Perspektif Ekonomi Syariah Terhadap Fenomena Warung Madura 24 jam di Kecamatan Jabung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mochamad Mukhlis

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena keberadaan warung Madura 24 jam di Kecamatan Jabung, yang menjadi solusi kebutuhan masyarakat akan akses barang sehari-hari di luar jam operasional toko konvensional. Warung-warung ini menghadirkan manfaat sosial-ekonomi yang signifikan, namun menimbulkan tantangan terkait administrasi kependudukan, keamanan, serta dampak sosial lainnya. Regulasi pemerintah mengenai jam operasional toko swalayan dipandang kurang relevan karena warung Madura tidak memenuhi kriteria minimarket, sehingga tetap beroperasi 24 jam tanpa melanggar peraturan. Dari perspektif ekonomi syariah, operasional warung ini dianggap sejalan dengan prinsip Islam jika transaksi dan praktik bisnisnya terhindar dari unsur riba, gharar, dan maysir. Pemilik warung diharapkan untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan dan harga yang adil bagi konsumen, sehingga keberlanjutan usaha dapat tercapai. Studi ini menekankan pentingnya keseimbangan antara manfaat ekonomi dan kepatuhan terhadap nilai-nilai syariah dalam menjaga integritas usaha warung Madura di tengah berbagai tantangan ekonomi dan sosial

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mochamad Mukhlis. (2025). Perspektif Ekonomi Syariah Terhadap Fenomena Warung Madura 24 jam di Kecamatan Jabung. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 124–139. https://doi.org/10.51339/iqtis.v7i1.3074

References

  1. Adang Supriyadi, A. Kebijakan Fiskal Dan UMKM Di Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2022.
  2. Adil Fihukmi Farqi, Yuzicha Nindia Safira Revizal, Wisnu Aji, and Tiara Putri Maulida. “Analisis Fenomena Warung Madura 24 Jam Dalam Perspektif Solidaritas Dan Pembangunan Ekonomi Modern Di Desa Tegalboto, Sumbersari, Jember.” Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia 2, no. 3 (2024): 29–40.
  3. Damayanti, Hera Marylia. “Polemik Jam Operasional Warung Madura.” RadarMadura.Id. Last modified 2024. https://radarmadura.jawapos.com/opini/744615495/polemik-jam-operasional-warung-madura.
  4. Dr. H. Zuhri Abdussamad, S.I.K., M.Si. Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press. Vol. 4, 2021.
  5. Fakhrizal, Ryan Zaqi, Ernyta Dwi Agustin, and Muhammad Jawahir Al Farisi. “Fungsi Digital Marketing Bagi (Usaha Mikro Kecil Menengah) Warung Madura Di Kawasan Ketintang.” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) 1 (2022): 797–804.
  6. Furaisiyah, Aisyatul. “Peningkatan Omzet Penjualan Melalui Strategi Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Warung Sederhana Mbak Elin Pamekasan.” Institut Agama Islam Negeri Madura, 2022.
  7. Hardani, Eneng Iviq Hairo Rahayu, and Iwan. “Moderasi Harga Terhadap Hubungan Lokasi Usaha Dengan Keputusan Pembelian Pada Warung Madura Di Cengkareng-Jakarta Barat.” Jurnal Administrasi Bisnis 4, no. 1 (2024): 1–6.
  8. Heri, Ielmy Aulia, and Aldila Septiana. “Strategi Penjualan Pada Warung Madura (Studi Kasus Pada Warung Madura Di Kab. Bangkalan).” Kabilah: Journal of Social Community 9, no. 14 (2024): 182–190.
  9. Hidayat, Ujang Syaiful, Dwi Widi Hariyanto, and Iwan Wahyu Susanto. “Meneropong Collective Entrepreneurship Dan Manajemen Strategis Pada Toko/Warung Madura.” IMKA: Implementasi Manajemen & Kewirausahaan 3, no. 2 (2023): 52–60.
  10. Izzati, Irma Nur, Muhammad Isbad Addainuri, and Fahrurrozi. “Aspek Modal Sosial: Peluang Dan Tantangan Warung Madura Di Kota Tangerang Selatan.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) 8, no. 3 (2024): 494–512.
  11. Mamonto, Muhammad Shidiq. “Dampak Ekonomi Waralaba (Minimarket) Terhadap Pendapatan Pedagang Kelontong Di Kelurahan Perkamil Kecamatan Paal Dua Kota Manado Dalam Perspektif Ekonomi Syaro’ah.” IAIN Manado, 2024.
  12. Mukhlis, Mochamad, and Fatkhur Risky Dwi Putro. “Revitalisasi Pasar Rakyat Modern Dalam Penguatan Ekonomi Umat (Studi Pada Pasar Terpadu Dinoyo Kota Malang).” Jurnal Al-Iqtishod (Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah) 1, no. 1 (2019): 45–58.
  13. Sulistiani, Ria, and Iva Faizah. “Strategi Pemasaran Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Sate Madura (Studi Pada Warung Sate Madura Cak Budi Di Jalan Imam Bonjol Kota Metro).” Jaksya: Jurnal Akuntansi Syari’ah 2, no. 1 (2024).
  14. T., Kurniawan. Ekonomi Syariah Dalam Pengembangan UMKM. Surabaya: Pustaka Media Nusantara, 2023.
  15. Wiryaatmdja, Aghatya Sasqia Putri. “Strategi Pengembangan UMKM Warung Madura Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pengelola Warung Di Kelurahan Cempaka Putih Tangerang Selatan.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023.
  16. HR. Ath-Thabrani