تعليم مهارة الكتابة بالمنهج البنائي لجان بياجيه (Jean Piaget): النظريات والتطبيقات
Learning Writing Skills Using Jean Piaget’s Constructivist Approach: Theory and Application
Keywords:
Pembelajaran Bahasa Arab, Teori konstruktivisme, Jean piaget, Pembelajaran kitabahAbstract
Keterampilan menulis atau maharah kitabah masih dianggap keterampilan yang paling sulit untuk dikuasai oleh siswa, dibandingkan dengan tiga keterampilan berbahasa yang lain. Hal ini disebabkan karena prosesnya yang rumit dan keterlibatan banyak unsur dalam melahirkan sebuah tulisan. Dalam hal ini, teori belajar kontruktivisme yang diusung oleh Jean Piaget dapat memberikan gambaran mengenai model pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan maharah kitabah. Teori ini memandang bahwa pengetahuan sejati bukan hanya diperoleh, namun dibangun dengan pengetahuan yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi lebih dalam mengenai pembelajaran Maharah Kitabah dari perspektif teori kontruktivisme Jean Piaget. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik penelitian pustaka. Teknik analisis data terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitabah berdasarkan teori kontruktivisme Jean Piaget berusaha membangun pengetahuan baru pada siswa melalui kombinasi berbagai pengetahuan dan pengalaman yang didapat sebelumnya. Konsep pembelajaran ini mampu membantu siswa menguasai keterampilan baru tanpa meniadakan keterampilan yang telah dimiliki. Konsep ini dapat diaplikasikan pada setiap tahapan pembelajaran maharah kitabah, yaitu menyalin, imla’, menulis terkontrol, mengarang terbimbing, dan mengarang bebas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.