Pendampingan Program Mengaji Menggunakan Metode Iqro’ (Tingkat Dasar) Pada Anak-Anak Melalui Pemberdayaan IPNU dan IPPNU di Desa Kenongo

Pengabdian Kepada Masyarakat

Authors

  • Deny Setiawan Institut Agama Islam Sunan Kalijogo

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v2i2.390

Keywords:

Metode Iqro, Pengajar TPQ, Pemberdayaan IPNU dan IPPNU

Abstract

Tujuan utama pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah: 1) Memudahkan siswa dalam belajar membaca dan memahami Al-Qur’an guna hasil maksimal; 2) Meningkatkan minat dan kemampuan anak-anak dalam membaca Al-Quran; 3) Memberdayakan organisasi IPNU dan IPPNU untuk pengabdian masyarakat dan persiapan jangka panjang lembaga TPQ; 4) Membudayakan membaca Al-Qur’an sebagai wadah meminimalisir pengaruh buruk eraglobalisasi dan perkembangan IT yang sangat pesat, telah  sepenuhnya terlaksana dengan baik. Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh mahasiswa KKN dan dosen DPL yang sudah memiliki basic pengajaran terkait program mengaji menggunakan metode iqro’. Pendampingan program mengaji menggunakan metode iqro’ (tingkat dasar) pada anak-anak melalui pemberdayaan IPNU dan IPPNU  di Desa Kenongo disambut baik dari berbagai kalangan baik dari pihak pengurus TPQ ataupun pihak IPNU dan IPPNU, dengan adanya kolaborasi antara lembaga pendidikan dan organisasi tersebut banyak memberikan dampak positif dan bisa meminimalisir permasalahan yang ada di lapangan khususnya terkait kekurangan pengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-01-2022

How to Cite

Setiawan, D. (2022). Pendampingan Program Mengaji Menggunakan Metode Iqro’ (Tingkat Dasar) Pada Anak-Anak Melalui Pemberdayaan IPNU dan IPPNU di Desa Kenongo: Pengabdian Kepada Masyarakat. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 126–136. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v2i2.390