Dakwah Komunikasi Visual Ishari NU Milenial Siswa SMP, SMA, dan SMK Sunan Kalijogo Jabung

Authors

  • Kholis Anwari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Gatut Setiadi Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/ittishol.v4i1.720

Keywords:

Dakwah, Komunikasi visual, Ishari milenial, Siswa SMP, SMA, SMK Sunan kalijogo Jabung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait dakwah komunikasi visual ishari nu milenial siswa smp, sma, dan smk sunan kalijogo jabung yang bisa diimplementasikan dalam beragam media. Dalam artikel ini, penulis menemukan salah satu langkah menjaga dan tetap eksis amaliyah hadrah ISHARI NU ini dengan dakwah komunikasi visual lewat media sosial. Pemerolehan data menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun pengambilan datanya diperoleh melalui teknik triangulasi. Tujuan dakwah ini berorientasi pada ukhrawi dan duniawi. Demi mewujudkan informasi dalam bentuk visual yang sesuai zaman dan bisa diterima. . Di Indonesia salah satu kesenian bernuansa Islam, yaitu Hadrah ISHARI. Seni hadrah ISHARI ini merupakan kesenian Islami yang paling lama sebelum adanya seni musik Islam yang sangat popular saat ini seperti seni hadrah Al-banjari, banyaknya antusias anak-anak dilingkungan Masjid Baitul Mushollin yang mengikuti grub hadrah ISHARI ini, dan rata-rata anggota grup hadrah yang mengikuti kegiatan hadrah ini berkisar umur mulai usia kelas satu Sekolah Dasar (SD) sampai Orang Tua Upaya menjaga dan eksistensi amaliyah hadrah ISHARI NU di era digital dengan kemajuan teknologi saat ini yaitu terus mendakwahkan sesuai zaman dengan salah satunya dakwah komunikasi visual salah satu kesenian Islam, yaitu hadrah, dengan pertimbangan sudah cukup langka para pemuda generasi milenial yang ikut andil dan menampilkan Ishari.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-01-2023

How to Cite

Anwari, K., & Setiadi, G. (2023). Dakwah Komunikasi Visual Ishari NU Milenial Siswa SMP, SMA, dan SMK Sunan Kalijogo Jabung. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 69–80. https://doi.org/10.51339/ittishol.v4i1.720