Service Learning Pidato Tiga Bahasa Dengan Metode Practice Rehearsal Pairs Pada Siswa MTs. Miftahul Huda Cendono

Authors

  • Hasan Syaiful Rizal Universitas Yudharta Pasuruan
  • Intan Nisful Lailanah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Siti Nur Khasanah
  • Bela Nur Maulidiah
  • Nabilah Kamaliah
  • Novita
  • Agus Salim

DOI:

https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v5i1.2347

Keywords:

Service learning, Pidato, Practice Rehearsal Pairs

Abstract

Berpidato merupakan bentuk komunikasi lisan di mana seseorang menyampaikan ide, gagasan, atau pesan dengan keyakinan kepada orang lain. Sejumlah siswa mengalami kurangnya kepercayaan diri dan merasa kesulitan untuk mengungkapkan ide atau gagasan mereka. Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan dampingan berupa pembelajaran pidato tiga bahasa kepada siswa menggunakan pendekatan metode practice rehearsal pairs. Kegiatan ini juga disusun dengan tujuan untuk memotivasi minat belajar siswa. Melalui rangkaian pelatihan dan praktik berpidato, siswa dibimbing untuk mengembangkan kejelasan, kefasihan, dan keterampilan dalam menyampaikan ide atau pendapat mereka dalam tiga bahasa yang berbeda. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berbicara siswa. Selain itu, keberhasilan kegiatan ini juga terlihat dari peningkatan minat belajar siswa yang terlibat dalam pembelajaran berpasangan dengan teman sekelas mereka. Implementasi praktik berpidato melalui metode practice rehearsal pairs mendorong siswa untuk mengaplikasikan keterampilan berbahasa mereka dalam konteks yang lebih luas. Implikasi yang diharapkan dari pendampingan ini dapat memberikan arahan bagi pihak terkait dalam merancang program serupa untuk meningkatkan keterampilan berpidato tiga bahasa di berbagai situasi pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hasan Syaiful Rizal, Universitas Yudharta Pasuruan

Lecturer at the Arabic Language Education study program at Yudharta University, Pasuran. Research interest in the fields of learning technology, learning media, Arabic linguistics, and Arabic language education.

References

Akhyar, Fitria. “Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dalam Kurikulum 2013 Sekolah Dasar.” In Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1:77–90, 2019.

Hardiana, Maulidia Tifani Alfin Nur, Siti Aisah, and Yussi Anggraini. “Pendampingan Pembelajaran Pidato Dengan Metode Practice Rehearsal Pairs Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Gramaswara 2, no. 2 (2022): 63–70.

Natalia, Christine. “Analisis Struktural Dan Ciri Kebahasaan Video Berpidato Nadiem Makarim Pada Kegiatan Hari Guru Nasional Tahun 2019-2021 Sebagai Alternatif Bahan Ajar Materi Berpidato Kelas IX.” Universitas Pasundan, 2022. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61649.

Puspita, Ristina Yani. Cara Praktis Belajar Pidato, MC, Dan Penyiar Radio. Anak Hebat Indonesia, 2017.

Putri, Mega. “Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Berpidato Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Angkatan 2018 Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok.” Jurnal Sastra Indonesia 10, no. 2 (2021): 78–84. https://journal.unnes.ac.id/sju/jsi/article/view/48337.

Putriyani, Pinkan. “Kemampuan Membaca Teks Pidato Siswa Kelas Xi Ipa 5 Sma Negeri 3 Palu.” Jurnal Bahasa dan Sastra 4, no. 2 (2019): 51–59.

Rizal, Hasan Syaiful, Dicha Riski Triwahyuni, and Vika Zida Akmaliah. “Pendampingan Pembelajaran Literasi Generasi Alfa Di SDN Tongas Wetan IV Probolinggo.” Khidmatuna: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2024): 201–213. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/1780.

Setyowati, Endah, and Alviani Permata. “Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat.” Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1, no. 2 (2018): 143.

Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, and Sekar Ayu Aryani. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Downloads

Published

29-07-2024

How to Cite

Syaiful Rizal, H., Nisful Lailanah, I., Nur Khasanah, S., Nur Maulidiah, B., Kamaliah, N., Novita, & Salim, A. (2024). Service Learning Pidato Tiga Bahasa Dengan Metode Practice Rehearsal Pairs Pada Siswa MTs. Miftahul Huda Cendono. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 34–44. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v5i1.2347