Strategi Know Want to Know-Learned dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Peserta Didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Taufik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Elvita Indah Cahyani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nayli Okta Dwi Pratiwi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Rara Luthfiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Vanny Apriliyanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Vika Mustaqotul Firdaus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v5i2.1203

Keywords:

Strategi KWL, Maharah Qira'ah

Abstract

Kurangnya keragaman metode pengajaran di MI Al Huda Jatikalang menjadi akar penyebab rendahnya tingkat literasi di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, khususnya dalam maharah qira'ah (kemampuan membaca). Oleh karena itu, peneliti berharap dapat menawarkan solusi dengan mempraktekkan teknik KWL (Know Want to Know-Learned). Model kelas Kurt Lewin diterapkan dalam penelitian ini, yang menggunakan teknik Penelitian Tindakan (PTK) selama dua siklus. Wawancara, observasi, dan tes adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik pengujian data, atau prosedur validitas data.  Hasil dari masalah yang diteliti ini menunjukkan adanya 1) Penerapan strategi KWL (Know Want to Know-Learned).  ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 70,90 meningkat menjadi 87,27 2) Peningkatan kemampuan Maharah Qira’ah pada pra siklus mendapat 30% Siklus I mendapat ketuntasan 45% dan siklus II mendapat ketuntasan 80%, dari data tersebut maka strategi KWL Know Want to Know-Learned) dapat meningkatkan Maharah Qira’ah di MI Al Huda Jatikalang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

03-12-2023

How to Cite

Taufik, Elvita Indah Cahyani, Nayli Okta Dwi Pratiwi, Rara Luthfiyah, Vanny Apriliyanti, and Vika Mustaqotul Firdaus. “Strategi Know Want to Know-Learned Dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Peserta Didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 2 (December 3, 2023): 123–146. Accessed April 22, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1203.