Komunikasi Persuasif Komunitas Pondok Belantara Adventure Riau Dalam Mengampanyekan Isu Lingkungan Pada Masyarakat Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.51339/ittishol.v6i1.2756Keywords:
Komunikasi Persuasif, Pondok Belantara, Isu lingkunganAbstract
Seiring dengan pertambahan penduduk dan perkembangan berbagai industri dan teknologi, maka masalah lingkungan telah menjadi masalah serius yang di hadapi oleh manusia. Perilaku masyarakat terhadap lingkungan sesungguhnya tidak terlepas dari tingkat pengetahuan dan sikap tentang berbagai hal yang berkaitan dengan lingkungan. Adapun untuk mengurangi hal tersebuat salah satu hal yang harus di lakukan adalah mengampanyekan isu lingkungan. Dari sekian banyaknya komunitas peduli lingkungan yang ada di Pekanbaru, ada pun komunitas yang menarik melakukan Komunikasi Persuasif kegiatan kampanye isu lingkungan dengan melalui kesenian yaitu Pondok Belantara Adventure Riau. Penelitian ini berfokus pada Komunikasi Persuasif Komunitas Pondok Belantara Adventure Riau dalam Mengampanyekan isu lingkungan pada Masyarakat Kota Pekanbaru, guna mendapatkan respon positif dari masyarakat Kota Pekanbaru. alam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi persuasif yang di lakukan komunitas pondok belantara dalam mengampanyekan isu lungkungan yang ada di kota Pekanbaru adalah (1) Pendekatan, (2) Aspek internal, (3) Aspek Eksternal. Adapun Faktor Pendukung dan Faktor penghambat komunitas pondok belantara dalam menyampaikan pesan persuasive pada Masyarakat kota Pekanbaru. Sejauh ini komunikasi persuasif yang di lakukan komunitas pondok belantara sudah berjalan dengan baik.
Downloads
References
Aidilla, T. (2023). Akibat Hujan Deras, Pekanbaru Terendam Banjir. Republika.Co.Id.
Anugerah, M. Fajar, Sujianto Sujianto, and Adlin Adlin. "PELAKSANAAN KOORDINASI DALAM MEWUJUDKAN GREEN CITY." Jurnal Kebijakan Publik 7, no. 1.
Bungsu, Rajo, and Kemas Imron Rosadi. "Faktor yang mempengaruhi berpikir sistem: aspek internal dan eksternal." Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 2, no. 2 (2020): 205-215.
Dini, J. P. A. U. "Model Komunikasi Persuasif pada Pembelajaran Materi Praktek Shalat Fardhu pada Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 6 (2022): 7223-7231.
Hendri, Ezi. "Komunikasi persuasif: pendekatan dan strategi." Bandung: PT Remaja Rosdakarya (2019).
Husin, Alfiansyah. "Komunikasi Persuasif (Dakwah Quraish Shihab Dalam Channel Youtube Najwa Shihab)." Mukammil: Jurnal Kajian Keislaman 1 (2022): 39-55.
Littlejohn, Stephen W., and Karen A. Foss, eds. Encyclopedia of communication theory. Vol. 1. Sage, 2009.
Marwuri, Trilis, and Nova Yohana. "Komunikasi persuasif komunitas earth hour dalam membentuk perilaku ramah lingkungan pada masyarakat di kota Pekanbaru (Studi pada aksi rampok sampah di car free day jalan diponegoro." Pekanbaru: Universitas Riau, Indonesia (2016).
Mirawati, I. Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era DigitaL. (2021).
Natalina, D., & Gandana, G. Komunikasi dalam PAUD (4th ed.). Ksatria Siliwang, (2019).
Pohan, Albert Efendi. Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung, 2020.
Prihanti, G. S. Empati dan Komunikasi (4th ed.). UMM Press, (2017).
Maliki, Dyah Nurul, and Susanti Susanti. "Komunikasi Persuasif Dalam Kampanye Anti-Kekerasan Seksual Oleh Komunitas Lentera Sintas Indonesia." Jurnal Komunikasi Dan Bisnis 7, no. 1 (2019).
Ulfa, Ghina Shabrina, and Anna Fatchiya. "Efektivitas instagram “Earth Hour Bogor” sebagai media kampanye lingkungan." Jurnal Komunikasi Pembangunan 16, no. 1 (2018): 144-157.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Hasanudin, Tessa Shasrini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.