Strategi Dakwah Ustadz Hanan Attaki Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Pada Akun Youtube @HananAttaki
DOI:
https://doi.org/10.51339/ittishol.v6i1.3018Keywords:
Strategi, dakwah, karakter kepemimpinan, youtubeAbstract
Perubahan sosial yang terjadi dapat menjadi pengaruh adanya perkembangan di era teknologi masa kini. Dimana media sosial merupakan salah satu karakteristik dari perkembangan teknologi tersebut. Adanya perkembangan teknologi, dakwah yang dilakukan di media sosial mempunyai daya tarik yang amat kuat untuk masyarakat modern terutama bagi generasi milenial. Media sosial youtube merupakan media massa yang begitu populer pada masa kini, sehingga adanya fenomena ini banyak sekali masyarakat muslim yang menggunakan serta memanfaatkan media sosial untuk aktifitas dakwah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana strategi dakwah yang dilakukan Ustadz Hanan Attaki dalam berdakwah melalui media youtube pribadinnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan teori strategi dakwah untuk dapat mengetahui strategi dakwah yang efektif dalam berdakwah di media youtube. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya karakter da’i dalam melihat kondisi dari kebiasaan mad’u, menyusun pesan dakwah, dan peningkatan media dakwah di sosial media dalam membentuk karakter kepemimpinan. Adanya bentuk dari strategi dakwah sentimentil (al-manhaj al-athifi) yang menggerakkan hati dan strategi dakwah rasional (al-manhaj al-aqli’) yang mengajak mad’unya untuk berfikir serta mengambil hikmah dari pelajaran. Strategi dakwah inilah yang dilakukan Hanan Attaki untuk mengembangkan dakwah melalui sosial media youtube. Sehingga banyak pula subscriber yang ikut aktif dalam kegiatan dakwahnya.
Downloads
References
Amin, Surahman, and Ferry Muhammadsyah Siregar. Pemimpin Dan Kepemimpinan Dalam Al-Qur’an. Tanzil : Jurnal Studi Al-Qur’an. Vol. 1, 2015.
Asiyah, Siti. “Implementasi Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Kegiatan Public Speaking Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Putri Bangsri Jepara.” Jurnal An-Nida 10, no. 2 (2018): 154–165.
Charis, Muhammad, Muhammad Ammar, Danar Wijokongko, and Muhammad Faza Al-Hafizd. “Kategori Kepemimpinan Dalam Islam.” Jurnal Edukasi Nonformal 1, no. 2 (2020): 171–189. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/download/491/282.
Devi, A, U Hidayah Dwi, and ddk. “Analisis Isi Pesan Dakwah Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf Melalui Media Sosial Youtube.” Journal of Multidisciplinary Studies 1, no. 2 (2017): 142–160.
Faizah, Putri. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku Muhammad Al Fatih 1453 Karya Hanan Attaki.” UIN Sulthan Thata Saifuddin Jambi (2021): 7.
Hajar, Siti Aisyah, and Muhammad Syukron Anshori. “Strategi Komunikasi Persuasif Farah Qoonita Dalam Menyampaikan Dakwah Melalui New Media.” Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1, no. 2 (2021): 62–66.
Hamama, Syifa. “Implementasi Keterampilan Dasar Master of Ceremony (Mc).” Selasar KPI: Referensi Media Komunikasi dan Dakwah 2, no. 2 (2022): 59–67. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/selasar.
Isya, Daryl Januar, Shoffan Nizomi Suparman, Taufik Hidayat, Ety Yuliaty, Arina Nur Farida, Amir Tengku Ramly, and Musa Hubeis. “Strategi Komunikasi Kepemimpinan Pada Era Digital.” Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana 1, no. 2 (2021).
Maharani, Verisha Erina, and Amalia Djuwita. “Pemanfaatan Media Sosial Youtube Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi Pemerintah Kota Semarang.” e-Proceeding of Management 7, no. 2 (2020): 4566–4574. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/13573/13098.
Maryani, Dina. “Krisis Kepemimpinan Di Indonesia Ditinjau Dari Pancasila (Diskursus Filsafat Pancasila Dewasa Ini).” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689–1699.
Said, nur hidayat muh. “Metode Dakwah (Studi Al-Qur’an Surah an-Nahl Ayat 125).” jurnal dakwah tabligh 16, no. 1 (2015): 78–89.
Saputra, Devid, Abdul Syukur, and Lutfi Muawanah. “Komunikasi Dakwah Antara Kyai Dan Santri Dalam Analisis Strategi Dakwah Di Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Mukhlish Kalirejo Lampung Tengah.” Komunika 3, no. 2 (2020): 126.
Siti Haola, Lala, and Komarudin Shaleh. “Strategi Dakwah Pengurus Pondok Pesantren Al-Istiqomah Dalam Penanaman Nilia-Nilai Kepemimpinan Islam Bagi Para Santri.” Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication 2, no. 2 (2022): 48–51.
Sumadi, Eko. “Dakwah Dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi.” Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 4, no. 1 (2016): 173–190. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/2912/2083.
Thoha, Mohhamad al-amin. “Strategi Dakwah Kiai Muhammad Naf ’ an Dalam Membentuk.” JISAB The Journal of Islamic Communication and Broadcasting 2, no. 1 (2022): 21–38.
Ummah, Athik Hidayatul. “Dakwah Digital Dan Generasi Milenial.” Tasâmuh 18 (2020): 54–78. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tasamuh/article/view/2151.
Wibowo, Ari. “Digitalisasi Dakwah Di Media Sosial Berbasis Desain Komunikasi Visual.” Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam 02, no. 02 (2020): 179–198. https://scholar.archive.org/work/zkg7z57b25cyhivrakrkaofsgq/access/wayback/https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JBPI/article/download/2497/2102.
Yanuar, Deni, and Nazri Adlani Nst. “Gaya Retorika Dakwah Ustadz Abdul Pada Ceramah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H Di Mesjid Raya Baiturahman Banda Aceh.” Jurnal Al-Bayan 25, no. 2 (2019): 357–358.
Yuwafik, Muhammad Hamdan, and Abdul Muhid. “Strategi Dakwah Pesantren Luhur Al-Husna Dalam Menjaga Toleransi Beragama Di Kota Surabaya.” MUHARRIK: Jurnal Dakwah dan Sosial 3, no. 02 (2020): 195–211.
https://www.kompasiana.com/markus.simanjuntak/5500cdbf8133119c19fa7dc2/kondisi-kepemimpinan-indonesia-dan-tantangan-ke-depan (di akses pada tanggal 5 maret 2023)
https://www.viva.co.id/siapa/ (di akses pada tanggal 1maret 2023)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Hamdan Yuwafik, Nuriyah Nazilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.