TPQ AL HUSAINI REJASARI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) PURWOKERTO” (2017).
Srijatun. “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur ’ an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal . Srijatun UIN Walisongo Semarang Pendahuluan Usia Dini Merupakan Periode Awal Yang Paling Penting Dan Mendasar Dalam Sepanjang” 11 (2017): 25–42.
Ulfah, Tsaqifa Taqiyya, Muhammad Shaleh Assingkily, and Izzatin Kamala. “IMPLEMENTASI METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL- QUR’AN” 2, no. 2 (2019): 59–69.
Zulfitria, and Zainal (Universitas Muhammadiyah Tangerang) Arif. “Penerapan Metode Iqro Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di TK Hiama Kids” (2017): 57–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Deny Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.