Manfaat Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemahiran Istima’ (Mendengar)

Authors

  • Evi Nurus Suroiyah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Media Sosial, Bahasa Arab, Istima'

Abstract

MANFAAT MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN ISTIMA’ (MENDENGAR)Bahasa Arab merupakan bahasa yang mulai dilirik masyarakat umum bukan hanya di pesantren, meskipun demikian tidak sedikit yang merasa takut dengan bahasa Arab. Oleh sebab itu media media sosial sangat bermanfaat dipraktekkan dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran istima’ (mendengar) khususnya.
Media sosial merupakan media yang sangat menarik dalam proses belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Akan tetapi banyak dari para pendidik sekarang, khususnya pendidik bahasa Arab, belum mampu dan mengetahui apa yang harus dikerjakan dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media sosial dikarenakan terkendala berbagai hal baik dari segi kemampuan IT maupun lainnya. Penulis memilih manfaat pembelajaran media sosial dalam pembelajaran bahasa Arab karena pada tingkatan ini pembelajaran bahasa Arab monoton pada masuk dan keluar kelas dengan menghafalkan sejumlah materi. Sedangkan dalam pembelajaran dibutuhkan adanya daya tarik dari Pelajar dan efesiensi waktu sehingga tidak terkesan monoton dan adanya waktu yang bermanfaat serta kesan daya tarik tersendiri.
Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa pembelajaran bahasa Arab menggunakan media sosial dilaksanakan dengan menyenangkan hal itu dibuktikan dengan respon pelajar yang merasa senang ketika memakai berbagai media sosial, sehingga pembelajaran bahasa Arab berjalan dengan efektif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-06-2020

How to Cite

Evi Nurus Suroiyah. “Manfaat Media Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemahiran Istima’ (Mendengar)”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 1 (June 1, 2020): 16–26. Accessed April 28, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/148.