Pelatihan Pengurusan Jenazah Bagi Jama’ah Masjid Ridho Allah Kota Jayapura-Papua

Authors

  • M. Thohar Al Abza Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua
  • Amri Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i1.881

Keywords:

Pelatihan, Pengurusan Jenazah, Jama’ah Masjid

Abstract

Mengurus Jenazah pada hakikatnya adalah anjuran agam Islam, oleh karena itu setiap manusia dituntut mengamalkanya sesuai Syariat Islam. Dalam mengamalkanya diperlukan pengetahuan tentang tata caranya. Kota Jayapura-Papua adalah salah satu wilayah yang masyarakatnya masih banyak yang belum mengetahui tata cara pengurusan Jenazah, karena dalam memandikan dan mengkafani Jenazah mempunyai tata cara tersendiri. Selanjunya banyak ditemukan masyarkat yang kebingungan untuk mencari seseorang sebagai pembimbing untuk mengarahkan keluarga tersebut memandikan dan mengkafani apabila ada sanak keluarga yang meninggal. Sehingga pelatihan ini pengurusan jenazah ini adalah sebagai kontribusi agar semakin banyak sumber daya manusia dalam kepengurusan Jenazah di Kota Jayapura. oleh karena itu kegiatan pelatihan ini akan difokuskan terlebih dahulu kepada para jamaah-Masjid Ridho Allah di Distrik Heram-Kota Jayapura dengan menggunakan metode Ceramah hingga Pratik secara mandiri. Hasil yang didapat dalam kegiatan ini adalah jamaah masjid Ridho Allah mendapatkan pemahaman mengenai konsep dan tata cara Memandikan dan mengkafani Jenazah. Selanjunya dari hasil praktik yang dilakukan, peserta dapat mengapikasikan teori yang sudah disampaikan oleh Pemateri. Sehingga dengan pemahaman teori dan praktik tersebut maka peserta nantinya dapat berkontribusi dalam membantu masyarakat lainya terkait Pengurusan Jenazah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Amri, and Rasyik Adila. “PENDAMPINGAN KOMUNITAS TUKANG BECAK BENGAWAN SOLO KELURAHAN BUNULREJO KOTA MALANG UNTUK.” Jurnal Pengabdian Masyarkat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan 2, no. 4 (2022): 22–32.

Islam, Fakultas Syariah Dan Ekonomi. Panduan Praktek Jenazah. Ambon: IAIN Ambon, 2017.

Linarwati, Mega, Azis Fathoni, Maria M Minarsih, Mahasiswa Jurusan, Manajemen Fakultas, Ekonomika Dan, Bisnis Universitas, Pandanaran Semarang, ) Dosen, and Jurusan Manajemen. “Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus.” Journal of Management 2, no. 2 (2016): 1–8.

Mualimah, and Yusuf. “Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Bagi Masyarakat Awam Di Desa Laikaaha Kec . Ranomeeto Kab . Konawe Selatan.” Amalia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2017): 49–60.

Perdana, Ryzal, Febra Anjar Kusuma, and Yuni Saputri. “Pelatihan Perawatan Jenazah Bagi Ibu-Ibu Jama ’ Ah Majelis Taklim An-Nahl Kecamatan Rajabasa.” Jurnal Sinergi 3, no. 1 (2022): 33–41.

Pulungan, Sahmiar, Sahliah Sahliah, and Sarudin Sarudin. “Peningkatan Keterampilan Pengurusan Jenazah Di MTs Ulumul Quran Medan.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12, no. 01 (2020): 25–35. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.231.

Sukiyanto, Sukiyanto, Rofiatun Nisa’, Tsalitsatul Maulidah, and Eli Mufidah. “Pendampingan Pelatihan Perawatan Jenazah Sesuai Dengan Syariat Islam.” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 4, no. 2 (2020): 97. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i2.899.

Trisnowali, Andi MS, Muh Askar, Mirdawati Arif, and Jeny Susanto. “Pelatihan Pengurus Jenazah Di Desa Pattimpa.” Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat x, no. 1 (2022): 33–38.

Downloads

Published

09-07-2023

How to Cite

Al Abza, M. T., & Amri. (2023). Pelatihan Pengurusan Jenazah Bagi Jama’ah Masjid Ridho Allah Kota Jayapura-Papua. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 22–33. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i1.881