Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Sosial, Pendidikan, Serta Keagamaan di Desa Bagorkulon Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Cecilia Fahima Faradiba Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Bima Wahyu Adiputra Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Haris Vikriansyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Liliana Floren Valensia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Tiara Nur Anggraini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i1.627

Keywords:

Optimalisasi, Pemberdayaan masyarakat, Sosial, Pendidikan, Keagamaan

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu proses pembangunan sebuah masyarakat dimana masyarakat tersebut juga berperan secara aktif dalam proses memperbaiki situasi dan kondisi diri mereka sendiri, bukan hanya sebagai penerima manfaat. Pemberdayaan masyarakat sangat penting untuk dilakukan guna meningkatkan dan memperbaiki kondisi sebuah masyarakat khusunya bagi masyarakat Desa Bagorkulon Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan optimalisasi pemberdayaan masyarakat terhadap permasalahan-permasalahan yang ada pada masyarakat Desa Bagorkulon. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode PAR (Participatory Action Research) kepada masyarakat Desa Bagorkulon dengan beberapa langkah-langkah yaitu pemetaan awal, persiapan awal, identifikasi data, dan analisis sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga permasalahan yang ada di Desa Bagorkulon yaitu dalam sektor sosial terkait LAZISNU, sektor pendidikan terkait moralitas dan intelektualitas anak-anak Desa Bagorkulon, dan sektor keagamaan terkait pengajaran TPQ. Berdasarkan permasalahan tersebut kemudian dilakukan pelaksanaan langkah-langkah optimalisasi pemberdayaan masyarakat yang hasilnya berjalan lancar. Selain itu, seluruh elemen masyarakat juga menyambut dengan antusias dan berpartisipasi aktif dalam seluruh proses pelaksanaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Agus., dkk. Modul Participatory Action Research (PAR) Untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing), IAIN Sunan Ampel Surabaya: LembagaPengabdian Masyarakat, 2013.

Huda, Sokhi., Bekal Ringkas Penelitian Partisipatoris Untuk Kuliah Kerja Nyata, IKAHA Tebuireng Jombang, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA, cet ke 2, 2018.

Ubaidillah, Ahmad., Buana, Miftahal Anjarsabda., Subhan ZA, Moh. Ah., “Kekerasan Terhadap Wanita dalam Hukum Islam” BUDIMAS, Edisi 3, 2021, hal. 442-449.

Ziyadatur Rif’ah Agustina, Skripsi: “Implementasi Keterampilan Ibadah (Ubudiyah) Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MI Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik”. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020.

Downloads

Published

09-07-2023

How to Cite

Cecilia Fahima Faradiba, Bima Wahyu Adiputra, Haris Vikriansyah, Liliana Floren Valensia, & Tiara Nur Anggraini. (2023). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Sosial, Pendidikan, Serta Keagamaan di Desa Bagorkulon Kabupaten Nganjuk. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 59–73. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i1.627