Akulturasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Multikultural di Pondok An Nahdloh Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v6i1.4260Keywords:
Akulturasi, Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Berbasil Multicultural, Pondok An NahdlohAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengembangkan akulturasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural di Pondok An Nahdloh Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia. Pondok ini memiliki santri dengan latar belakang budaya yang beragam, berasal dari berbagai daerah, yang membawa adat istiadat dan tradisi masing-masing. Keberagaman ini menjadi tantangan sekaligus potensi dalam menciptakan suasana pendidikan yang inklusif dan harmonis. Melalui pendekatan berbasis multikultural, PkM ini berfokus pada integrasi nilai-nilai universal dalam Islam, seperti toleransi, saling menghormati, dan penghargaan terhadap perbedaan, dengan tetap mempertahankan akar budaya lokal setiap santri. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pelatihan bagi pengurus pondok, pengajaran kurikulum berbasis multikultural, dan diskusi tentang pentingnya pendidikan yang mampu mengakomodasi berbagai identitas budaya dalam konteks Islam. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat memperkaya wawasan para santri dalam menghadapi dinamika sosial yang beragam, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap pentingnya hidup berdampingan dalam keragaman budaya. Dengan demikian, Pondok An Nahdloh menjadi model pendidikan Islam yang mampu mengintegrasikan keberagaman budaya dalam kerangka pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai Islam yang universal.
Downloads
References
Abdurrahman Wahid, Islam Kosmopolitan: Nilai-nilai Universal Islam dan Tantangannya (Jakarta: Penerbit Lentera Hati, 2007)
Ahmad Fauzi Abdul Hamid, Multiculturalism in Malaysia: Islamic Perspectives and Challenges (Kuala Lumpur: International Islamic University Malaysia Press, 2020)
Ahmad Najib Burhani, Pendidikan Islam dan Tradisi Pesantren di Asia Tenggara: Studi Perbandingan Indonesia dan Malaysia (Jakarta: Penerbit Kencana, 2020)
Ahmad Najib Burhani, Pendidikan Islam dan Transformasi Sosial (Jakarta: Penerbit Kencana, 2020)
Al-Ghazali, Ihya Ulum al-Din, Vol. 3 (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 2004)
Anthony Giddens, Sociology, 6th ed. (Cambridge: Polity Press, 2009)
Azyumardi Azra, Islam dan Pendidikan Multikultural (Jakarta: Penerbit RajaGrafindo Persada, 2016)
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam dalam Tantangan Globalisasi (Jakarta: Penerbit RajaGrafindo Persada, 2014)
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III (Jakarta: Kencana, 2007)
Daniel Goleman, Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ (New York: Bantam Books, 1995)
Geneva Gay, Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice, 2nd ed. (New York: Teachers College Press, 2010)
Ikhlas, H., & Firdaus, N. (2018). Program Implementasi Multikultural dalam Lingkungan Pendidikan Islam. Penerbit Jurnal Pengabdian Islam
Ismail Hakimi, "Peran Pondok Pesantren dalam Pendidikan Multikultural: Studi Kasus di Pondok An Nahdloh Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia," Jurnal Pendidikan Islam, vol. 12, no. 2 (2023)
Ismail Hakimi, Keberagaman Budaya di Pondok Pesantren An Nahdloh (Selangor: Penerbit Al-Hikmah, 2023)
James A. Banks, An Introduction to Multicultural Education (Boston: Pearson, 2008)
James A. Banks, Cultural Diversity and Education: Foundations, Curriculum, and Teaching, 6th ed. (Boston: Pearson, 2015)
M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat (Bandung: Mizan, 2007)
M. Quraish Shihab, Islam yang Saya Anut: Dasar-Dasar Ajaran Islam (Tangerang: Lentera Hati, 2021)
Maulani, R., & Asmar, F. (2019). Peran Forum Diskusi dalam Penguatan Kerukunan Multikultural. Jurnal Studi Islam dan Multikulturalisme, 7(1)
Mel Ainscow, Developing Inclusive Education Systems: Lessons for Education Reform (London: Routledge, 2005)
Metodologi Penelitian dan Survei dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat (Jakarta: Penerbit Akademika, 2018)
Michael Walzer, On Toleration (New Haven: Yale University Press, 1997)
Mujamil Qomar, Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi (Yogyakarta: LKiS, 2012)
Nurcholish Madjid, Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan (Bandung: Mizan, 1997)
Nurul Hidayah, "Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam di Pondok Pesantren An Nahdloh," Jurnal Pendidikan Islam, vol. 13, no. 1 (2024)
Nurul Hidayah, "Prinsip Pendidikan Multikultural dalam Islam: Studi Kasus Pesantren Multikultural," Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Islam, vol. 11, no. 2 (2023)
Ramadhani, T., & Azra, A. (2017). Model Orientasi Multikultural dalam Program PkM Berbasis Pesantren. Penerbit RajaGrafindo Persada
Robert Redfield, The Primitive World and Its Transformations (Ithaca: Cornell University Press, 1956)
Rosnani Hashim, Education and Cultural Diversity in Malaysia (Petaling Jaya: Penerbit Universiti Malaya, 2019)
Rosnani Hashim, Multicultural Education in Islamic Schools: Principles and Practices (Kuala Lumpur: IIUM Press, 2015)
Rosnani Hashim. (2021). Pendekatan Pendidikan Multikultural dalam Pondok Pesantren. Kuala Lumpur: IIUM Press
Siti Aminah, A., & Setiawan, Y. (2021). Evaluasi Program PkM dalam Pendidikan Multikultural: Studi Kasus Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Islam, 13(2)
Syed Ismail, Islamic Education in the Multicultural Era (Kuala Lumpur: International Islamic University Press, 2006)
Thomas Lickona, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (New York: Bantam Books, 1991)
Zainal Arifin, "Universalitas Islam dalam Konteks Multikulturalisme," Jurnal Pendidikan Islam, vol. 15, no. 1 (2022)
Zulfikar, M., & Wahyuni, A. (2020). Pelatihan Akulturasi Budaya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 12(3)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Hadi Sutiyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.