Aktualisasi Nilai-Nilai Akidah Santri Melalui Living Qur'an di Pondok Pesantren Al-Badar Bilalang Kota Parepare

Authors

  • Rizal Rahmat Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Iskandar Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Muhammad Qadaruddin Institut Agama Islam Negeri Parepare

DOI:

https://doi.org/10.51339/ittishol.v6i1.3462

Keywords:

Nilai Akidah, Living Qur'an

Abstract

Living Qur’an merupakan kajian tentang peristiwa sosial terkait kehadiran dan keberadaan al-Qur’an disebuah komunitas tertentu, dengan melihat hubungan antara al-Qur’an dan masyarakat Islam serta bagaimana al-Qur’an itu disikapi secara teoretik maupun dipraktekkan secara memadai dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang terdiri atas santri dan guru di Pondok Pesantren Al-Badar Bilalang dan data pendukung berupa catatan, seperti buku, jurnal, dokumen, foto yang sifatnya dokumentasi. Penelitian ini mengumpulkan data dari wawancara terkait Nilai nilai akidah melalui Living Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  Gambaran nilai-nilai akidah santri melalui Living Quran di Pondok Pesantren Al-Badar Bilalang Kota Parepare menunjukkan bahwa santri di sana diarahkan untuk tidak hanya memahami ajaran Islam secara teoritis tetapi juga menghidupkannya dalam kehidupan sehari-hari. Aktualisasi nilai-nilai akidah santri melalui pendekatan Living Qur’an di pondok pesantren sangat penting untuk membentuk karakter dan kepribadian yang sesuai dengan ajaran Islam melalui pendidikan yang berfokus pada pengamalan nilai-nilai Akidah santri diharapkan dapat menjadi individu yang taat beragama dan berkontribusi kepada Masyarakat melalui kegiatan malam seperti Burdah, Barazanji, Tamrinul Khitabah, Istighosah dan Belajar Mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, Departemen. Buku Teks Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Departemen Agama RI, 2001.

Hakim, Lukman Nul. “Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit.” Aspirasi 4, no. 2 (2013).

Ilyas, Yunahar. Kuliah Akidah Islam. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2020.

J. Moleong, Lexy. Metode Penelitiaan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Jones, Pip, and Ahcmad Fedyani Saifuddin. “Pengantar Teori-Teori Sosial: Dari Teori Fungsionalisme Hingga Post Modernisme.” Introducing Sosial Theory, 2010.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Muhammad, Yusuf. Pendekatan Sosiologi Dalam Penelitian Al-Qur’an. Yogyakarta: Teras, 2007.

Muhlis, Alis, and Nurkholis. “Analisis Tindakan Max Weber Dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtasar Al-Bukhari (Studi Living Hadis).” Jurnal Living Hadis 1, no. 2 (2016).

Muliati. Ilmu Akidah. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2020.

Mulyana, Dedy. Metodologi Penelitian Kualitatif (Pradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

S, Turner Bryan. Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.

Syamsuddin, Sahiron. Metode Penelitian Living Qur’an Dan Hadis. Yogyakarta: Teras, 2007.

T, Sukitman. “Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter.” Jurnal JPSD, 2006.

Downloads

Published

29-01-2025

How to Cite

Rizal Rahmat, Iskandar, & Muhammad Qadaruddin. (2025). Aktualisasi Nilai-Nilai Akidah Santri Melalui Living Qur’an di Pondok Pesantren Al-Badar Bilalang Kota Parepare. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.51339/ittishol.v6i1.3462