Analisis Pesan Dakwah dalam Buku Langkah Belum Usai Karya @hijrahtime
DOI:
https://doi.org/10.51339/ittishol.v6i1.3155Keywords:
Dakwah, Analisis, Dakwah, Media Sosial, Etika, Budaya Baru, MediaAbstract
Penelitian ini berfokus pada media dakwah yang kurang dikenal oleh masyarakat, yaitu media tulisan berupa buku. Salah satu buku dakwah yang relevan sebagai sumber wawasan Islam adalah Langkah Belum Usai karya @hijrahtime. Buku ini mengangkat tema motivasi dakwah. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi atau Content Analysis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah penelitian pustaka (Library Research), sedangkan analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif untuk memaparkan secara rinci masalah yang dibahas dalam buku tersebut. Temuan penelitian ini mengklasifikasikan pesan dakwah dalam buku Langkah Belum Usai ke dalam tiga kategori utama: Akidah, Akhlak, dan Syariah. Pesan Akidah mencakup keyakinan terhadap Allah, malaikat, kitab-kitab-Nya, nabi dan rasul, hari kiamat, serta takdir-Nya. Pesan Akhlak berfokus pada perilaku terhadap Allah, sesama manusia, serta akhlak tercela yang harus dihindari. Sementara itu, pesan Syariah lebih menekankan pada ibadah. Secara keseluruhan, pesan dakwah yang paling dominan dalam buku ini adalah pesan Akidah, yang ditekankan untuk menguatkan keyakinan orang yang hampir menyerah dalam hidupnya. Keyakinan bahwa segala sesuatu merupakan kehendak Allah dan takdir terbaik-Nya menjadi kunci agar seseorang tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan hidup.
Downloads
References
@hijrahtime. 2021. Langkah Belum Usai. Depok: Sahima.
Abdullah. 2015. Ilmu Dakwah. Bandung: Citapustaka Media.
Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Al-Qur’annl Karim.
Amin, Samsul Munir. 2009. Ilmu Dakwah. Jakart: Amzah.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Preosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Asror, Ahidul. 2018. Paradigma Dakwah Konsepsi dan Dasar Pengembangan ilmu. Yogyakarta: LKiS.
As, Asmaran.1992. Pengantar Studi Akhlak cet.ke-1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Aziz, Moh Ali. 2004. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media.
Basri, Cik Hasan. 2001. Penuntun Rencana Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djamal, M. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Faiza, dan Efendi, Lalu Muhchsin. 2006. Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana.
Khazanah, Siti Uswatun. 2007. Berdakwah Dengan Jalan Debat cetakan ke 1. Purwokerto: STAIN Purwokerto Press.
Kholil, Syukur. 2006. Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Citapustaka Media.
Ilaihi, Wahyu. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya
Munir, M., dan Ilaihi, Wahyu. 2009. Manajemen Dakwah Cet. Ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nata, Abuddin. 1996. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Pirol, Abdul. 2018. Komunikasi dan Dakwah Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Purwadarminta, Wjs. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahmat, Jalaluddin. 1998. Islam Aktual. Bandung: Mizan.
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metodo Penelitian Komunikasi Di Lengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Saleh, Hassan. 2000. Study Islam Diperguruan Tinggi Pembinaan IMTAQ dan Pengembangan Wawasan Cet. Ke-2. Jakarta: Penerbit ISTN.
Sugiyano. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadsi. 1987. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.
Tasmara, Toto. 1987. Komunikasi Dakwah cet. Ke-1. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Yuzar, Muchamad. 2021. “Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Buku Mengenal Manusia (Sebuah Tafsir tentang Manusia) karya Tubagus Wahyudi”. Skripsi. 80 Hlm. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. Indonesia. April 2021 .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Genta Haramain, Weldaniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.