Dakwah Komunikasi Visual Ishari NU Milenial Siswa SMP, SMA, dan SMK Sunan Kalijogo Jabung
DOI:
https://doi.org/10.51339/ittishol.v4i1.720Keywords:
Dakwah, Komunikasi visual, Ishari milenial, Siswa SMP, SMA, SMK Sunan kalijogo JabungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait dakwah komunikasi visual ishari nu milenial siswa smp, sma, dan smk sunan kalijogo jabung yang bisa diimplementasikan dalam beragam media. Dalam artikel ini, penulis menemukan salah satu langkah menjaga dan tetap eksis amaliyah hadrah ISHARI NU ini dengan dakwah komunikasi visual lewat media sosial. Pemerolehan data menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun pengambilan datanya diperoleh melalui teknik triangulasi. Tujuan dakwah ini berorientasi pada ukhrawi dan duniawi. Demi mewujudkan informasi dalam bentuk visual yang sesuai zaman dan bisa diterima. . Di Indonesia salah satu kesenian bernuansa Islam, yaitu Hadrah ISHARI. Seni hadrah ISHARI ini merupakan kesenian Islami yang paling lama sebelum adanya seni musik Islam yang sangat popular saat ini seperti seni hadrah Al-banjari, banyaknya antusias anak-anak dilingkungan Masjid Baitul Mushollin yang mengikuti grub hadrah ISHARI ini, dan rata-rata anggota grup hadrah yang mengikuti kegiatan hadrah ini berkisar umur mulai usia kelas satu Sekolah Dasar (SD) sampai Orang Tua Upaya menjaga dan eksistensi amaliyah hadrah ISHARI NU di era digital dengan kemajuan teknologi saat ini yaitu terus mendakwahkan sesuai zaman dengan salah satunya dakwah komunikasi visual salah satu kesenian Islam, yaitu hadrah, dengan pertimbangan sudah cukup langka para pemuda generasi milenial yang ikut andil dan menampilkan Ishari.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kholis Anwari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.