مشكلة تعليم الإعلال في مدرسة بحر العلوم و حلولها

Permasalahan Pembelajaran I'lal di Madrasah Bahrul Ulum dan Solusinya

Authors

  • Isnainiyah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Sharaf, Pembelajaran i’lal

Abstract

I'lal merupakan salah satu kaidah dasar dalam bahasa arab. Dengan mempelajari I'lal siswa dapat mengetahui asal usul kalimat ditinjau dari bentuk wazannya. Pembelajaran i’lal merupakan unsur penting penunjang keberhasilan pengajaran bahasa Arab di sekolah Islam. Dalam proses pengajaran i’lal banyak permasalahan yang ditemukan dan harus dipecahkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan dalam pengajaran i’lal  dan mengetahui solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data kualitatif dalam penelitian ini meliputi kegiatan pembelajaran i’lal, permasalahannya dan penyelesaiannya. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa di madrasah Bahrul Ulum. Langkah-langkah analisis data adalah pengumpulan data, verifikasi, reduksi data, penyajian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

03-12-2023

How to Cite

Isnainiyah. “مشكلة تعليم الإعلال في مدرسة بحر العلوم و حلولها: Permasalahan Pembelajaran I’lal Di Madrasah Bahrul Ulum Dan Solusinya”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 2 (December 3, 2023): 255–264. Accessed April 22, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1504.