Studi Genealogi Pendidikan Pesantren KH. Achmad Qusyairy Manshur Mojokerto

Authors

  • Ahmad wasil Wasil Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Studi Genealogi, Pendidikan, Pesantren, KH. Achmad Qusyairy Manshur

Abstract

Pendidikan pesantren bukan untuk mengejar kepentingan kekuasaan, uang dan keagungan duniawi, tetapi menanamkan kepada mereka bahwa belajar adalah semata-mata kewajiban dan pengabdian kepada Tuhan. Paradigma genealogi KH. Achmad Qusyairy Manshur sesuai dengan tujuan dari diselenggarakannya pendidikan pesantren dengan mengkolaborasikan genealogi yang jelas dengan pengaruh kontribusinya pada perkembangan pendidikan pesantren. Dari hal itulah peneliti mempunyai pandangan dan ketertarikan untk meneliti (1) Genealogi Sosial-Intelektual KH. Achmad Qusyairy Manshur, Mojokerto, (2) Pengaruh Kontribusi KH. Achmad Qusyairy Manshur pada Perkembangan Pendidikan Pesantren. Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan historis. Teknik pengumpulaan data dilakukan (1) Observasi langsung, (2) Observasi tak langsung, (3) Observasi langsung, (4) Komunikasi langsung. Adapun jenis data dan sumber data dalam penelitian ini (1) Data primer yang didapat dari hasil komunikasi langsung dan tak langsung dengan setiap informan yang mengalami atau mengetahui peristiwa tersebut secara akurat mulai dari keluarga, pengurus, alumni pondok disertai rekaman dan hasil wawancara, dan buku biografi KH. Bahri (2) Data sekunder yang didapat dari arsip peninggalan berupa catatan kecil, artikel dalam jurnal, peninggalan foto. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya (1) Genealogi Sosial-Intelektual KH. Achmad Qusyairy Manshur Mojokerto diketahui mempunyai garis keturunan hingga Rasulullah SAW yang juga melahirkan keturunan shalih, dan garis keilmuannya dipercaya mempunyai guru yang istimewa. (2) Pengaruh Kontribusi KH. Achmad Qusyairy Manshur pada Perkembangan Pendidikan Pesantren mempunyai paradigma Fikrah, Amaliyah, dan Strategi yang melahirkan orang-orang yang luar biasa hingga mereka juga dapat melahirkan lembaga pendidikan pesantren dengan mencontoh segala macam paradigma KH. Achmad Qusyairy Manshur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11-01-2023

How to Cite

Wasil, A. wasil. (2023). Studi Genealogi Pendidikan Pesantren KH. Achmad Qusyairy Manshur Mojokerto. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 100–116. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1147