Implementasi Nilai-Nilai Ekonomi Islam dalam Sistem Pengupahan di Home Industry Tempe Barokah

Authors

  • Mohammad Yusuf Wijaya IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Moh Rafi Balza Abda’u Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Nilai-nilai Ekonomi Islam, Ekonomi Islam, Pengupahan, Home Industry

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi nilai-nilai ekonomi Islam dalam sistem pengupahan di Home Industry Tempe Barokah. Home industry sering kali menetapkan upah berdasarkan hasil kerja atau sistem borongan, menyebabkan kompleksitas dalam pengupahan. Penelitian ini fokus pada implementasi pengupahan di Home Industry Tempe Barokah dan nilai-nilai ekonomi Islam yang diterapkan. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dengan analisis data deskriptif serta triangulasi sumber dan Teknik. Temuan dari riset  ialah Implementasi nilai-nilai ekonomi Islam dalam sistem pengupahan di Home Industry Tempe Barokah berhasil menunjukkan prinsip-prinsip keadilan, kesejahteraan pekerja, dan keseimbangan antara pekerja dan pemilik usaha. Praktik transparan dalam penentuan upah, fasilitas karyawan, komunikasi terbuka, dan survei kepuasan karyawan menjadi faktor pendukung yang menguatkan hubungan harmonis di lingkungan kerja. Meskipun demikian, penelitian juga mengidentifikasi beberapa tantangan seperti pemahaman yang kurang, resistensi budaya, dan keterbatasan finansial. Strategi efektif dalam mengatasi hambatan ini diperlukan untuk memastikan keberhasilan dalam menciptakan sistem pengupahan yang adil dan sesuai dengan nilai-nilai ekonomi Islam di Home Industry Tempe Barokah. Dengan demikian, implementasi nilai-nilai ekonomi Islam dalam pengupahan tidak hanya memberikan manfaat bagi kesejahteraan pekerja, tetapi juga memperkuat prinsip-prinsip kerjasama, keadilan, dan kesejahteraan dalam lingkungan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. A Islahi, “Moral foundations of Islamic economics: The objectives of Islamic economic behavior,” Journal of Islamic Economics, Banking and Finance 15, no. 3 (2019): 147–163.

Basri, “Market of Mechanism and Fair Pricing in Islamic: Nejatullah Siddiqi Persfective A Study of Modern Economic Phenomena.”

Kahf, “Islamic Economics: Notes on Definition and Methodology.".”

M Ramadhan, A., & Sulaiman, “Implementation of Islamic economics principles in micro and small enterprises: A literature review,” Journal of Business and Management 10, no. 4 (2021): 78–92.

M. U Chapra, “The Islamic Vision of Development in the Light of Maqasid al-Shariah,” ournal of Islamic Economics, Banking and Finance 15, no. 2 (2019): 137–159.

Yati, Alan, Helma Maraliza, dan Iip Nurul Topani. “Perspektif Hukum Ekonomi Syariah dan Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2021 terhadap Implementasi Perhitungan Upah Lembur (Studi PT Wahana Ottomitra Multiartha).” Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 2, no. 4 (2024): 775–786.

Widodo, B., & Pratama, D. “Role of Home Industry in Reducing Unemployment and Increasing Household Income: Evidence from Developing Countries.” Journal of Economic Development and Social Welfare 6, no. 2 (2019): 78–92.

Umar, Ahmad Ulil Albab Al. “Analisis Pemikiran Ekonomi Islam Menurut Syed Nawab Haider Naqvi.” : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 3 (2022): 226–231.

Utami, R. Persaingan antara Home Industry dan Industri Besar. surabaya: Universitas Airlangga Press, 2022.

Taufan, Nur Kusmiati, dan Ade Yunita Mafruhat. “Pengaruh Upah Minimum Kabupaten/Kota, Produk Domestik Regional Bruto dan Investasi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Jawa Barat Tahun 2009-2021.” Bandung Conference Series: Economics Studies 2, no. 2 (2022): 415–422.

Suandi, Ervin. “Standar dan Efektivitas Pengupahan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan Perspektif Ekonomi Islam” 3, no. 2 (2020): 197–209.

Basri, Basri. “Market of Mechanism and Fair Pricing in Islamic: Nejatullah Siddiqi Persfective A Study of Modern Economic Phenomena.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9, no. 3 (2023): 3771.

Endratama, Albert Andhika, dan Ika Wulandari. “Pelatihan Digital Merketing pada UMKM Rintisan di Sektor Industri Rumah Tangga.” Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum 4, no. 2 (2023): 51–58.

Furqani, Hafas, Gunawan Adnan, dan Ratna Mulyany. “Ethics in Islamic economics: microfoundations for an ethical endogeneity.” International Journal of Ethics and Systems 36, no. 3 (2020): 449–463.

Handayani, L. Penguatan Jaringan dan Kemitraan dalam Industri Rumahan. Surabaya: Universitas Airlangga Press, 2019.

Downloads

Published

12-12-2024

How to Cite

Mohammad Yusuf Wijaya, & Moh Rafi Balza Abda’u. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Ekonomi Islam dalam Sistem Pengupahan di Home Industry Tempe Barokah. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 240–254. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/3116